Mulai Mei 2016, SIM C Tidak Bisa Digunakan Semua Jenis Motor

by  in Nasional
Mulai Mei 2016, SIM C Tidak Bisa Digunakan Semua Jenis Motor
0  komentar
touring-bersama-piaggio-bali

Jakarta, AutonetMagz – Mulai Mei 2016, kita sudah tidak bisa menggunakan SIM C yang kita gunakan saat ini lagi untuk mengendarai semua jenis kendaraan roda 2, karena Polda Metro Jaya akan menetapkan Surat Pembaruan bernomor ST/2653/XII/2015 terhitung tanggal 1 Mei 2016.

Dalam surat tersebut, Polda Metro Jaya akan menetapkan penggolongan SIM C terbaru yang terbagi menjadi 3 golongan berdasarkan kapasitas mesin kendaraan roda 2, mulai dari SIM C, C1 dan C2.

SIM C polos tanpa embel-embel angka ditujukan untuk pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin kurang dari 250 cc, SIM C1 ditujukan untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 hingga 500 cc dan C2 untuk mereka yang mengendarai motor dengan kapasitas mesin lebih dari 500 cc.

motoguzzi-california-touring-se-indonesia

Motor Seperti ini Butuh SIM C kelas paling tinggi

Untuk migrasi hal dari SIM lama ke SIM baru, kepolisian akan melakukan penggantian SIM C secara serentak mulai dari Februari hingga April 2016. Soal bagaimana teknisnya, Pihak Kepolision belum menjelaskan secara lebih lanjut.

Sistem penggolongan SIM pengendara motor ini diterapkan tidak lain karena alasan keselamatan, agar skill pengendara motor sesuai dengan motor yang dikendarainya. Negara lain seperti Inggris, USA dan negara Eropa lainnya sudah menerapkan hal ini sejak dahulu kala, jadi sebenarnya Indonesia agak ketinggalan untuk menerapkan hal ini baru mulai tahun 2016, apalagi baru sebatas kendaraan roda 2.

Kami berharap dengan adanya penggolongan kelas seperti ini, pengendara motor di Indonesia bisa menjadi lebih sadar dan lebih memahami kendaraan yang digunakan masing-masing. Gimana?

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • TimLover

    Kalau mau mendapatkan C1 dan C2 apa iya harus test tulis dan praktek lagi ya? Padahal kan sebelumnya udah ada SIM C

    • Pramudita Ananta

      Tetap tes lg, terutama prakteknya

    • autonetmagzfan

      tes lagi, terutama moralnya….

      • Soni Hermawan

        Setuju

  • rfs

    wajarlah. biar gak tambah byk itu moge2 pd nabrak org.

  • Solid Wing Face

    Kalau misalkan ada seseorang punya 2 motor, yang satu 150 CC yang satunya lagi 250 CC… kalau dia lagi naik motor yg 150 CC bawa SIM C1 untuk 250 CC di perbolehkan atau tidak ?

    • Adamgus

      Setau gue boleh, soalnya sim C1/C2 itu sistemnya berjenjang dari sim C. Jadi gak akan bisa punya sim C1/C2 kalo belum punya sim C. Denger2 juga ada ketentuan yg bilang untuk naik kelas ke sim C1/C2 harus punya sim C selama beberapa tahun kalo ga salah 2 tahun.

      Yg belum ketauan itu sim C2 itu berjenjang juga dari sim C1 atau gak. Maksudnya dari Sim C bisa langsung naik ke sim C2, atau harus ke sim C1 dulu.

      • qoqo

        Jadi kalo punya sim C1 tetep bisa bawa motor kategori sim C ya?begitu juga yg punya sim C2 bisa bawa motor kategori C/C1 bukan?

        • Adamgus

          Kalo sim c1 kemungkinan besar boleh bawa motor kategori sim c. Yg sim c2 boleh bawa motor kategori sim c juga. Yg belum tau itu kedudukan sim c1 sama c2, bertingkat/berjenjeng atau diposisikan sama.

  • Adamgus

    Hal yg menarik dari bakal adanya peraturan diatas, mau ga ya pabrikan mengakomodir orang2 yg pingin punya motor ber cc diatas 180 tapi dibawah 250 cc dengan model/tampang yg membawa aura motor sport fairing atau naked 250 cc entah mau 1 atau 2 silinder ataupun SOHC ataupun DOHC (dgn alesan males ngurus naik kelas ke sim c1, yg kita masing2 tau ngurus sim itu ribet dari awal baik secara adm maupun punglinya).

    Keknya menarik juga dibahas sama tim autonet soal ttg motor yg ada kayak kriteria diatas gue sebutin, selain tvs apache 200 kali ya yg mau dipasarin hehe thanks

  • dik

    Kalo ninja 250 itu termasuk

    • Adamgus

      Ninja 250 kena sim c1
      Sim c itu dibawah 250 cc

      • 206er

        Bukannya ada kemungkinan motor 250cc (ninja 250, r25, mt25, dll) ngakalin dengan bilang di stnk cuma 249cc yang artinya di bawah 250cc?

        • Adamgus

          249 pembulatan ke atas jadinya 250 cc kenanya jadinya sim c1.
          Mungkin beda hal dengan yg 225 cc

  • Orrtix

    Percuma juga ada sim c, c1, c2 selagi bisa nembak. Yg kudu dibenahi itu mentalitas berkendaranya bukan jenjang sim nya. Setinggi apapun jenis simnya kalau pengendaranya tolol di jalan ya tetep tolol.

  • Gandadi Putra

    Tidak apa apa asal gratis, tidak ribet, tidak inden, persyaratan masuk akal, terpadu. Jangan sampai bikin kebijakan baru tapi merugikan pihak lain

  • Kang Moh

    Tu pengguna supercar,dgn HP dan CC yg besar tanpa skill yg mumpuni apa hanya menggunakan sim A aja??? seperti kasus di surabaya misalnya.harusnya tu aturan dibuat bukan cuma buat sepeda motor,melainkan juga buat pengguna sportcar/supercar CC di atas 3000cc.