All New Toyota Fortuner Diperkenalkan Di Thailand Dan Australia, Spesifikasinya Cukup Mencengangkan

All New Toyota Fortuner Diperkenalkan Di Thailand Dan Australia, Spesifikasinya Cukup Mencengangkan
0  komentar
2016-Toyota-Fortuner-Thailand-White

AutonetMagz.com – Mendahului jadwal peluncuran yang dijadwalkan pada tanggal 17  Juli ini, mungkin gara-gara spyshotnya sudah terlalu banyak bertebaran, atau supaya tidak bentrok dengan Idul Fitri tahun ini, maka pada hari ini, detil spesifikasi dan harga dari All New Toyota Fortuner sudah terkuak segamblang-gamblangnya dan setajam-tajamnya seperti sil….ehhhh….kebablasan. Apa saja fitur baru yang disematkan di All New Fortuner Thailan ini, mari kita lihat satu persatu.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Headlights

Dimulai dari exterior, All New Fortuner yang sudah beberapa kali terungkap lewat spyshot, bocoran brosur, dll, sekarang mengadopsi tampilan kekinian seperti Lexus atau Land Cruiser, dengan desain 3 bilah gril krom yang baru, lampu tipis yang futuristik dengan Bi-Beam LED, juga ditambah LED DRL yang diposisikan pada 5 titik seperti New Corolla Altis, plus fog lamp yang dikelilingi dengan bezel krom yang tebal, dan approach angle yang tinggi, membuat All New Toyota Fortuner terlihat lebih fresh dan tampil atraktif.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Front-view

Pada bagian sampingnya, desain velg 18 inchi yang baru, dibalut ban berukuran 265/60. Namun anehnya, meskipun ukuran velgnya naik 1 inchi, ground clearance All new Fortuner turun menjadi 196 mm, dari 220 mm pada model sebelumnya (Ini di versi Thailand yah, di versi Indonesia akan kita lihat bulan depan). Pada pilar C diberikan aksen tekukan (hip-up) seperti pada H**da Mob***o mungkin yah, tapi sukses membuat Fortuner tampil lebih dinamis.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-rear-Lamp

Pada bagian belakang, desain lampu belakang yang mengingatkan saya pada Santa Fe terbaru dengan bilah krom lebar menyambungkan kedua lampu, ditambah spoiler dan lis krom di sekeliling jendelanya cukup mengaburkan tinggi sesungguhnya dari Fortuner baru.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Dashboard

Di sisi interior, The All New Toyota Fortuner menggunakan desain yang sama dengan Double-Cab Hilux Revo terbaru, dengan perpaduan warna coklat muda, hitam dan silver aksen di beberapa bagian, interior All new Fortuner terlihat lebih segar, dan beraura premium. Stir juga sudah dilapisi oleh kulit, dan lapisan kulit ini juga turut diaplikasikan ke bagian trim pintu, namun belum jelas apakah menggunakan bahan soft-touch atau tidak.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Auto_AC

Untuk fitur, Fortuner Thailand dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru yang mengagumkan untuk ukuran Toyota, sebut saja Stir dengan pengaturan Tilt dan Teleskopik (jangan sampai fitur ini dipotong juga sama TAM), paddle shift di stir, electric tail gate seperti di Nissan X-Trail dan CR-V Prestige terbaru, Auto lamp, kursi dengan pengaturan elektrik, AC digital tapi belum dual zone, plus AC di baris kedua yang terlihat dapat diatur secara Auto melalui tombol di langit-langit, Push start Engine system, Cruise Control, Audio dan MID Steering Switch , dan masih banyak lagi.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Audio

Untuk sistem Infotainment-nya All New Fortuner dilengkapi dengan layar sentuh dengan 6 speaker, pemutar DVD, konektivitas USB, Aux, dan Bluetooth, plus Voice recognition untuk menelpon, kamera parkir, dan sistem navigasi. Selain itu, MID yang terletak di tengah spidometer juga sudah mengadopsi teknologi TFT, dan dapat menampilkan berbagai macam info kendaraan sampai pada nama lagu dan penyanyi yang sedang kita putar.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Interior

Untuk masalah akomodasi, Toyota All New Fortuner dapat mengakomodir sampai 7 orang, dengan cukup nyaman, terlihat kursi baris ketiganya memang sempit, namun tidak sesempit seperti pada Nissan X-Trail terbaru, namun sayangnya, sistem pelipatan kursinya tidak secanggih X-Trail yang dapat melipat kursi baris ketiga sampai rata lantai, namun terlihat kapasitas bagasinya sudah cukup untuk aktivitas sehari-hari. Baiknya lagi, Toyota juga melengkapi All New Fortuner ini dengan 3 socket 12V, dan 1 socket 220 V yang terletak di center console di depan baris kedua, pertama di kelasnya sepertinya nih.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Engine

Berbicara tentang mesin yang tersedia pada Fortuner terbaru ini, seperti sudah disinggung pada artikel-artikel sebelumnya, All New Fortuner Thailand kali ini tersedia dalam 3 pilihan mesin, dan dua di antaranya adalah mesin Diesel baru, yaitu 1GD-FTV 2,8 liter dengan output 177 PS dan torsi 450 Nm, sistem Start-Stop seperti di mobil-mobil Eropa dan juga tersedia dalam versi 2WD dan 4WD, lalu 2GD-FTV 2,4 liter dengan output 150 PS dan torsi 400 Nm yang tersedia hanya dalam versi 2WD. Sedangkan pilihan mesin bensinnya masih menggunakan 2TR-FE 2,7 liter dengan 166 PS dan 245 Nm torsi dan tersedia hanya dalam pilihan 2WD. Untuk pilihan transmisi, tersedia dalam transmisi 6 percepatan Sequential shift dengan paddle shift dan 6-speed manual.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Safety

Untuk fitur keselamatan, lagi-lagi kami terpukau dengan spesifikasi di Thailand, karena seluruh varian All New Fortuner Thailand dilengkapi dengan ABS, EBD, BA, Hill Assist Control, Hill Descent Control (Hanya tersedia pada tipe 2.8V 4WD), Traction Control, Trailer Sway Control, Vehicle Stability Control, dan 7 Airbag (3 Airbag untuk yang versi MT), cadas juga speknya….

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Grey

Untuk harganya, All New Toyota Fortuner di Thailand dibanderol mulai dari THB 1.199.000 (Sekitar IDR 468 juta) sampai THB 1.599.000 (sekitar IDR 624 juta). Jadi kelihatannya, pasar ladder-frame SUV di Indonesia akan bergeser di atas 500 juta rupiah sampai 600 juta-an, jikaaaaaa….seluruh atau paling tidak 95% dari fitur yang tersedia di All New Toyota Fortuner Thailand ini juga diboyong oleh TAM ke Indonesia, mungkin tidak yah? Kita lihat saja pembuktian Toyota Indonesia pada bulan depan. Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: