Nissan Berjanji Investasi Teknologi Hybrid di Thailand Tahun Ini

Nissan Berjanji Investasi Teknologi Hybrid di Thailand Tahun Ini
0  komentar

AutonetMagz.com – Jikalau kita berbicara mengenai teknologi elektrifikasi dan juga merk Nissan, maka susah untuk tidak mengingat nama ‘e-Power’. Yap, salah satu teknologi yang masuk dalam skema Nissan Intelligent Mobility tersebut memang sudah dikampanyekan di banyak negara, termasuk di ASEAN dan khususnya di Indonesia. Kita sendiri sudah mengenal nama Nissan Note e-Power, dan juga Nissan Leaf. Lantas, bagaimana tindak lanjutnya? Akankah pihak Nissan menggelontorkan dana untuk fasilitas produksi mobil e-Power di ASEAN?

Mengutip informasi viaBangkok Post, pihak Nissan Motor Thailand (NMT) selaku APM dari Nissan di Thailand telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah memulai langkah awal untuk menanamkan modal sebesar 11 milyar Baht untuk memproduksi mobil hybrid, dalam hal ini tentunya jajaran mobil e-Power. Kalau kita rupiahkan, maka dana investasi yang ditanamkan oleh Nissan di Thailand mencapai 5 Triliun Rupiah, bahkan lebih. Nah, investasi ini akan berfokus untuk memproduksi mobil hybrid di fasilitas produksi Nissan di provinsi Samut Prakan, Thailand. Investasi ini sendiri merupakan kelanjutan dari kesepakatan Nissan dengan Pemerintah Thailand di 2018 silam.

FYI, pada pertengahan 2018 silam kami juga sempat memberitakan ada sejumlah pabrikan otomotif yang berminat untuk menanamkan modal mereka di Thailand. Langkah ini didasari adanya sebuah ‘keuntungan’ berupa priviledge untuk pabrikan yang memproduksi lokal mobil listrik/hybrid di Negeri Gajah Putih, dimana Nissan salah satunya. Dengan bergabungnya Nissan dalam Board of Investment di Thailand tersebut, maka setiap mobil ramah lingkungan produksi Nissan akan diberikan insentif. Nah, saat inilah realisasi dari rencana tersebut akan dimulai, yaitu dengan mempersiapkan fasilitas produksinya.

Presiden dari NMT, Ramesh Narasimhan menyebutkan bahwa Nissan sangat berkomitmen untuk memperkenalkan teknologi e-Power rakitan lokal di tahun 2020 ini, namun untuk saat ini belum bisa memberikan informasi mengenai jadwal peluncuran maupun model yang diproduksi. FYI, untuk mobil dengan teknologi e-Power yang sudah ada adalah Nissan Note dan Nissan Serena. Bisa jadi salah satu atau malah keduanya akan diproduksi di Thailand tahun ini. Lantas, akankah mobil ramah lingkungan ini juga menuju ke tanah air? Bisa saja, karena NMI sendiri juga gencar memperkenalkan mobil – mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian? Apa harapan kalian?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana