Inilah Sosok Haval F7, SUV Bongsor Yang Eksentrik!

by  in  Berita & Great Wall & International
Inilah Sosok Haval F7, SUV Bongsor Yang Eksentrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama merk Haval adalah sebuah nama yang sebenarnya akan asing bagi telinga sebagian besar orang Indonesia, kecuali para pecinta otomotif dan juga warga Batam. Kok bisa? Ya karena mobil Haval sudah banyak dijual di diler – diler di Batam, namun tak dijual secara resmi karena memang belum ada APM-nya di Indonesia. Nah, sebelumnya kami sudah melakukan first impression review pada Haval H1 yang dijual di Batam, kini ada sebuah Haval baru lagi yang memunculkan dirinya di China, namun kini bukan sebagai sebuah SUV yang kompak melainkan sebuah SUV yang dimensinya Bongsor. Inilah Haval F7 yang akan segera diperkenalkan di China, cekidot.     

Jadi, Haval F7 ini adalah sebuah versi produksi dari Haval HB-02 Concept yang muncul di Beijing Auto Show 2016 silam. Nah, saat ini pihak Great Wall Motor yang merupakan Induk dari Haval sendiri sudah memproduksi Haval F7 ini, dan sesuai dengan namanya, Haval F7 akan masuk dalam keluarga F Series yang merupakan jajaran SUV terbaru dari Haval, seperti Haval F5 yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Seperti biasa, kita akan bahas terlebih dahulu urusan desain eksterior dan interior dari mobil ini. Dari sisi depan, terlihat jikalau Haval F7 menggunakan grille heksagonal seperti versi konsepnya, sedangkan lampu depannya masih cukup mirip dengan versi konsep, menyipit dan memanjang secara horisontal yang mengingatkan kami pada lampu – lamu dengan desain keen look dari Toyota. Untuk bumper depannya terlihat mengotak dengan lampu kabut di sisi terluar bumper depan dan sebuah skidplate yang mengesankan SUV ini berotot.

Pindah ke sisi samping, mobil ini sebenarnya bukanlah mobil yang bisa dibilang enak dipandang dari sisi ini. Bentuk depannya yang cenderung tegas dan serba lancip terasa kurang sinkron dengan buritan yang membulat. Namun, patut kami apresiasi karena velg yang digunakan oleh Haval F7 ini terlihat pas dan tak seperti mobil China pada umumnya yang terasa kurang besar 1 ukuran. Sedangkan sisi belakangnya sendiri masih khas mobil China dengan bentuk yang terlihat ramai pada bumper dengan aksen yang berotot dan juga lampu sipit yang dihubungkan oleh sebuah garnish krom. Oiya, ada aksen dual exhaust di sisi belakang, yang kami curiga palsu. Cukup dengan eksteriornya, bagaimana dengan interiornya? Interior mobil ini banyak menghadirkan kesan modern, dimana balutan warna gelap menghadirkan kesan modern dan macho. Layar di sisi tengah mobil ini bentuknya agak condong ke sisi driver, mengikuti bentuk dashboard-nya.

Yap, dashboard dari mobil ini terkesan driver oriented dengan bentuk konsol tengah dan sistem infotainment yang lebih condong ke arah pengemudi. Setir yang digunakan juga terlihat sporty dengan model flat bottom dan panel instrumennya tergolong canggih dengan layar full digital, kaya Audi. Kursi yang digunakan oleh Haval F7 ini juga tergolong keren secara bentuk, dan mobil ini juga sudah memiliki atap panoramic. Lalu bagaimana fitur yang ditawarkan? Haval F7 menawarkan fitur seperti voice recognition, car networking, car phone interconnection, 6 airbags, front collision warning, blind spot monitoring dan beberapa fitur lainnya. Untuk mesin, Haval F7 menggunakan dua opsi mesin yaitu mesin 1.500cc Turbo dan mesin 2.000cc GDIT yang masing – masing akan dilengkapi dengan opsi transmisi otomatis 7 percepatan yang sudah menggunakan teknologi dual clutch transmission alias DCT, ajib kan.

Nah, Haval F7 sendiri akan diperkenalkan pada tanggal 28 Agustus 2018 mendatang, alias besok. Namun, mobil ini tak akan langsung dijual, karena pihak Haval baru akan menjual mobil ini pada bulan Oktober 2018 mendatang. Yang menarik, kira – kira berapa harga dari Haval F7 ini? Perkiraannya Haval F7 akan dijual sedikit lebih mahal dari Haval H6 yang dibanderol di angka 250 jutaan, artinya, perkiraanya harganya ada di angka 270-an juta hingga 350 jutaan Rupiah. Sayang merk mobil ini tak ada di tanah air. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber Gambar : China Car Forum

Read Prev:
Read Next: