Mazda 6 Bakal Jadi RWD dan Bermesin 6 Silinder

Mazda 6 Bakal Jadi RWD dan Bermesin 6 Silinder
0  komentar

AutonetMagz.com – Rencana besar dalam perjalanan Mazda untuk benar-benar berubah menjadi merek premium kini mencapai suatu titik yang mungkin akan mulai membuat pabrikan sedan mewah lain berkeringat, entah itu dari Jerman, Inggris atau bahkan sesama Jepang. Salah satu sedan andalan mereka, Mazda 6 akan bertransformasi menjadi sosok yang tak pernah dikira di era mesin kecil turbo ini. Konon, Mazda 6 akan pakai mesin 6 silinder baru.

Ini merupakan langkah yang anti mainstream. Saat pabrikan lain berusaha lolos regulasi emisi dan efisiensi dengan mesin kecil berturbo, Mazda berani mengembangkan mesin 6 silinder untuk Mazda 6. Tidak hanya itu, sistem penggerak juga akan diubah sebab menurut CarAndDriver, Mazda 6 yang tadinya penggerak roda depan (FWD) akan jadi penggerak roda belakang (AWD). Hmm… Sedan RWD mesin 6 silinder, terdengar nikmat sekali rasanya.

Kalau melihat dari merek Jerman, kita baru bisa mendapatkan mesin 6 silinder di mobil seperti BMW M340i, Mercedes-AMG C43 dan Audi S4. Meski demikian, belum diketahui seperti apa spesifikasi mesin 6 silinder baru Mazda, namun laman BestCar dari Jepang menuturkan paling tidak tenaganya sekitar 350 hp-an. Angka yang sehat untuk mesin 6 silinder bukan? Selain itu, teknologi SkyActiv-X juga akan diaplikasikan.

Ada 2 jenis mesin SkyActiv-X yang akan Mazda buat, yakni versi bensin dan diesel. Mesin ini akan dibuat untuk penempatan secara longitudinal, jadi bisa buat mobil RWD dan AWD. Mazda juga tengah mengembangkan teknologi mild hybrid dan plug-in hybrid untuk dikawinkan ke mesin ini supaya kuat untuk menjadi jantung mobil yang lebih besar lagi. Soal bentuk, diperkirakan akan dibuat semirip mungkin dengan Mazda Vision Coupe Concept.

Jika melihat konsep Mazda Kai yang mirip dengan Mazda 3 baru, nampaknya Mazda akan bisa menerjemahkan bentuk cantik Vision Coupe jadi versi produksi. Selain mesin dan sasis baru, Mazda konon juga menggarap transmisi 8 percepatan baru dan akan ada Mazda 6 Coupe dengan transmisi manual. Semuanya masih gosip, jadi kita tunggu saja realisasinya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio