Kupas Teknologi Transmisi Yamaha NMax Turbo 2024, YECVT Tanpa Roller!

by  in  Berita & Hi-Tech & Nasional
Kupas Teknologi Transmisi Yamaha NMax Turbo 2024, YECVT Tanpa Roller!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak pertama kali menampakkan dirinya pada minggu kedua Juni 2024 lalu, Yamaha NMax Turbo 2024 menyita banyak perhatian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, selain bentuknya yang semakin agresif NMax Turbo juga disematkan CVT dengan teknologi yang seakan memberikan sensasi “Turbo” sehingga dapat berlari lebih responsif.

YECVT Fokus Pada Sektor Performa Dan Keamanan Berkendara

Bagaimana bisa efek “Turbo” hadir pada NMax terbaru, itu karena hadirnya teknologi Yamaha Electric Continuos Variable Transmission (YECVT) pada skutik Maxi 155 cc ini. Teknologi tersebut membuat pengendara NMax Turbo dapat mengatur penuh respon akselerasi serta deselerasi lewat transmisi. Fungsinya sekilas mirip seperti triptonic pada CVT pada mobil kekinian.

Hal tersebut bisa terjadi karena CVT pada Yamaha NMax Turbo 2024 tidak bergantung lagi kepada roller yang membutuhkan gaya sentrifugal untuk merubah rasio v-belt lalu menyesuaikan kecepatan sepeda motor. Pada YECVT, fungsi roller sudah digantikan oleh komponen ECVT Motor yang bertugas untuk menggerakan Pulley Primary agar rasio v-belt dapat pengguna sesuaikan sendiri.

Inovasi Yamaha Untuk Skutik Maxi Kelas 150 CC

Bagian ECVT Motor termasuk ke dalam komponen penggerak YECVT yang terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, juga Gear Reduction Driven. Selain komponen penggerak, terdapat juga komponen seperti Transmission Control Unit (TCU), Sensor Motor Position, dan Speed Sensor yang berfungsi mengatur dan mendeteksi pergerakan transmisi.

Lalu soal bagian Pully, diameternya di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang serta keras pada area CVT Yamaha NMax Turbo dibanding varian NMax Neo. Ini membuat akselerasi motor jadi lebih responsif yang turut disokong oleh torsi melimpah dari mesin Blue Core generasi terbaru selayaknya Yamaha Lexi LX 155.

Semua komponen YECVT inilah yang membuat Yamaha NMax Turbo 2024 dapat memiliki dua riding mode (T & S Mode) dengan tiga tingkatan (1 Low, 2 Medium, 3 High). Jadi selain menambah performa, sektor safety riding juga meningkat nih pada NMax terbaru. Soal perawatan, sensor pada YECVT diberikan garansi 2 tahun sementara bagian penggeraknya diberikan garansi 3 tahun oleh Yamaha Indonesia.

Read Prev:
Read Next: