Niki Lauda : Nonton MotoGP Lebih Seru Daripada Nonton F1

Niki Lauda : Nonton MotoGP Lebih Seru Daripada Nonton F1
0  komentar
niki-lauda

AutonetMagz.com – Pernah nonton film Rush? Atau sangat hafal dengan tokoh legendaris di sirkuit dari masa lalu? Kalau begitu harusnya anda tak asing dengan Niki Lauda, seorang pembalap senior yang dikisahkan bertanding sengit dengan James Hunt di film Rush, sebagaimana Ferrari dan McLaren berseteru di F1. Setelah 3 kali menang sebagai juara dunia F1, beliau sekarang menjadi non-executive chairman di tim Mercedes AMG Petronas.

Uniknya, meski terkenal berkat balap F1, ia justru berkomentar kalau menyaksikan balapan MotoGP jauh lebih seru daripada menyaksikan balapan F1, karena tingkat kesulitannya lebih tinggi. Meski begitu, ia tetap suka melihat Rosberg dan Hamilton beradu mencari racing line terbaik, tapi ia lebih bersemangat saat Lorenzo, Rossi, Marquez dan Pedrosa susul-susulan setiap 5 menit sekali.

Pengujian-mobil-F1-McLaren-Honda

Balap motor itu menarik untuk ditonton, karena kita bisa melihat bagaimana pembalap motornya berusaha susah payah untuk mengendalikan motornya yang buas namun di saat yang sama harus mengejar tempat pertama. Kalau F1 malah kebalikannya, mobil F1 jaman sekarang sangat mudah dikendarai, seperti tidak ada perlawanan untuk bisa menjinakkan mobil,” katanya.

Jelas, perkataan Niki seolah menampar apa yang bisa disebut sebagai kemajuan teknologi. Dulu, menurutnya, mobil F1 itu sangat susah dikendarai terutama di cuaca buruk dibanding dengan mobil F1 masa kini, sehingga balap F1 dulu sangat menarik. Tak hanya Niki Lauda, Jenson Button saja bilang mobil F1 modern itu lamban dan sensitif. Ibaratnya, jika naik mobil F1 jaman dulu itu seperti naik kuda liar di alam bebas, naik mobil F1 jaman sekarang seperti naik kuda terlatih di Taman Safari.

jorge-lorenzo-qualification-motogp-brno-czech-2015

Kalau anda adalah fans MotoGP, pastinya anda sepakat dengan kata mbah Niki Lauda, tapi kalau bagi anda yang suka F1 bagaimana, apakah anda merasa keseruan dan adrenalin kita sebagai penonton balap jet darat ini berkurang tiap hari, terutama sejak para pembalapnya tak boleh refueling di pit stop? Apa anda kangen balap F1 jaman dulu saat mobil-mobilnya masih ganas, waktu masih memakai mesin V8 atau V10 dan strategi pengisian bensin masih berlaku? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • MaculMania

    MotoGp lah….
    Masih bisa punya Superbike dengan teknologi turunan Motogp, misalnya Yamaha R1, yah mentok2nya bisa naik motor 250 CC dengan livery motogp

  • dsainbar

    F1 sekarang tidak menarik

  • Enrile Indro Prasetyo

    Untuk balap roda empat yang asik ditonton saat ini Le Mans 24 Hour. Mau mesin diesel, bensin, V4, V6, V8, V10, V12, turbocharged, hybrid, inline, boxer, rotary (kalo mazda ikut lagi), dengan empat kelas, LMP1, LMP2, GTE Pro, GTE Am, dengan berbagai tipe mobil, front wheel drive, rear wheel drive, horse power sampe 1.250 hp (Nissan GTR LM Nismo), lari 24 jam nonstop. The ultimate four wheel race for man and machine..

  • Rendra N Setiawan

    Jelas lebih seru nonton motogp atau sbk dibanding f1.

  • Always35

    F1 udah enggak seru lagi sekarang… beda banget sama jaman2 dulu~