MINI Superleggera Vision Concept Jadi Diproduksi? Rival Kuat Untuk Mazda MX-5

by  in Berita&Merek Mobil&Mini
MINI Superleggera Vision Concept Jadi Diproduksi? Rival Kuat Untuk Mazda MX-5
0  komentar
Mini-Superleggera_Vision_Concept_Cover

AutonetMagz.com – Sepertinya si cantik Mx-5 Miata akan segera kedatangan rival terbarunya, tapi kali ini bukan dari sesama merek Jepang, namun dari merk Jerman, eh Inggris, yaitu MINI yang sedang mempertimbangkan untuk memproduksi MINI Superleggera Vision Concept untuk bersaing di kelas roadster bersama Mazda, Audi TT Roadster, BMW Z4, dan merek lainnya.

Seperti yang dilaporkan oleh Autocar, bos MINI, Peter Schwarzenbaeuer mengatakan “Ketertarikan terhadap konsep ini ketika ditampilkan sangatlah luar biasa, sekarang kita sedang berusaha keras untuk membuatnya siap untuk digunakan di jalan. Proyek ini sangatlah menantang dari segi eknomi, dan sampai saat ini tidak ada keputusan mutlak mengenainya, tetapi kami semua sedang berusaha keras memperjuangkannya, karena akan amat baik untuk merek kami sendiri.”

Mini-Superleggera_Vision_Concept_2014_Rear

Mini Supperleggera vision concept sendiri ditampilkan pada tahun 2014 lalu pada even Concorso d’Eleganza Villa d’Este dan merupakan hasil kerjasama antara MINI dan Touring Superleggera, sebuah perusahaan pembuat karoseri ternama dari Italia (mungkin bisa disamakan dengan New Armada atau Adi Putro di Indonesia..ehhh…).

Designnya sendiri merupakan perpaduan antara gril klasik dan lampu bulat ala MINI Inggris, dengan desain bodi membulat lonjong seperti cerutu khas mobil-mobil Italia, seperti Alfa Romeo, Fiat, Maserati, dll. Beberapa elemen klasik juga terlihat dari spion klasiknya, sirip punggung pada tutup bagasinya, dan lampu belakang yang sepintas mirip corak Union Jack alias Bendera Inggris.

Mini-Superleggera_Vision_Concept_2014_Interior

Di interior, sentuhan buatan tangan pengraijn Italia terlihat di material kulit yang membungkus kursi, stir, dashboard, dan trim pintunya, ditambah satu lembar aluminum yang dibentuk langsung untuk dashboardnya dan dibiarkan memiliki warna seperti alumunium yang kasar atau tidak dicat. Sedangakn sentuhan klasik lainnya terlihat pada desain stir, indikator bulat krom di atas kolom stir, dan peletakan kunci starter di tengah konsol.

Rencananya versi produksi dari MINI Superleggera akan menggunakan platform yang sama dari Mini tiga pintu yang ada saat ini, karena rangka tersebut sudah teruji fleksibilitasnya, ringan, dan kekakuannya yang cocok untuk digunakan sebagai sebuah model roadster (Atap terbuka).

Mini-Superleggera_Vision_Concept_2014_Seats

Ada kemungkinan juga Supeerlegera akan menerapkan sistem penggerak roda depan dengan pilihan AWD untuk versi yang lebih kencangnya (Supeerlegera S, atau Superleggera JCW mungkin).

Untuk mesinnya, sama seperti tipe MINI lainnya, Superleggera akan menggunakan mesin 1.5 liter dan 2.0 liter. Plus sebuah pilihan baru mesin Hybrid yang digunakan di BMW Seri 2 Active Tourer baru, dengan 3 silinder 134 hp turbocharger plus sebuah motor listrik di roda belakang yang menghasilkan 87 hp sehingga total output tenaga mencapai 216 hp.

Mini-Superleggera_Vision_Concept_2014_top_view

Jadi kapan Superleggera akan diproduksi dan diperkenalkan? saat ini MINI sedang mengembangankan Countryman baru dengan mesin hybrid, jadi sekitar tahun 2019 sang MINI Superleggera kemungkinan baru akan mengaspal, lama banget yah. Apa komentarmu? sampaikan di kolom komentar di bawah ini!

Read Prev:
Read Next: