Intip Spek Scomadi Technica 200i Urban Series, Ganteng Bawaan Pabrik!

by  in  Merek Motor & Review
Intip Spek Scomadi Technica 200i Urban Series, Ganteng Bawaan Pabrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah resmi mengaspal pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 lalu, akhirnya kami dapat lebih dekat dengan Scomadi Technica 200i Urban Series. Brand skuter asal Inggris yang dibuat di Thailand ini memang membuat banyak orang penasaran. Bagaimana tidak, motor ini berdesain retro ala skuter tahun 60-an namun memiliki teknologi serta performa mesin yang modern.

Detail Desain Dan Aksesoris Semakin Menguatkan Karakter Retro

Frank Sanderson dan Paul Melici selaku founder dari Scomadi memang mengambil inspirasi desain dari skuter Lambretta pada tahun 60-an. Ini terlihat dari ciri khas spatbor depan yang tidak mengikuti roda, desain perisai serta ‘dasi’ di bagian depan, lampu berbentuk mengotak, dek kaki dengan lis karet, hingga panel bodi samping yang lebar. Dengan sasis space frame tubular dan panel bodi besi serta plastik ABS, Technica 200i memiliki berat 132 kg dan dapat menahan beban hingga 330 kg.

Walaupun desainnya tua, perlampuan dari motor retro ini sudah LED loh selain lampu depan yang masih halogen. Lalu khusus untuk Urban Series, Scomadi Technica 200i juga sudah dilengkapi dengan aksesoris seperti spotlight daymaker LED, spion bar end plus sein LED, backpack di balik perisai depan, hingga knalpot racing. Technica 200i sendiri punya dimensi 1.810 x 670 x 1.130 mm (PxLxT) dengan wheelbase 1.375 mm dan tinggi kursi 769 mm.

Ciri Khas Scomadi, Gabungkan Teknologi Lama Dan Modern

Ciri khas motor lansiran Scomadi tidak hanya terpancar lewat desainnya namun juga struktur kaki-kaki yang dipasangkan. Karena pada Scomadi Technica 200i Urban Series dipasangkan anti dive linkage system dengan dua shock absorber di depan dan single shock absorber di belakang yang semuanya sudah dilengkapi prelaod adjuster. Dilengkapi disc brake depan (220 mm) dan belakang (200 mm) tanpa ABS, Technica 200i memiliki profil ban tubeless Michelin 110/70 R12 di depan dan 120/70 R12 di belakang.

Untuk spesifikasi mesin 4-tak yang dipasangkan juga tidak terlalu spesial, hanya 171,7 cc 1 silinder SOHC 2 katup berpendingin udara. Namun mesin pada Scomadi Technica 200i Urban Series mampu mengeluarkan tenaga 11,6 PS di 8.000 rpm dan torsi 12,4 Nm di 5.500 rpm. Bertransmisi CVT dan memiliki tangki bensin sebesar 11 L, mesin Technica 200i direkomendasikan meminum bensin dengan oktan minimal RON 95.

Tersedia dalam pilihan tiga warna dual tone yaitu oranye & putih, abu-abu & putih, serta coklat & putih, Scomadi Technica 200i Urban Series dijual dengan harga Rp 89 Juta OTR Jakarta. Sudah lengkap dengan aksesoris yang telah disebutkan di awal, bagaimana menurutmu skutik retro modern dari brand asal Inggris yang dirakit di Thailand ini? Berikan komentarmu pada kolom di bagian bawah.

Read Prev:
Read Next: