Pendiri Takara Tomy Meninggal di Usia 94 Tahun

by  in International
Pendiri Takara Tomy Meninggal di Usia 94 Tahun
0  komentar

AutonetMagz.com – Buat yang suka mengoleksi mainan atau barang-barang hasil produksi Takara Tomy seperti Tomica, Choro-Q dan lain-lain, ada kabar yang harus diketahui. Bapak pendiri Takara Tomy, Yasuta Sato sudah tutup usia di umur 94 tahun pada tanggal 26 Februari kemarin. Menurut NHK, keluarga intinya telah menggelar upacara pemakaman dan nantinya akan ada acara perpisahan di kemudian hari untuk mengucapkan selamat tinggal pada almarhum.

Sedikit kisah, almarhum Yasuta Sato lahir di prefektur Fukushima, dan ia mendirikan perusahaan yang merupakan pendahulu TAKARA Co., Ltd. (Satoh Vinyl Industries, Ltd.) pada tahun 1955. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Takara pada tahun 1967. Perusahaan ini sukses dengan rangkaian model boneka Licca-chan, board game LIFE, dan mobil-mobil kecil yang dinamai Choro-Q. Takara berubah status menjadi publik di Bursa Efek Tokyo pada tahun 1986.

Yasuta Sato pernah pensiunsekali pada tahun 1994, akan tetapi ia kembali untuk melayani sebagai presidendan CEO lagi dari tahun 1999-2000. Setelah pensiun terakhir Sato dariperusahaan pada tahun 2002, ia menerima gelar Doktor Teknik dari UniversitasYamagata, dan ia adalah profesor tamu di pengajaransekolah tentang manajemen bisnis.

Takara lalu bergabung dengan raksasa mainan serupa, Tomy pada 2006 untuk menjadi Takara Tomy (dikenal sebagai Tomy Co. di luar negeri). Pada saat merger, Tomy adalah pembuat mainan terbesar kedua di Jepang setelah Bandai, dan Takara adalah yang ketiga terbesar. Jika lupa dengan Bandai, mereka adalah merek yang pernah membuat Crush Gear Turbo dan punya beberapa action figure, semisal Bima X yang dulu sempat tayang di TV.

Takara Tomy mengelolamerek-merek seperti Transformers, Zoids, Duel Masters Trading Card Game,WIXOSS, dan Pokémon. Saat berkolaborasi dengan Sophia,mereka sukses membuat franchise Pretty Rhythm, sebuah studioproduksi anime telah bekerja sebagai anak perusahaan dari Takara Tomy sejakmerger pada tahun 2006. Takara Tomy juga merupakan pencipta Shinkalion danTomica Hyper Rescue Drive Head Toyo Kyūkyū Keisatsu mainan dan waralabamultimedia. Selamat jalan, Yasuta Sato, dan terima kasih banyak.

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio