Kunjungan Ke United Tractor Indonesia, Penyedia Bus, Truk Merk Scania dan UD Trucks Untuk Indonesia!

by  in  Event
Kunjungan Ke United Tractor Indonesia, Penyedia Bus, Truk Merk Scania dan UD Trucks Untuk Indonesia!
0  komentar
United-Tractor-Bus-Maintenance

AutonetMagz – Setelah kemarin salah satu kru kami berkunjung ke pabrik Goodyear Indonesia, kali ini, AutonetMagz mendapat kesempatan untuk mengunjungi fasilitas perakitan, penyimpanan dan pemeliharaan dari alat-alat berat, bus, dan truk di bawah naungan PT. United Tractors Indonesia (UT) di jl. Raya Bekasi KM 22, Cakung, Jakarta Timur.

Ketika mengenal nama United Tractors, tentu kita lebih banyak mengingat alat-alat berat yang mereka distribusikan, namun ternyata, sejak 2004, UT telah menjadi ATPM untuk merk-merk seperti UD Trucks, untuk transportasi barang, dan Scania untuk transportasi barang dan penumpang, apa saja yang kami dapat gali pada kunjungan kali ini?

United-Tractor-School

Pada kunjungan kali ini, kami sempat melihat beberapa fasilitas yang terdapat di markas besar UT di Cakung, di antaranya adalah:

  1. UT School, dimana di area ini United Tractors mendidik lulusan-lulusan SMK Indonesia untuk menjadi mekanik dan operator yang andal dalam menangani produk-produk dari UT. UT School sendiri tersebar di lebih dari 19 lokasi di Indonesia dengan fasilitas sampai 60 orang per kelas, dan hingga tahun 2015 keamrin, UT School telah meluluskan 6,748 siswa mekanik, 486 siswa operator, dan 429 siswa instruktur.
  2. UT Yards, dimana pada area Cakung terdiri dari area seluas 1 ha, yang mampu menampung 100 unit alat-alat berat berukuran kecil.
  3. Workshop Bus dan Truk, pada workshop ini, UT dapat melakukan pemeliharaan pada bus dan truk mereka, termasuk unit-unit Bus Transjakarta yang saat ini digunakan oleh Pemprov DKI, selain mereka menyiapkan juga unit reaksi cepat untuk menangani masalah pada bus-bus Scania yang digunakan sebagai Transjakarta. Pada fasilitas ini, ada 5 bays  untuk perbaikan unit, dengan 2 underpit bays, ruang tunggu pengemudi, area suku cadang, dan ruang tunggu pengemudi. Di area ini, para mekanik terlatih dapat melakukan servis periodik, troubleshooting, overhaul, engine check, dan pembelian suku cadang untuk unit yang ingin diperbaiki.
United-Tractor-Scania-Maintenance-Bay

“Sebagai ATPM Scania di Indonesia, UT menjamin kualitas yang dimiliki dari produk yang diageni. Slaah satunya untuk bus, melalui anak perusahaannya PT United Tractors Pandu Engineering (UTE) telah memiliki fasilitas perakitan CKD untuk chassis Bus Scania yang dibangun pada tahun 2012/ Proses perakitan pada fasilitas ini telah memenuhi standard global dari Scania, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dengan unit CBU. Perakitan ini sendiri memiliki kapasitas terpasang sampai 200 unit per tahun” kata Harijardi Mawardi selaku Head of Bus and Trucks Marketing Division of PT United Tractors Tbk.

United-Tractors-Heavy-Machinery

Guna mendiversifikasikan bisnis dari UT,  saat ini mereka mulai lebih fokus tidak saja pada alat-alat berat, namun juga pada alat-alat transportasi massal, dimana UT telah mensuplai unit Bus Scania untuk kebutuhan Transjakarta, dan mendatangkan tipe baru dari Scania Low Entry City Bus, yang dapat menurunkan ketinggian lantai bus agar memudahkan masuk keluar dari penumpang yang rencananya akan digunakan sebagai bus operasional di luar Transjakarta.

Fast-Reaction-Unit-Transjakarta

Selain itu, pada acara factory visit kali ini, kami juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba beberapa truk dan bis dari Scania, dimana kami sudah siapkan satu first impression review untuk sebuah Truk Scania yang sempat kami coba, tunggu saja hanya di AutonetMagz!

Read Prev:
Read Next: