Mazda MX-5 Baru Siap Pangkas Bobot Dengan Carbon Fiber

by  in International&Mazda
Mazda MX-5 Baru Siap Pangkas Bobot Dengan Carbon Fiber
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda MX-5 sudah melalui 4 generasi dari awal muncul hingga sekarang, yakni NA, NB, NC dan ND. Selama itu pula Mazda berhasil menjual MX-5 dengan jumlah yang banyak sehingga menjadi roadster terlaris sedunia, mengalahkan Honda S2000 dan BMW Z4 dalam hal banyak-banyakan angka penjualan. Banyak faktor pendukung larisnya MX-5, yakni : wujud roadster yang cakep, pengendalian bagus, bobot enteng, distribusi bobot sempurna 50:50, nikmat dikendarai dan harganya murah (kalau di luar Indonesia).

Meski usia Mazda MX-5 ND alias Mazda MX-5 SkyActiv belum tua-tua amat, namun Mazda sufah buka topik mengenai suksesornya yang konon akan berkode NE. Mazda menjamin tidak akan mengutak-atik ukuran MX-5 secara berlebihan, karena dimensi MX-5 harus ringkas. Demikian juga soal bobot, karena Mazda MX-5 tidak boleh gendut dan berat seperti gajah Afrika, melainkan harus ringan, lincah dan gesit seperti ular Black Mamba.

mazda mx5 rf roof operation

Untuk itulah, penggunaan material carbon fibre yang ringan dan kuat sedang dipikirkan di meja diskusi pembangunan Mazda MX-5 baru.”Dimensinya sudah pas, tapi di masa depan, material yang ringan akan menjadi hal penting dan akan dipakai di mobil ini. Sekarang ini carbon fiber mahalnya minta ampun, tapi kami sedang membuat carbon fiber yang terjangkau, supaya esok hari Mazda MX-5 bisa lebih ringan,” kata manajer program Mazda MX-5, Nobuhiro Yamamoto kepada Autocar.

Betul, carbon fiber itu mahal, itulah alasannya hari ini tidak ada LCGC yang pakai material itu. Untuk memangkas ongkos biar tidak terlalu mahal, produsen mobil kadang suka mencampurkan carbon fiber dengan material lain. Contohnya banyak, misalnya campuran carbon fiber dan aluminium di Lamborghini Huracan atau gabungan carbon fiber dan titanium di dewa angin blasteran Jerman-Italia, Pagani Huayra. Alasan pencampurannya salah satunya biar kalau ada apa-apa, lebih mudah diperbaiki, karena kalau carbon fiber asli kena tabrakan yang melebihi kemampuannya, pasti langsung hancur dan tidak bisa diapa-apakan lagi.

mazda mx-5 soft top

Namun selain Mazda, ada lagi yang punya riset mengenai carbon fiber murah. Adalah ilmuwan-ilmuwan dari Ford, Honda, Toyota dan Volkswagen yang tahun lalu diketahui tengah membangun penelitian mengenai carbon fiber yang bisa diproduksi dengan biaya yang lebih murah, supaya mobil-mobil biasa sekelas Ford Mondeo, Honda Civic, Toyota Camry dan VW Golf pun boleh memakainya. Oh ya, kembali ke Mazda MX-5, gosip mengenai mesin 3 silinder yang akan hadir pertama kali di Mazda MX-5 baru juga mencuat, tapi ini belum resmi.

Ya baiklah, kita nantikan saja apa yang akan Mazda perbuat di Mazda MX-5 baru. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio