Mazda MX-5 Pamer Keseimbangan Sempurna di Atas Jungkat-Jungkit

Mazda MX-5 Pamer Keseimbangan Sempurna di Atas Jungkat-Jungkit
0  komentar
pabrik-mazda-mx-5

AutonetMagz.com – Sepengetahuan kami, tak banyak mobil yang sanggup bertahun-tahun mempertahankan karakter aslinya yang menjadi ciri khas dan menuntunnya menjadi deretan mobil terkenal di dunia. Misalnya ada Porsche 911 yang setia dengan desainnya dan mesin di belakang, Mercedes-Benz G Class dengan bentuk kotaknya yang gagah dan Mazda MX-5 yang tiap generasi selalu mempertahankan 4 resep utama : wujud roadster, mesin kecil di depan, gerak roda belakang dan distribusi bobot sempurna 50:50.

Kali ini, mobil yang terakhir disebutlah yang akan dibahas. Mobil roadster yang bobotnya hanya 1 ton ini belakangan ini masih sempat memamerkan hasil engineering-nya dengan bantuan sebuah timbangan yang konstruksinya mirip permainan jungkat-jungkit yang biasa kita mainkan waktu masih TK.

mazda-mx-5-perfect-balance

Seperti kita tahu, susah untuk membuat jungkat-jungkit lurus dan seimbang jika tak ditaruh beban yang setara di kedua sisinya. Nah, Mazda MX-5 baru yang diklaim tetap memiliki distribusi bobot depan-belakang yang sempurna, yakni 50:50 akan melakukan tantangan ini. Roadster yang punya pilihan mesin 1.500 cc dan 2.000 cc ini naik ke atas alat tersebut dan mencoba membuatnya seimbang. Bisakah?

Ternyata setelah diposisikan sedemikian rupa, Mazda MX-5 bisa berdiri tegak dan menyeimbangkan papan timbangan jungkat-jungkit, hal yang belum tentu mobil lain bisa melakukannya. Sekedar info, Mazda memang sangat terobsesi dengan distribusi bobot yang sempurna sejak awal pembuatan MX-5, bahkan di MX-5 generasi pertama saja akinya ditempatkan di bagasi agar obsesi mereka tercapai.

Di luar topik ini, kami pernah memberitakan kalau Mazda MX-5 sedang diuji di Indonesia dan sepertinya ada indikasi akan dijual, namun sepertinya yang dijual hanya varian 2.000 cc bertransmisi matik saja. Yuk, simak video kebolehan MX-5 di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio