New Daihatsu Mira e:S Dirilis Di Jepang, Mulai 98 Juta Rupiah

0  komentar

AutonetMagz.com – Jika bulan lalu Daihatsu Indonesia di bawah Astra Daihatsu Motor baru merilis Daihatsu Ayla facelift, maka di Jepang, Daihatsu merilis model baru dari kei car mereka yang manjadi role model untuk Ayla, yaitu Daihatsu Mira e:S. New Daihatsu Mira e:S sendiri diberikan peningkatan dalam sisi kenyamanan dan fitur keselamatan, selain bodi yang lebih ringan dan juga mesin yang lebih hemat.

New Daihatsu Mira e:S mendapatkan eksterior baru yang lebih tegas di depan, dengan lampu depan baru dan juga grille trapezoidal yang cukup besar. Sedang di sisi samping, ada lengkungan roda yang lebih besar, dengan garis lekukan yang seperti terpotong di sisi pintu memanjang ke belakang. Sedang sisi belakangnya menggunakan lampu belakang LED yang terlihat lebih berisi dengan hiasan berwarna dark grey di sekelilingnya.

Masuk ke dalam, belum ada banyak perubahan yang berarti. Masih mempertahankan sebagian besar dari model sebelumnya, seperti tuas persneling di dashboard yang mengingatkan kita pada milik Daihatsu Sirion. Beberapa tambahan yang terlihat adalah adanya laci penyimpanan terbuka di sisi depan dengan cup holder di depan kisi AC untuk mendinginkan minuman. Namun AC Digital, Head Unit Touchscreen, dan instrumen digital untuk pengemudi tentu sangat menarik, coba Daihatsu Ayla menirunya, stop bermimpi.

Untuk urussan mesin, sebagaimana regulasi kei car di Jepang, New Daihatsu Mira e:S menggunakan mesin KF 658 cc naturally aspirated 3 silinder, namun tenaga maksimalnya turun 3 PS menjadi 49 PS pada 6.800 rpm, dan torsi pun senada, turun 3 Nm menjadi 57 Nm pada 5.200 rpm dibandingkan versi sebelumnya. Namun hal tersebut berdampak positif pada efisiensi bahan bakarnya. Selain itu, adopsi cooled ion-controlled exhaust gas recirculation system turut membantu efisiensi bahan bakar New Daihatsu Mira e:S.

Selain itu, penambahan twin injectors tiap silindernya memungkinkan atomisasi bahan bakar yang lebih baik, dan pembakaran yang lebih stabil, bersamaan dengan itu individual ignition timing control mengatur tiap silinder untuk pembakaran yang optimal. Transmisi mobil ini menggunakan CVT yang dikembangkan ulang sehingga tingkat viskositas fluida CVT menjadi rendah dengan pengaturan termal yang menggunakan fluida CVT untuk mendinginkan radiator.

New Daihatsu Mira e:S juga dlengkapi fitur Eco Idle Auto engine Start/Stop. Sasis monocoque milik New Daihatsu Mira e:S juga diklaim Daihatsu lebih ringan dan juga keras. Hal ini membuat New Daihatsu Mira e:S yang dulunya memiliki bobok 730 kg, sekarang hanya menjadi 650 kg ( 720 kg untuk versi AWD ). Dan hasilnya , 34,2 km/L dicatatkan New Daihatsu Mira e:S pada Japanese JC08, dan 32,2 Km/L untuk versi AWD-nya. Bahkan, untuk trim B dan L yang merupakan versi basic yang mendapatkan ban 13 inci, bisa meraih 35,2 Km/L, luar biasa.

Urusan Keselamatan, New Daihatsu Mira e:S mendapatkan Smart Assist III Package, yang mana di dapat pada trim G dan X, dan menjadi opsional untuk tipe lain. Ingin tahu apa saja fitur yang ada dalam paket tersebut? Adalah autonomous emergency braking with pedestrian detection (memanfaatkan kamera terkecil di dunia) , lane departure warning, false start suppression control front and rear, automatic high beam, dan vehicle start warning yang akan memperingatkan pengemudi, saat mobil di depannya sudah berjalan sedangkan lampu lalu lintas akan menjadi merah, sungguh canggih.

Harga New Daihatsu Mira e:S dimulai dari 842.500 Yen, atau setara 98,7 Juta rupiah untuk tipe terendah, yang memiliki penggerak dua roda, lampu halogen, AC manual, dual airbags, namun sudah memiliki instrumen digital, ABS, dan stability control. Dan jika anda ingin mendapatkan versi piranti keselamatan yang wow seperti di atas, anda perlu menambah hingga 106,3 juta rupiah saja. Sedang tipe L yang setingkat diatasnya berharga 102 juta, dan bila menambah piranti keselamatan menjadi 110 juta.

Varian X yang berlampu LED dengan velg 14 inci berharga 126 juta rupiah, sedang tipe tertinggi dengan keyless entry, auto AC, seat heating, auto-folding mirror, dan auto headlight bisa ditebus dengan harga 141,7 juta rupiah. Versi AWD sendiri bisa didapat dengan mengeluarkan biaya 15 juta lebih dari harga normal. Sungguh tawaran yang menarik bukan untuk mobil perkotaan. Sayang memang kei car sangat jarang dibawa keluar dari Jepang. Jadi kita harus berpuas dulu dengan Daihatsu Ayla yang ada sekarang.

Bagaimana tanggapan kalian terkait mobil ini? Sampaikan di bawah ya.

Read Prev:
Read Next: