Kawasaki Berencana Kembali Ke MotoGP

by  in Berita&MotoGP
Kawasaki Berencana Kembali Ke MotoGP
0  komentar
kawasaki-akira-motogp-prototype-2015-januari

AutonetMagz.com – Kabar yang cukup mengejutkan ternyata datang saat sesi sebelum race MotoGP Catalunya kemarin. Berdasarkan situs italianwheels.net, sebuah motor prototipe MotoGP misterius tengah diuji coba di sirkuit Catalunya, Barcelona atas nama team Akira MotoGP. Sekilas motor prototipe ini terlihat biasa-biasa saja dengan decal warna hitam namun santer terdengar informasi yang menyebutkan bahwa motor ini menggunakan mesin bawaan Kawasaki.

Cukup mengagetkan bahwa Kawasaki mendevelop sebuah motor prototipe MotoGP. Namun sebelumnya sesi uji coba ini pun pernah dilakukan di Sirkuit Jerez pada pramusim MotoGP Januari lalu. Namun motor yang diuji coba di bulan Januari dan di bulan Juni ini adalah motor yang berbeda. Ini terlihat dari moncong airscoop, fairing, mesin serta swingarm yang berbeda. Rider yang dipilih team Akira MotoGP untuk mengetes motor tersebut adalah Dominique Aegerter, seorang pembalap Moto2.

kawasaki-akira-motogp-prototype-2015-airscoop

Mengingat Kawasaki masih berpartisipasi di WSBK, mungkin pembaca mengira bisa saja motor ini digunakan untuk WSBK musim depan. Namun ternyata tidak, hal ini bisa dilihat dari corong airscoop depan yang sama sekali berbeda dengan motor WSBK pada umumnya. Corong airscoop ini lebih terlihat seperti corong airscoop Honda RC213V. Selain itu basic frame motor ini jelas sangat berbeda dengan frame motor andalan Kawasaki di WSBK, ZX-10R.

Penggunaan komponen yang terdeteksi di motor ini adalah pembuangan knalpotnya menggunakan Akrapovic yang serupa dengan yang digunakan oleh Yamaha M1. Selain itu terdeteksi bahwa suspensi yang digunakan berlabel Showa. Untuk swingarm masih belum diketahui detailnya secara pasti, namun yang jelas geometri swingarm ini berbeda dengan punya ZX-10R.

kawasaki-akira-motogp-prototype-2015-frame

Belum ada konfirmasi lain apakah benar Kawasaki akan come back ke MotoGP kembali, tetapi Dominique Aegerter pernah mengkonfirmasikan bahwa Kawasaki memang berencana untuk kembali ke MotoGP. Walau sesi test ini masih menggunakan nama team Akira MotoGP, menariknya adalah motor tersebut sudah menggunakan ban Michelin berprofil 17 inchi. Yup, seakan menyatakan inilah tekad dari Kawasaki comeback MotoGP.

Mengingat dalam MotoGP 2015 sudah ada 2 pabrikan baru yang ikut berkompetisi yaitu Suzuki dan Aprilia, sepertinya tontonan MotoGP kedepannya akan semakin menarik. Ditambah Kawasaki MotoGP yang tadinya mundur teratur pada tahun 2010 malah terpancing untuk kembali dalam waktu dekat ini. Mari kita tunggu kabar positif dari Kawasaki.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • AndiAnnas

    ini yang dibutuhkan.. saat Suzuki & Ducati mulai ngerecokin dominasi Yamaha-Honda, asal jangan seperti Aprilia yang sangat-sangat-sangat tidak bertaji di awal musim ini.. 🙁

  • ojon

    Wah kapan nih viar bs masuk motogp

  • ojon

    Wah kapan nih viar bs masuk motogp

  • ojon

    Wah kapan nih viar bs masuk motogp