JMEV Easy E300 : Mobil Listrik Lain Dari China

JMEV Easy E300 : Mobil Listrik Lain Dari China
0  komentar

AutonetMagz.com – Tentunya kalian sudah tahu jikalau kami menyebutkan mobil listrik mungil dari China, maka kami merujuk pada mobil apa. Yap, kalau nggak Baojun E100, mungkin Baojun E200. Nah, namun keduanya kini punya saingan dari Jiangling Motors Group. Sebuah merk bernama JMEV yang merujuk pada Jiangling Motor EV baru saja memperkenalkan sebuah mobil listrik mungil. Namun semungil – mungilnya mobil ini memang masih tak sebungil duet EV dari Baojun. Positifnya, mobil ini terlihat bak sebuah City Car yang cukup cakep. Iniah JMEV Easy E300, mari kita bahas.  

Nah, sebelum masuk ke urusan mobilnya, kita akan kenalan dulu dengan JMEV. Jadi, JMEV sendiri adalah bagian dari JMC Group yang memproduksi kendaraan Listrik di pabrik perakitan lawas milik Landwind. Tak asing dengan nama Landwind? Itu lho, yang membuat Range Rover Evoque versi KW. Nah, pabrik perakitan ini sendiri ada di daerah Changbei, di provinsi Jiangsu. Walaupun begitu, mereka kini sedang mengembangkan fasilitas perakitan yang lebih baru. Lalu, siapa dalang dibalik JMEV? Selain JMC Group, ada juga Agricultural Development Bank of China yang punya saham 41% di JMEV ini. Nah, dari grafik diatas, terlihat bahwa JMEV punya beberapa line up product, ada nama – nama seperti JMEV E100, E180, E200P, E200N, E200L, E200NL, E160P, E160L, E400, E500 dan E300. Nah, yang terakhir inilah yang akan kita bahas.

Jadi, JMEV Easy E300 sendiri sudah diluncurkan resmi di China sekitar 2 minggu lalu, lebih tepatnya pada tanggal 18 September 2018. Jika kita lihat bentuknya, sebenarnya desain mobil ini masuk kategori ‘Boleh Juga’, walaupun sekilas kami langsung ingat akan sosok Toyota Aygo lawas. Lampu depannya terlihat memiliki LED Bar di sisi dalam yang berfungsi sebagai positioning lamp, dan terlihat ada lampu proyektor di sisi dalam housing lampunya yang berkelir hitam. Bumper depannya nggak neko – neko, minimalis, dan ada LED DRL yang bak tempelan di sisi bawah, menemani lampu kabutnya. Grille mobil ini hanya berwarna hitam glossy biasa saja dengan logo ‘e’ di sisi depan. Pindah ke sisi samping, terlihat bahwa mobil ini sangat mungil untuk sebuah mobil 4 pintu.

Kecenderungan mobil China yang menggunakan velg kekecilan pun tak ada di mobil ini, mungkin karena mobilnya juga sudah kecil. Telrihat velg mobil ini sudah dual tone, dan ada spion berwarna putih dengan lampu sein. Roof rail mungil pun ada di sisi atas dengan kelir putih pula. Selain spion dan roof rail, handle pintu mobil ini juga berwarna putih. yang menarik, pilar C mobil ini diwarnai hitam, jadi ingat dengan pilar C Yaris lele. Pindah ke sisi belakang, kami apresiasi usaha JMEV membuat buritan mobil ini. Buritannya terlihat cantik dengan lampu segitiga, bumper dengan laburan warna hitam yang terkesan dekat ke tanah, dan skid plate silver. Ada rear spoiler mungil, antena model sirip hiu, dan dua sensor parkir di sisi belakang, plus fog lamp belakang di sisi tengah bumper. Overall, secara desain mobil ini cakep.

Berhubung JMEV Easy E300 adalah mobil listrik, lalu bagaimana dengan capaian jarak tempuhnya? JMEV Easy E300 mampu menempuh jarak maksimal 252 km dengan metode pengujian NEDC. Nah, motor listrik yang dibawa oleh JMEV Easy E300 sendiri memiliki tenaga 32 kW atau setara 43,5 PS. Sayangnya belum ada foto interior dan spesifikasi lainnya yang tersebar di dunia maya. Kalau menurut kalian bagaimana mobil ini?

Read Prev:
Read Next: