Ini Dia 7 Hatchback Terlaris di Indonesia pada Tahun 2014

by  in Berita&Honda&Kia
Ini Dia 7 Hatchback Terlaris di Indonesia pada Tahun 2014
0  komentar
Top-7-Hatchback-terlaku-di-Indonesia

AutonetMagz.com –Tahun 2014 adalah tahun yang ramai untuk Indonesia, sebab di tahun inilah kita mengalami pemilu, kenaikan harga BBM dan kejadian-kejadian lainnya. Meski begitu, pasar otomotif Indonesia terus berkembang dibanding tahun 2013, dan segmen subcompact hatchback yang punya penggemar tersendiri mencatat angka penjualan yang baik berkat kehadiran 2 model baru dari pemain lama seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Jadi, siapa saja jawara penjualan subcompact hatchback di tahun 2014? Ini dia top 7 subcompact hatchback favorit tahun lalu (kategori mesin 1.200-1.500 cc, tidak termasuk LCGC)

1. Honda Jazz

Meski Honda Jazz baru saja mengalami full model change di tahun 2014, itu tak menghalanginya untuk langsung menjadi penghuni podium pertama di penjualan subcompact hatchback dengan 22.329 unit terjual (14.323 unit diantaranya adalah All-New Honda Jazz).

2014 Honda Jazz Indonesia

Seperti kita tahu, Honda Jazz selalu menjadi pemimpin di kelas ini meski harus berhadapan dengan musuh bebuyutannya, Toyota Yaris. Akan tetapi, berkat image Honda yang kuat, model baru, kabin yang lapang dan fitur-fitur baru, Jazz tetap jadi yang teratas di tahun 2014.

2. Toyota Yaris

Dengan munculnya All-New Toyota Yaris di awal tahun 2014, Yaris mengalami pembenahan di sektor tampilan yang lebih sporty, handling lebih baik dan interior yang lebih lega untuk menggempur rivalnya, Honda Jazz.

Toyota Yaris 2014 TRD Sportivo

Dengan 17.774 unit yang telah berhasil terjual, masih ada selisih angka 5.000 unit dibawah penjualan Honda Jazz. Yah, sepertinya Toyota harus kerja keras untuk mengejar ketertinggalan ini.

3. Honda Brio

Ah, sepertinya perseteruan Honda dan Toyota sedang tinggi-tingginya di tahun ini, karena Honda Brio 1.200 cc non LCGC bisa masuk ke posisi ketiga dengan total unit terjual 11.740 unit di 2014 (di luar Brio Satya dan Brio Sports).

brio-01

Dengan harga yang terjangkau dan karakter fun to drive khas Honda yang dimiliki Brio, ia telah berhasil memikat hati pencinta hatchback di Indonesia meski kabinnya bukan yang terluas di kelasnya.

4. Toyota Etios Valco

Ini dia bukti kalau persaingan Honda dan Toyota lagi panas-panasnya tahun 2014 kemarin. Setelah Yaris dilibas penjualannya oleh Jazz, sekarang Etios Valco disalip lagi oleh Brio. Meskipun hanya punya pilihan transmisi manual, Etios Valco masih mampu meraih angka penjualan 10.041 unit di tahun 2014.

Warna-baru-Toyota-Etios-Valco-facelift-2015

Desainnya yang dinilai kurang modern bagi sebagian orang nyatanya tak begitu mempengaruhi penjualannya. Ini adalah salah satu bukti kalau image Toyota masih kuat di benak masyarakat Indonesia, di samping kenyamanan dan kelegaan kabin yang dimiliki Etios Valco.

5. Mitsubishi Mirage

Jujur saja, kami tak menyangka kalau Mitsubishi Mirage akan menghuni posisi kelima hatchback terlaris di Indonesia. Dengan hasil penjualan 5.373 unit di tahun 2014, Mirage berhasil duduk di atas posisi penjualan Nissan March yang hanya laku 4.316 unit.

Mitsubishi Mirage Facelift 2015 Indonesia Merah

Sepertinya berkat paduan komplit dari performa, efisiensi BBM dan jaringan dealer Mitsubishi Indonesia-lah yang sangat berperan membuat Mirage bisa mencapai posisi kelima ini.

6. Nissan March

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, Nissan March yang sudah mendapat facelift sejak tahun 2013 tak bisa berbuat banyak untuk membendung penjualan Mirage. Nissan March berkapasitas 1.200 cc hanya laku 4.316 unit di tahun lalu.

Nissan-March-Facelift-2015

Cukup mengherankan, mengingat di tahun 2013 March bisa terjual 7.632 unit. Rasanya sekarang adalah waktu yang pas untuk Nissan memberikan major facelift seperti Nissan March special edition di Thailand.

7. KIA Rio

KIA Rio ini bak air tenang yang menghanyutkan, karena KIA Rio tampil lebih kalem dibanding pesaingnya. Namun faktanya, berkat desain ala Eropa dan kenyamanan suspensi khas mobil KIA modern bisa membuai konsumen hatchback Indonesia dan membukukan angka penjualan sebesar 3.586 unit sepanjang tahun 2014.

Wallpaper Gambar 2015 Kia Rio Facelift

Rio lebih laku daripada saudara kecilnya, KIA Picanto yang terjual 3.335 unit dan KIA Morning yang laku 381 unit. Agar bisa mempertahankan performa penjualan Rio, ada baiknya KIA Indonesia segera menghadirkan model KIA Rio facelift 2015.

Lalu, apa kabarnya Ford Fiesta dan Mazda 2 SkyActiv yang kami jagokan di segmen ini? Sayangnya, karena kurangnya jumlah dealer, rentang harga yang kurang luas dan brand image yang tak sebaik merek lain yang lebih kuat di Indonesia, Ford Fiesta dan Mazda 2 hanya berhasil terjual sebanyak 3.001 unit dan 2.814 unit di tahun 2014. Sepertinya Ford dan Mazda harus kerja keras di tahun 2015 ini untuk memperbaiki hasil tersebut.

Bagaimana hasil penjualan mobil di segmen lainnya? Stay tune terus di AutonetMagz untuk laporan mobil terlaris berikutnya!

Read Prev:
Read Next: