Kemenperin : Toyota & Honda Siap Tanam Modal di Indonesia

by  in Mobil Baru
Kemenperin : Toyota & Honda Siap Tanam Modal di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Nampaknya sudah bukan rahasia lagi kalau Hyundai menjadi salah satu pabrikan yang paling getol ingin menanamkan modal di tanah air. Nah, nampaknya bukan hanya pabrikan asal korea selatan itu saja yang berniat untuk melakukan investasi di Tanah Air. Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI, menyebutkan bahwa ada 2 merk otomotif lain yang berminat mengikuti jejak Hyundai. Dan sesuai judul diatas, keduanya adalah Toyota dan Honda.

Sebenarnya, baik Toyota maupun Honda sudah menanamkan investasi mereka di Indonesia berupa pabrik perakitan. Untuk Toyota, beberapa produk yang dirakit lokal adalah Astra Toyota Agya, Astra Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Sienta, Toyota Rush, Toyota Yaris, dan beberapa produk lainnya. Sedangkan Honda memiliki Honda Brio Satya, Honda Brio RS, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Honda Jazz yang berstatus rakitan lokal. Nah, investasi kali ini nampak lebih ‘spesial’ karena Menperin menyebut terkait Super Deduction Tax.

Jadi, Super Deduction Tax adalah produk hasil PP No 45 tahun 2019 yang memberikan keuntungan hingga 300% bagi para perusahaan otomotif yang membangun fasilitas R&D di Indonesia. Nah, jelas kebijakan ini memberikan ransangan yang menarik bagi para perusahaan otomotif. Dan bagi Indonesia sendiri, selain mendapatkan investasi, nantinya Indonesia juga berpeluang untuk menjadi salah satu pusat R&D dari kendaraan bermotor di kawasan ASEAN. Menperin juga menyebutkan bahwa dari kunjungannya ke Jepang beberapa waktu lalu, Honda dan Toyota setuju menggelontorkan dana total 33 triliun Rupiah untuk investasi.

Nah, dari angka tersebut, 28,3 Triliun merupakan dana yang kabarnya digelontorkan Toyota untuk pengembangan merk Toyota, Daihatsu dan juga Hino. Sedangkan Honda sendiri bersedia menanamkan modal sebesar 5,1 Triliun Rupiah. Investasi ini sendiri akan dilaksanakan mulai tahun ini hingga tahun 2023 mendatang. Kedua merk tersebut akan mengembangkan pusat R&D alias Pusat Riset dan Pengembangan untuk mobil – mobil yang kelak akan dipasarkan di tanah air. Tentunya akan sangat menarik untuk melihat bagaimana kiprah fasilitas R&D dari Toyota dan Honda ke depannya.

Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Sumber :Kemenperin

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana