Honda Ingin Baterai Bekas Mobil Hybrid dan EV Bisa Didaur Ulang

Honda Ingin Baterai Bekas Mobil Hybrid dan EV Bisa Didaur Ulang
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika saat ini kita baru harus berhadapan dengan baterai AA bekas yang harus bisa didaur ulang, akan ada persoalan lain yang saat ini sudah harus dipikirkan jawabannya. Bukan rahasia bahwa ke depannya mobil listrik akan menjamur, bahkan sebagian pabrikan sudah memulai pengembangan model-model baru bertenaga listrik. Baterai mobil listrik pun punya umur, dan jika sudah habis masa pakainya, baterai itu harus jelas mau diapakan setelah tak berguna.

Untungnya, saat ini sudah mulai muncul pihak yang bisa memberikan kehidupan kedua untuk komponen sisa di baterai bekas mobil hybrid atau mobil listrik. Honda pun demikian, sebab Honda sendiri sudah menyatakan bahwa pada tahun 2025 mereka ingin mobil-mobilnya di Eropa bertenaga listrik. Sebagai langkah persiapan, Honda sudah tahu mau melakukan apa dengan baterai bekas mobil listrik yang sudah tak terpakai.

Adalah organisasi bernama Société Nouvelle d’Affinage des Métaux (SNAM) yang sudah membantu Honda sejak 2013 untuk masalah seperti ini. Minggu ini harusnya mereka menandatangani kesepakatan dengan Honda, dan baru setelah itu program Honda bisa berjalan mulai besok hingga masa depan. Apa yang direncanakan kedua pihak ini?

Honda akan membuang stok baterai bekasnya ke SNAM, yang kemudian akan mencoba mengolahnya untuk digunakan dalam keperluan lain dan memberikannya tugas baru. Contoh penggunaannya bisa berupa alat penyimpanan energi atau memanen bahan berharga dari baterai dan selanjutnya didaur ulang. Baterai akan dikumpulkan dari semua dealer Honda di 22 negara di Eropa, baru mereka pilih-pilih mana yang bisa dimanfaatkan lagi.

Karena permintaan mobil hybrid dan mobil listrik Honda terus meningkat, maka persyaratan untuk mengelola baterai dengan cara yang paling ramah lingkungan juga naik,” kata Honda dalam sebuah pernyataan.

“Perkembangan pasar baru-baru ini memungkinkan kami untuk menggunakan baterai ini dalam kegunaan baru setelah dibuang untuk bisnis energi atau dengan menggunakan teknik daur ulang terkini untuk memanen bahan baku yang berguna sebagai bahan baku dalam produksi baterai baru,“tutup Honda. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio