NUSA : Motor Sport Bertenaga Listrik Produksi Indonesia, Mulai Dijual Februari!

NUSA : Motor Sport Bertenaga Listrik Produksi Indonesia, Mulai Dijual Februari!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, kami telah mengabarkan bahwa gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 akan kembali digelar dengan konsep offline seperti sebelum pandemi. Dan di event tahunan tersebut, ada sebuah brand roda dua baru yang cukup menarik perhatian kami. Yap, ada sebuah brand motor listrik yang masih cukup baru dengan nama ‘NUSA’. Nusa sendiri adalah sebuah brand lokal Indonesia yang berfokus di segmen motor listrik, dan akan mulai menjual produknya di bulan Februari 2022 mendatang. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Brand Motor Listrik Lokal

Sebelum membahas produknya, ada baiknya kita mengenal dahulu brand lokal Indonesia ini. Nusa didirikan di awal pandemi silam, dimana proses pengembangan produk Nusa dimulai pada awal tahun 2020. Tentunya ini tidak mudah, karena kita semua tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun yang sulit untuk semua sektor. Walaupun pengembangan produk Nusa baru dimulai di 2020, namun ide dan riset terkait produk Nusa sebenarnya sudah digagas sejak 5 tahun silam. Pemilihan nama Nusa sendiri juga berdasarkan pada latar belakang brand ini yang lahir di indonesia. Ada 2 orang penting di balin kehadiran Nusa, yaitu Domex Mandey yang kini duduk sebagai CEO dan Tomi Gunawan yang duduk sebagai CIO. “Bagi saya, Nusa adalah suatu titik awal dimana dua orang pemuda dengan segala keterbatasannya berani menantang ketidakmungkinan menjadi mungkin, banyak orang bermimpi tapi jarang yang tersadar untuk memulai dan membangun. Nusa kami bangun untuk menjadikan suatu titik baru dari industri otomotif yang didirikan oleh dua anak bangsa Indonesia untuk menjelajahi Dunia.” ujar Domex Mandey.

“Industri Otomotif berada di puncak perubahan besar yang mengandalkan penggerak listrik. Kami percaya bukan hanya produk dan teknologi yang harus berubah, tetapi bagaimana orang menggunakan produk ini dan seluruh pengalaman mengendara yang berbeda. Keterbatasan kami menjadikan semangat untuk menjadi lebih, mungkin sekarang tidak menjadikannya tercepat atau terhemat, tetapi kami yakin untuk lebih bersemangat untuk mengembangkan sebuah produk inovasi yang sebelumnya tidak mungkin menjadi mungkin.” tambah Tomi Gunawan. Selain kedua orang tersebut, ada juga sosok Erwin Chairudin selaku CMO. Nah, cukup dengan perkenalan brand Nusa, kita akan bergeser ke produk mereka. Saat ini, Nusa memiliki 3 model yang sudah siap dilepas ke pasar Indonesia. Yang pertama adalah Nusa Khatulistiwa (K Series), lalu Nusa 2XR (Rigid / Tanpa Suspensi) dan Nusa 2XL (Menggunakan suspensi). Dua nama yang kami sebut terakhir statusnya adalah sepeda listrik, sedangkan Nusa Khatulistiwa adalah motor listrik bergaya sport.

Nusa Khatulistiwa Segera Dijual

Oke, kita akan bedah sedikit Nusa Khatulistiwa, karena motor ini memang cukup menarik. Nusa menjual motor listrik ini dengan 2 tipe, yaitu tipe Basic dengan harga 140 juta dan TooFast dengan harga 180 juta Rupiah. Mahal? Eits, tunggu dulu, kita lihat dahulu spesifikasinya. Nusa Khatulistiwa memiliki top speed yang cukup edan, yaitu 150 km/jam untuk tipe basic dan 200 km/jam untuk tipe TooFast. Jarak tempuh motor ini juga jauh lebih besar dibandingkan motor listrik yang kita kenal. Jika biasanya motor listrik memiliki range di bawah 100km, maka Nusa Khatulistiwa tipe basic bisa berjalan sejauh 180 km, dan tipe tooFast bisa berjalan 250 km. Angkanya mendekati sejumlah mobil listrik yang dijual di Indonesia, dan itulah yang membuat harga motor ini masuk akal. Rahasianya tentu ada pada baterai lithium ion yang digunakan, dimana tipe basic menggunakan baterai berkapasitas 10kWh dan tipe tooFast 14 kWh. Makin skepsial, karena Nusa Khatulistiwa statusnya full customize dan ada configurator untuk warna body, jok, kecepatan, baterai, rem, velg dan roda.

Lantas, kapan Nusa Khatulistiwa dan sepeda listrik Nusa bisa dibeli? Untuk Nusa Khatulistiwa sendiri masih berstatus homologasi, sehingga masih perlu waktu tambahan hingga benar – benar bisa dipasarkan di Indonesia. Namun, untuk sepeda listrik Nusa 2XR dan 2XL sudah bisa dipesan per bulan Februari 2022 mendatang. Nah, Nusa juga menyediakan kesempatan untuk test ride dalam waktu dekat ini. Nusa sendiri dikerjakan sepenuhnya oleh anak bangsa, dimana desain, rangka dan komponen lainnya diusahakan menggunakan produk lokal. Hanya saha, baterai dan motor listrik masih memanfaatkan produk luar. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: