Mazda3 Pakai Mesin Baru, Makin Powerful!

by  in Berita&Mazda&Merek Mobil
Mazda3 Pakai Mesin Baru, Makin Powerful!
0  komentar

Autonetmagz.com – Mazda 3 generasi ke-4 dengan kode chasis KD sudah ada sejak tahun 2019 lalu dan akhirnya telah mendapatkan minor update pertamanya tahun ini. Namun biasanya mobil yang mendapatkan minor update fokus menyegarkan sedikit eksteriornya, Mazda fokus memberikan mesin si Mazda 3 lebih banyak tenaga. Jadi apa saja yang berubah? Yuk kita bahas.

Hal pertama yang bakal kita fokus untuk bahas adalah sektor mesin si Mazda 3 dimana ia mendapatkan beberapa upgrade menggiurkan. Mazda 3 sekarang menggunakan mesin terbarunya Mazda yakni Skyactiv-X empat silinder berkapasitas 2.000 cc. Mesin ini memberikan fuel economy yang jauh lebih bagus dikarenakan penggunaan kombinasi spark and compression ignition. Selain lebih hemat BBM, Mazda juga mengotak-atik Spark Plug Controlled Combustion Ignition (SPCCI) dan berhasil menambah 9 hp, lantas Mazda 3 sekarang mengeluarkan 187 hp dengan torsi 240 nm.

Selain itu, komponen supercharger dalam mesinnya sekarang memiliki respon lebih baik ketimbang sebelumnya, lantas membuat akselerasi si Mazda 3 lebih menggigit. Mazda 3 dengan mesin Skyactiv-X terbaru ini akan memiliki emblem khusus yang bakal ditempel pada bagian front fender serta di bagasi. Selain update terhadap mesin bensinnya, varian diesel Mazda 3 dengan mesin 1.800 cc Skyactiv-D Turbodiesel juga mendapatkan pembaharuan.

Varian dieselnya mendapatkan penambahan 13 hp yang menghasilkan 129 hp serta torsi sebesar 270 nm. Tak hanya itu, mesin dieselnya juga sudah diberikan respon gas dan torque band yang lebih panjang. Dan bagi kalian yang menginginkan Mazda 3-nya dengan stick shift tenang saja, karena Mazda bakal menawarkan varian manual dengan enam percepatan untuk model yang menggunakan mesin 2.000 cc Skyactiv-G.

Mazda juga melakukan penyegaran terhadap sektor kaki-kaki si Mazda 3 dengan suspensi yang sudah diberikan setting baru terhadap per dan damper untuk memberikan handling lebih baik. Fitur keselamatannya pun diberikan update dimana sistem Cruising & Traffic Support (CTS) Level 2 Semi-Autonomous Driving Function bisa bekerja pada kecepatan tol yakni 55 km/jam keatas. Fitur Cruise Control-nya juga sudah diatur untuk bisa meniru pola menyetir manusia lebih baik.

Kemudian, Mazda juga akan menawarkan varian limited edition yang merayakan pencapaian hatchback ini selama setahun terakhir. Namanya cukup menarik dan sangat panjang yaitu “100th Anniversary Special Commemorative Car 2020 World Car Design of the Year (WCDOTY) Award Commemorative Model”, kayanya bakal susah menempelkan emblem sepanjang ini di bagasi. Edisi spesial ini datang dengan warna Soul Red Crystal Metallic serta ornamen spesial yang bakal diberikan kepada sang pemilik.

Secara keseluruhan, ini merupakan update yang bagus dari Mazda. Opsi mereka untuk fokus dalam memberikan performa lebih dari mesin serta kaki-kakinya menegaskan bahwa Mazda masih memprioritaskan driving pleasure walaupun tidak menggunakan nama seperti Mazdaspeed lagi. Jadi bagi kalian yang belum sempat membeli Mazda 3, mending menunggu varian minor update masuk ke Indonesia karena jujur performanya sangat menggiurkan.

Bagaimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: