Mazda MX-5 Pamer Keseimbangan Sempurna di Atas Jungkat-Jungkit

Mazda MX-5 Pamer Keseimbangan Sempurna di Atas Jungkat-Jungkit
0  komentar
pabrik-mazda-mx-5

AutonetMagz.com – Sepengetahuan kami, tak banyak mobil yang sanggup bertahun-tahun mempertahankan karakter aslinya yang menjadi ciri khas dan menuntunnya menjadi deretan mobil terkenal di dunia. Misalnya ada Porsche 911 yang setia dengan desainnya dan mesin di belakang, Mercedes-Benz G Class dengan bentuk kotaknya yang gagah dan Mazda MX-5 yang tiap generasi selalu mempertahankan 4 resep utama : wujud roadster, mesin kecil di depan, gerak roda belakang dan distribusi bobot sempurna 50:50.

Kali ini, mobil yang terakhir disebutlah yang akan dibahas. Mobil roadster yang bobotnya hanya 1 ton ini belakangan ini masih sempat memamerkan hasil engineering-nya dengan bantuan sebuah timbangan yang konstruksinya mirip permainan jungkat-jungkit yang biasa kita mainkan waktu masih TK.

mazda-mx-5-perfect-balance

Seperti kita tahu, susah untuk membuat jungkat-jungkit lurus dan seimbang jika tak ditaruh beban yang setara di kedua sisinya. Nah, Mazda MX-5 baru yang diklaim tetap memiliki distribusi bobot depan-belakang yang sempurna, yakni 50:50 akan melakukan tantangan ini. Roadster yang punya pilihan mesin 1.500 cc dan 2.000 cc ini naik ke atas alat tersebut dan mencoba membuatnya seimbang. Bisakah?

Ternyata setelah diposisikan sedemikian rupa, Mazda MX-5 bisa berdiri tegak dan menyeimbangkan papan timbangan jungkat-jungkit, hal yang belum tentu mobil lain bisa melakukannya. Sekedar info, Mazda memang sangat terobsesi dengan distribusi bobot yang sempurna sejak awal pembuatan MX-5, bahkan di MX-5 generasi pertama saja akinya ditempatkan di bagasi agar obsesi mereka tercapai.

Di luar topik ini, kami pernah memberitakan kalau Mazda MX-5 sedang diuji di Indonesia dan sepertinya ada indikasi akan dijual, namun sepertinya yang dijual hanya varian 2.000 cc bertransmisi matik saja. Yuk, simak video kebolehan MX-5 di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • geox

    Utk apa pake timbang2 begituan..ya yg penting tuh mobil enak di setir nyaman baik ngebut pelan macet..org beli mobil jg gak liat proses timbang2 gituan..

    • Satriadi SS

      Weight Distribution itu sangat pengaruh terhadap handling mobil. Dengan beban 50:50 yang sempurna, mobil akan lebih mudah diprediksi jika menghadapi tikungan. Terutama dalam kecepatan tinggi.

    • subaru

      itu bukti distribusi bobot seimbang…sasis yang baik…kalo yang ngomongin mobil enak disetir yang memperhatikan distribusi bobot dan sasis

      • orang yang mana? kalo orang yang ngerti ya pasti jadi pertimbangan. terlebih mobil sekelas mx5 yg penggunanya speedholic :v

      • orang yang mana? kalo orang yang ngerti ya pasti jadi pertimbangan. terlebih mobil sekelas mx5 yg penggunanya speedholic :v

    • Hillarius Satrio

      jangan salah. untuk konsumen, pembaca atau penggemar mobil yang otak engineeringnya antusias, kayak gini bisa jadi bikin mereka tau kalo salah satu engineering yang bagus misalnya ya distribusi bobot sempurna ini. lagian banyak lho mobil yang dicap “brilliant” sama pihak2 terkenal krn engineeringnya

      contohnya banyak : ford fiesta, mazda mx-5, honda nsx, toyota 800, lexus lfa, nissan gtr, dll. kalo mereka bisa bikin mobil yang memang terbukti bagus, bisa naikin brand image dan itu penting.

      memang sih, bisa bikin mobil tanpa harus fokus2 amat ke engineering, tapi hasilnya bakal kayak makan gorengan ga pake cabe-cabean.. eh, cabe rawit maksudnya. tetep bisa dikonsumsi, tapi ga spesial

      • ap88

        lexus ls juga masuk jajaran mobil engineering nya bagus krn memiliki kabin super senyap dan getaran super minim dan dibuktikan dgn pengetesan getaran dan kesenyapan dgn cara susunan gelas diletakkan di atas kap mesin lalu di jalankan diatas roller dyno dgn kecepatan 250kmh dan semua gelas tsb gak ada yg jatuh,dan pengetesan tersebut membuat banyak org sangat takjub dgn kesenyapan dari ls terutama org jerman dan amrik,bahkan banyak pemilik s class dan seri 7 bilang bahwa lexus ls jauh lebih senyap daripada mobilnya,dan banyak media otomotif luar yg bilang bahwa lexus ls adalah mobil yg paling senyap dikelasnya sampai sekarang

    • nitrous

      Keliatan banget kalo yang komen supir angkot

    • deathstalker

      Biasa punya mobil kaleng sih. Ga nyadar mx5 segmennya beda coy

  • ap88

    distribusi bobotnya nyaris sempurna,mx5 memang top

  • Joni

    Memang Miata itu mobil yang sempurna…untuk cewek tentunya.

  • wowkeren

    Great car!!! Jual sini pasti makin top. Masukin juga yang 1500 cc.

  • bojes

    Sayang mobil ini gak begitu laku kyknya di pasaran indonesia walaupun sempurna …

    rx8 sempat nge hits skrng uda mati jual bekas nya aja susah minta ampun mana harga gak ada nilai pula lagi..takut lah mau ambil mx5 takut senasib rx8

    • Hillarius Satrio

      mobil kayak ginian segmennya kecil,jadi jangan terlalu ngarep ama penjualan.

    • soktau

      setuju sama bang hilsat. yang beli mobil gini mah segmented, bukan pembeli duo kaleng yang mikirin jual lg gampang

      • Hillarius Satrio

        hampir lupa. RX8 sebenernya mobil bagus, handling terbaik, tapi masalahnya mesin rotarynya itu boros, boyo, rewel dan ga durable,

        malah di sini ada pemilik RX8 yang udah ga tahan sama mesinnya terus langsung ganti mesin Nissan Silvia. kalo MX-5 mah jauh lebih bagus, roadster terlaris sedunia dan diakui guiness

        • ap88

          bukan RX8 dan mx5 yg terbaik,masih ada yg lebih baik yaitu RX7,MX5 dan RX8 lewat dah diasapin ama RX7,distribusi 50:50 ditambah rotary,itulah resep RX7

          • Hillarius Satrio

            RX7 mah ampun deh, gaada obatnya, rotary turbo sejati