Lifan LF150-T : Saingan Sepadan Honda ADV150 Asal China

by  in Berita&International
Lifan LF150-T : Saingan Sepadan Honda ADV150 Asal China
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen roda dua di Indonesia tengah hangat memperbincangkan mengenai sosok motor terbaru dari Honda, yaitu Honda ADV150. Tentunya hal ini wajar, karena segmen maxi skutik bertema adventure tergolong sangat baru di tanah air dan Honda ADV150 mendapatkan atensi yang luar biasa karenanya. Padahal, di luar negeri sudah ada maxi skutik dengan konsep yang sama dan kubikasi yang sama persis dengan Honda ADV150. Dan produk tersebut adalah Lifan LF150-T.

Mungkin beberapa dari pecinta roda dua menyebut Lifan LF150-T mencontek desain dan konsep dari Honda ADV150, tapi tunggu dulu, Lifan LF150-T hadir lebih dahulu di awal tahun ini, sedangkan Honda baru menelurkan ADV150 di bulan Juli kemarin. Nah, jika diperhatikan, desain dari Lifan LF150-T ini terbilang cukup radikal, apalagi penggunaan lampu depan agak mengotak dan hanya 1 buah saja. Bentuk lampunya mengingatkan kita pada sosok Yamaha X-Ride yang kebetulan juga merupakan skutik Adventure, namun tidak berkonsep Maxi Skutik.

Jikalau dibandingkan dengan Honda ADV150, sosok Lifan LF150-T terlihat lebih spartan. Tarikan garis di motor ini cenderung kaku dan tegas. Windshield yang cukup besar diberikan di Lifan LF150-T ini, dipadukan dengan setang model fat bar. Ban yang digunakan juga dual purpose dengan velg cast wheel berwarna hitam. Sistem pengereman ABS juga sudah diberikan di motor ini. Mesin yang diusung oleh motor ini adalah mesin 150cc Injeksi dengan sistem pendingin cair. Nah, tenaga maksimalnya tergolong inferior, yaitu hanya 11,5 hp pada 8.500 rpm dan 11 Nm pada 5.500 rpm.

Namun, ada komponen yang menarik yang diberikan Lifan pada motor ini yang jelas berbeda dengan Honda ADV150. Komponen tersebut adalah suspensi depan model terbalik, alias upside down (USD). Penggunaan USD membuat tongkrongan dari Lifan LF150-T ini terlihat lebih tangguh di sisi depan. Sedangkan suspensi belakang dari Lifan LF150-T mengandalkan suspensi tunggal, tapi bukan di sisi kanan melainkan di tengah. Jelas penggunaan suspensi model ini merupakan sebuah tawaran yang ‘berbeda’ dan menarik. Sayangnya, Lifan tidak menjual produknya di Indonesia saat ini, padahal di tahun 2000-an dahulu pabrikan ini sempat eksis di tanah air.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian pada sosok Lifan LF150-T ini? Lebih suka motor ini atau Honda ADV150 dari sisi tampilan?

Sumber : NewMotor China

Read Prev:
Read Next: