Jangan Berkendara dengan Kondisi Bensin Tiris, Ini Akibatnya!

by  in  Berita & Nasional & Tips
Jangan Berkendara dengan Kondisi Bensin Tiris, Ini Akibatnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bensin merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Apabila tidak ada bensin dalam tangki bensin, kendaraan tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Hal ini juga tentunya berdampak buruk untuk performa kendaraan. Nah, kalau misalnya kita lupa untuk mengisi bahan bakar sampai benar-benar habis, kerusakan apakah yang akan terjadi pada mesin kendaraan kita?

Apa Resikonya?

Masalah pada motor yang sering kehabisan bensin adalah hal yang sangat serius. Yang pertama terjadi adalah bagian dalam tangki akan beresiko mudah timbul karat karena bahan bakar tidak full. Hal ini juga akan menyebabkan adanya endapan kotoran di tangki bensin. Hal lain yang dapat terjadi adalah terganggunya fungsi kinerja fuel pump.

Fuel pump adalah bagian dari dalam tangki motor yang berfungsi untuk menghisap bensin dari tangki menuju mesin. Jika kinerja fuel pump terganggu, akan menyebabkan motor tersendat-sendat saat jalan dan berpotensi mogok atau tidak bisa dinyalakan. Selain itu, sering kehabisan bensin juga dapat menyebabkan fungsi kinerja dari karburator atau injektor menjadi bermasalah

Wajib Selalu Dicek

Sering membiarkan bahan bakar kosong adalah hal yang sangat tidak baik. Pastikan sebelum bepergian untuk para pengendara motor bisa mengecek terlebih dahulu kondisi bensin yang ada dalam tangki bensin atau pengendara juga bisa melihat dari speedometer yang ada pada motor.” Ungkap William Saputra, Manager Promosi Yamaha STSJ.

Maka dari itu, pengendara motor harus selalu mengecek kondisi bensin di speedometer, karena indikator bensin akan menunjukkan ketersediaan bensin yang ada pada tangki. Apabila indikator bensin sudah huruf “E”, maka wajib hukumnya bagi pengendara untuk segera mengisi bensin. Jangan lupa untuk mengisi bensin dengan oktan yang sesuai dengan anjuran pabrik.

Read Prev:
Read Next: