Ini Dia 7 Hatchback Terlaris di Indonesia pada Tahun 2014

by  in Berita&Honda&Kia
Ini Dia 7 Hatchback Terlaris di Indonesia pada Tahun 2014
0  komentar
Top-7-Hatchback-terlaku-di-Indonesia

AutonetMagz.com –Tahun 2014 adalah tahun yang ramai untuk Indonesia, sebab di tahun inilah kita mengalami pemilu, kenaikan harga BBM dan kejadian-kejadian lainnya. Meski begitu, pasar otomotif Indonesia terus berkembang dibanding tahun 2013, dan segmen subcompact hatchback yang punya penggemar tersendiri mencatat angka penjualan yang baik berkat kehadiran 2 model baru dari pemain lama seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Jadi, siapa saja jawara penjualan subcompact hatchback di tahun 2014? Ini dia top 7 subcompact hatchback favorit tahun lalu (kategori mesin 1.200-1.500 cc, tidak termasuk LCGC)

1. Honda Jazz

Meski Honda Jazz baru saja mengalami full model change di tahun 2014, itu tak menghalanginya untuk langsung menjadi penghuni podium pertama di penjualan subcompact hatchback dengan 22.329 unit terjual (14.323 unit diantaranya adalah All-New Honda Jazz).

2014 Honda Jazz Indonesia

Seperti kita tahu, Honda Jazz selalu menjadi pemimpin di kelas ini meski harus berhadapan dengan musuh bebuyutannya, Toyota Yaris. Akan tetapi, berkat image Honda yang kuat, model baru, kabin yang lapang dan fitur-fitur baru, Jazz tetap jadi yang teratas di tahun 2014.

2. Toyota Yaris

Dengan munculnya All-New Toyota Yaris di awal tahun 2014, Yaris mengalami pembenahan di sektor tampilan yang lebih sporty, handling lebih baik dan interior yang lebih lega untuk menggempur rivalnya, Honda Jazz.

Toyota Yaris 2014 TRD Sportivo

Dengan 17.774 unit yang telah berhasil terjual, masih ada selisih angka 5.000 unit dibawah penjualan Honda Jazz. Yah, sepertinya Toyota harus kerja keras untuk mengejar ketertinggalan ini.

3. Honda Brio

Ah, sepertinya perseteruan Honda dan Toyota sedang tinggi-tingginya di tahun ini, karena Honda Brio 1.200 cc non LCGC bisa masuk ke posisi ketiga dengan total unit terjual 11.740 unit di 2014 (di luar Brio Satya dan Brio Sports).

brio-01

Dengan harga yang terjangkau dan karakter fun to drive khas Honda yang dimiliki Brio, ia telah berhasil memikat hati pencinta hatchback di Indonesia meski kabinnya bukan yang terluas di kelasnya.

4. Toyota Etios Valco

Ini dia bukti kalau persaingan Honda dan Toyota lagi panas-panasnya tahun 2014 kemarin. Setelah Yaris dilibas penjualannya oleh Jazz, sekarang Etios Valco disalip lagi oleh Brio. Meskipun hanya punya pilihan transmisi manual, Etios Valco masih mampu meraih angka penjualan 10.041 unit di tahun 2014.

Warna-baru-Toyota-Etios-Valco-facelift-2015

Desainnya yang dinilai kurang modern bagi sebagian orang nyatanya tak begitu mempengaruhi penjualannya. Ini adalah salah satu bukti kalau image Toyota masih kuat di benak masyarakat Indonesia, di samping kenyamanan dan kelegaan kabin yang dimiliki Etios Valco.

5. Mitsubishi Mirage

Jujur saja, kami tak menyangka kalau Mitsubishi Mirage akan menghuni posisi kelima hatchback terlaris di Indonesia. Dengan hasil penjualan 5.373 unit di tahun 2014, Mirage berhasil duduk di atas posisi penjualan Nissan March yang hanya laku 4.316 unit.

Mitsubishi Mirage Facelift 2015 Indonesia Merah

Sepertinya berkat paduan komplit dari performa, efisiensi BBM dan jaringan dealer Mitsubishi Indonesia-lah yang sangat berperan membuat Mirage bisa mencapai posisi kelima ini.

6. Nissan March

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, Nissan March yang sudah mendapat facelift sejak tahun 2013 tak bisa berbuat banyak untuk membendung penjualan Mirage. Nissan March berkapasitas 1.200 cc hanya laku 4.316 unit di tahun lalu.

Nissan-March-Facelift-2015

Cukup mengherankan, mengingat di tahun 2013 March bisa terjual 7.632 unit. Rasanya sekarang adalah waktu yang pas untuk Nissan memberikan major facelift seperti Nissan March special edition di Thailand.

7. KIA Rio

KIA Rio ini bak air tenang yang menghanyutkan, karena KIA Rio tampil lebih kalem dibanding pesaingnya. Namun faktanya, berkat desain ala Eropa dan kenyamanan suspensi khas mobil KIA modern bisa membuai konsumen hatchback Indonesia dan membukukan angka penjualan sebesar 3.586 unit sepanjang tahun 2014.

Wallpaper Gambar 2015 Kia Rio Facelift

Rio lebih laku daripada saudara kecilnya, KIA Picanto yang terjual 3.335 unit dan KIA Morning yang laku 381 unit. Agar bisa mempertahankan performa penjualan Rio, ada baiknya KIA Indonesia segera menghadirkan model KIA Rio facelift 2015.

Lalu, apa kabarnya Ford Fiesta dan Mazda 2 SkyActiv yang kami jagokan di segmen ini? Sayangnya, karena kurangnya jumlah dealer, rentang harga yang kurang luas dan brand image yang tak sebaik merek lain yang lebih kuat di Indonesia, Ford Fiesta dan Mazda 2 hanya berhasil terjual sebanyak 3.001 unit dan 2.814 unit di tahun 2014. Sepertinya Ford dan Mazda harus kerja keras di tahun 2015 ini untuk memperbaiki hasil tersebut.

Bagaimana hasil penjualan mobil di segmen lainnya? Stay tune terus di AutonetMagz untuk laporan mobil terlaris berikutnya!

Read Prev:
Read Next:
  • Noted tambahan untuk nissan march di 2014 adalah sedikitnya stock unit 1200 cc yg ada unit 1500 cc di harga 190jt.. Saya kebetulan spk di bulan november 2014 tp batal karena terbatasnya unit 1200 cc..

  • kyknya di indo tuh image produk sm resale value diatas segala2nya…

    • Rafi M.P

      Iya nih, karena efek invasi produk Jepang sejak 1974 -_-

    • Hendro

      Andai saja mereke ( Mazda & ford ) lebih bersungguh2 membangun bisnisnya di Indonesia pasti bikin gerah Toyota sama Honda. Coba mereka (Mazda & Ford) mau mencontoh Toyota & Honda, dengan jaringan dealer yg lebih merata dibeberapa daerah, serta pabrik di Indonesia. Hal tersebut udah dicontoh sama yamaha dengan motor sport seri R-nya yg mampu mengalahkan CBR-nya honda..

  • Selain brand dan image, reliability jga sangat berpengaruh. Buat apa punya mobil yg kaya fitur dan modern kalo dipake 2 tahun uda rewel? Uda gtu servis dan sparepart susa

    • CCFFW

      Betul betul betul 😀

  • masa sih etios yg desainnya jelek bgt masuk di 7 HB terlaris,saya gak percaya

    • ap88

      guess,Rio masuk di 7 hb terlaris,andalan gue di 7hb terlaris cuma Yaris dan Rio

  • gile gw heran.. kok swift ga masuk 7 besar ya? pdhl tuh mobil oke punya loh

    tepuk tangan deh gw buat mirage.. semoga mitsubishi maju terus

    • Swift 3.390 unit tahun 2014, beda tipis sm kia rio

  • albiansyahh

    yaampun! meskipun minim fitur untuk Honda Jazz dan Toyota Yaris, saya masih merasa maklum kenapa mereka berdua laris dipasaran. Selain karena sudah menjadi hatchback legendaris di Indonesia, tampilan keduanya memang gak malu maluin. Yang cukup menherankan adalah larisnya Toyota Etios, okelah brandnya Toyota, tapi masa iya selera masyarakat Indonesia masih terpaku pada model yang menurut saya sangat konvensional dan jauh dari kesan konvensional. Ayolahh moveon!

    • reihan rachman

      jauh dari kesan modern maksudnya ya bro?

    • Sagita

      Ternyata bukan hanya saya saja yang merasa aneh dengan Toyota Etios bisa menempati posisi ke 4. Padahal teman saya yang kerja di astra toyota pernah bilang sendiri klo etios produk tidak laku, bahkan sampai di obral jauh di bawah harga dealer resmi tetapi khusus untuk karyawan astra asal mau perjanjian ikatan dinas selama 5 tahun ke depan.

      Dari desain saja terlihat jika toyota etios itu tidak modern untuk desain mobil jaman sekarang. saya berharap toyota etios cepat di stop penjualnya di indonesia untuk di ganti dengan toyota aygo. meski aygo terhitung kecil dimensinya tetapi klo di jual dengan posisi di atas agya dengan fitur modern berlimpah bisa jadi keunggulan tersendiri di kelasnya nanti. atau mau naikin level di atasnya jadi kelas MPV 2 baris, sekalian aja jual Toyota Verso-S.

      tapi saya ragu toyota indonesia akan setuju dengan ide saya, hehehe…. btw saya bukan sales merk sebelah ya.. saya sendiri pakai mobil toyota kok.

    • bobbylabonte

      Gak usah heran etios laku. Gua kasih tau rahasianya:
      kabin luas diskon gede banget.. Ga percaya? Cek ke dealer toyota.
      Ente mau order agya bisa2 jd order etios wkwkwk

      • Borghjhoe

        masa sih?

  • Iya ya padahal Swift menurut ane hatchback paling worth to buy. Ibaratnya you get what you paidnya tuh sebanding, even lebih dari yg dibayarkan

  • ironic

    asik lah mobil ane gak pasaran :))

  • Review kia rio min!

  • Seriusan suzuki swift ga masuk? Menurut ane itu hatchback harganya udah paling value for money banget, apalagi dibanding yaris G yang menurut ane overprice pdhl fiturnya ga beda jauh (abaikan swift sport)

    • bobbylabonte

      Swift kabin sempit Diskon juga pelit Bos..
      Org indo itu seneng mobil mahal, lega, diskon gede. buat ngurangin DP.
      liat aja yaris jazz overprice tp baru launching udah diskon besar.. Masa pada gak nyadar?
      Suzuki aja yg salah strategi Harga murah tp diskon pelit.
      org mending beli mobil overprice tp diskon gede. Wong DP nya sama saja, tapi gengsi keangkat boss, urusan cicilan sama kualitas mobil urusan belakangan Wkwkwk

    • m15a

      Jiakakak, bener juga sih… Tapi kyknya kalo urusan diskon diskonan sih gimana dealernya deh, tiap dealer mungkin punya program diskon yg beda, contoh ane taun 2008 ambil swift GT2 CKD yang harganya masih dibawah 175 jutaan (wkt itu dollar belum semahal sekarang hehe), salesnya nawarin diskon gede (ngabisin stok akhir tahun) sama gratis kaca film solar gard, jadilah ane ambil tuh swift 165 jt… Mungkin klo skrg 165 jutaan dapetnya brio sports ye :p

    • Bruud

      Pernah sekali naek Swift men. dalam kabin rasane gemlodak. temen gue tk tnya km modif apa aja ko sampe gni rasae? katae ini masih ori men. walah mobil standard ko rasae kayak naek andong. lebih parah dari naek katana.

      • m15a

        Swift itu driver oriented bro. Kaki2nya dibuat sekeras mungkin biar handlingnya anti limbung, dan ane coba sendiri, yang namanya limbung hampir kagak ada. Apalagi Swift Sport atau Swift GT yang dapet kaki2 special tuned by Bosch, lebih keras lagi. Alhasil tuh handlingnya nomor wahid, ga ada HB lain yang handlingnya sebaik Swift :v

      • tim

        Kalo naik swift jgn dusuk dibelakang.. jamin ga enak.. tapi kalo duduk di bangku pengemudi.. jazz aja kalah bro! Jazz baru kan jadi mobilnya JKT48, ya maklumlah jadi empuk suspensinya skrg hehe

        • Borghjhoe

          tau tuh masa pake JKT48, jadi imagenya lebih mobil cewe..padahal penggemar JKT48 kan alayers kebanyakan, JKT48 cocoknya model iklan Brio

  • rizki

    …karena KIA Rio tampil lebih rendah diri dibanding pesaingnya….

    Rendah diri atau rendah hati? kalo rendah diri itu minder, mungkin maksudnya rendah hati (modest) CMIIW

  • Fz_8

    yess mirage masuk, demen bgt ama ni mbl. cb liat review2 mirage,….

    • bobbylabonte

      Mirage emang mantep. Terutama transmisi CVT nya bertenaga, CVT nya mirage ini kaya kuda liar, ngisi terus tenaganya.
      Bahkan menurut ane CVT nya Jazz pun kalah sama CVT nya mirage.
      jadi kalo mau ambil CVT prefer mitsubishi. silahkan di buktikan sendiri

  • Hillarius Satrio

    Halo semuanya, ini semua penjualan berdasarkan data Gaikindo, dan yang heran kenapa swift ga masuk, ya sorry to say, dia masih kalah tipiiiiiisss sama kia rio dalam hal penjualan.

    lalu soal penggunaan kata “rendah diri” di tulisan kia rionya, makasih banyak udah ngingetin, sekarang saya ganti jadi lebih cocok dikit

  • akm

    sbnrnya etios emng bner mnang nama doang soal dsain y biasa2 aj tp y nggk jelek2 amt sprti yg orng bilang, ko orng indo mau y beli mbl kyk begituan!!!!

  • Lutfi

    iya etios itu lega torsix juga lumayan gede di rpm rendah jdx irit.. etios banyak tuh di kota padang (dl sempat ksana 3blnana)

    tp knp hyundai grand avega kalah sama rio ya.. pdhl menurut saya lbh fun 2 drive hyundai..

    kl swift emang murah sih tp sayang kurang nyaman n agak sempit.. kurang nyamanx di shock ama kursix terlalu keras imho

    • ap88

      masih lebih fun to drive Rio(terutama yg manual krn 6 speed) saya sdh pernah test drive dan waktu saya tanya teman saya yg sales kia dia bilangnya Rio manual lebih laku dari yg matic krn manual 6 speednya itu dan ditambah harganya lebih murah dari rivalnya yg lain

  • CCFFW

    Kalo di indonesia itu, resale value sama brand image udah paling top dah. Gw bingung kok mereka2 pada masih bisa dibodohi sih? Heran gw 🙁

    Etios?! Really?! Gak percaya gue, desain nya kagak jaman bgt duh

    • Borghjhoe

      ya itulah mobil overpriced banyak sunatan fitur..cuma gara2 image dan dan merk, kaya motor china di kasih sticker honda langsung laku..

  • aigo

    etios kebanyakan laku di kota2 luar jawa. kalau di jawa jarang banget liat etios di jalanan. coba ada etios yang matic. pasti lebih laku lagi.

  • Vans

    apalagi di daerah ane gan, tau nya toyota avanza atau xenia aja, tambahan satu inova, sama merk lain gak kenal dia. wkwkwk sperti ford atau mazda yg jauh lebih mewah dan teknologi nya dibanding bradet tsbt

  • Kim Jong Un

    Wuanjrit… etios bisa masuk peringkat 4 ? Sulit di percaya, populasi versi taksi dari etios saja masih kalah dari vios (limo). Atau jangan-jangan jumlah 10.041 unit di tahun 2014 itu termasuk etios versi sedan.

  • ootd

    “Lalu, apa kabarnya Ford Fiesta dan Mazda 2 SkyActiv yang kami jagokan di segmen ini?” Tampaknya penulis dibayar buat ngejagoin 2 mobil ini yang overprice dan lebay. Tolong dong kalo bikin review jangan ada yang diejek ataupun lebih dibanggain. Bagus bilang bagus, jelek bilang jelek.

    • gaps

      Saya rasa autonetmagz bilang bgtu berdasarkan realita. Kl secara overall saya ngliat emg Ford dan Mazda lebih unggul hampir di segala sisi dibanding Honda atau Toyota (Jazz-Yaris). Kl mau coba liat majalah sebelah yg jdiin Jazz jd raja di kelas compact hatchback. Bahkan Ford pun ga ada masuk nominasi buat kategori ini. Padahal seperti yg saya bilang td,Fiesta even dibanding sm Jazz baru masih lebih unggul Fiesta. Kecuali akomodasi dan brand yg kl disini masih jd titik berat konsumen sini

    • Dicky

      uda pernah TD Mazda skyactive bro?

      coba dlu deh baru komen, apa yg dideskripsikan mazda/ford emang sesuai kok…ga ada yg berlebihan mnrt gw..

      • gaps

        Iya menurut saya itu ga berlebihan. Justru itu buat gambaran kl produk terlaris itu bukan berarti yg terbaik di kelasnya. Sekaligus ngasih knowledge juga ke pembaca kl memilih produk jangan cm liat merk tp overall sebuah produk itu sendiri. Mungkin itu juga yg bikin jumlah dealer merk selain H atau T ga sbanyak kedua merk itu. Entah karna alesan line-up produknya ga sbanyak H dan T,atau vendor2 itu pd “males” karna budaya orang sini yg “percuma punya produk bagus tp orang ga nglirik cm karna merknya bukan H atau T” (mungkin ya)

    • Maharani

      Lebay n**smu. Bener aja lu bisa dibodohi sama brand T dan H, alay kampung lu!

    • test

      Lucu liat komen lu, coba jelasin dari mananya fiesta sama mazda 2 itu overprice? Wkwk asal jeplak aja

  • alex

    Kebetulan ane pengguna yaris nih. Kenapa swift gak masuk jajaran mobil terlaris. Padahal secara kasat mata sangat memungkinkan jadi mobil laris. Jadi gini gan, dulu gua juga mau ambil swift nih karena nih mobil murah dan brand cukup bagus. Tapi setelah ke dealernya kok salesnya ogah ogahan. Dikira ngeliat liat mobil aja kali. Padahal mah mau belii. Kecewa gan, di sepelein masa dikira gak ada duit. Yaudahh ane pergi ke dealer toyota disana aja disambut baik sama salesnyaa ckckck. Gituuu gannn. Btw gua udah dikecewain 2 kali sama suzuki masalah sales yang meremehkan calon customer waktu itu mau beli escudo dan swift. Suzuki perbaiki layanan dehh

    • bobbylabonte

      Kalo mau beli suzuki jgn ke dealer. Ke pameran aja, salesnya lebih ramah. Diskon jg lbh gede. Kalo sales konter di diler emg gitu soalnya rata2 udah kecapai target Jd ogah2an

      • Dicky

        mending ke manager marketingnya lsg bro, gw males berurusan sama sales, suka Hit and Run..

  • tim

    Walopun ga laku gua sih ttp prefer mazda 2… swift gw jg demen, handlingnya keren sama hrgnya broo.. murah benerr! Kalo dikasi pilihan 7 mobil diatas, gw pasti ngambil mirage, walopun kecil tapi CVTnya tokcer punya, ga kaya CVT hatchback yg nomor 1 itu tuh.. sebenernya ada 1 lagi yg terlupakan.. chevy aveo! Secara harga ga beda jauh sama swift, fitur pun oke… maticnya 6-speed pake mode manual.. cuma ya brand jepang aja masih galaku apalagi brand amerika? Pabrikan macam mazda dan ford bknnya ga mau ekspansi ke daerah”, cuma giliran mereka ud buka, yg beli dikit, karrna org masih berpikiran negatif selain mobil merek H&T.. itu pemikiran gua aja sih, gatau bener apa ngga..

    • ap88

      bung tim gak suka brand korea yah? Rio juga bagus malahan saya lebih suka Rio daripada mirage, Mirage limbung banget utk sebuah hb

      • Dicky

        setuju..Rio juga oke kok..

        cuman sayang, KIA harus beresin interior tuh terutama dashboad,…

      • tim

        Rio beda kelas gan sama mirage.. mirage kelasnya brio, kalo rio kelasnya swift

        korea bukannya jelèk, cuma kalo dilihat fiturnya sunatannya udh nyaingin honda sama toyota gan, pdhl mereka baru mau bangun brand disini, hrsnya kasih fitur lengkap kaya mazda dan ford spy dilirik orang.. dan saya masih ragu akan ketahanan komponen produk korea, karena kebanyakann skrg produk mereka dikembangkan di eropa, dan secara kontur jalan dan iklim berbeda jauh dgn disini.. saya pernah test drive kia sorento diesel dan memang tenaga mesinnya ajib bener, cuma kaki”nya kayanya udh lemah, gatau rasanya kok gaenak aja bawanya, sama tenaga mesin segede itu ga ada traction controlnya saya serem ana digas dikit bisa nyundul mobil depannya.. kalo saya tinggal di eropa, saya pasti akan memilih produk korea, tapi selama saya masih tinggal disini, produk jepang sptnya msih menjadi pilihan yg paling reasonable bwt saya

    • wowkeren

      Bener banget! CVTnya mirage emang top dah. Mirage CVT 0-100 km/jam cuma beda tipis sama picanto AT. Pastilah mirage lebih irit. Cuma kalo design gausah ditanya hehe

  • Borghjhoe

    wah padahal All New Mazda 2 built qualitynya lebih bagus dari Jazz

  • CMIIW108

    Sya suka sama ulasan yang ini, salut juga buat kia Rio dan Mirage bs masuk 7 besar, walau tak sepopuler HB yg lain, namun secara kualitas sudah OK dan mampu mengakomodir kemauan dan kebutuhan konsumen HB di Indonesia, n Kia Rio ulasan dan testimoni nya jg sudah lumayan lho, n sya pernah test drive punya temen, diluar dugaan untuk merk korea dan harga saat 2014, cukup pantas lah dr segi harga, enak dipake dan enak juga diliat.
    Tapi yang aneh Etios bs di Posisi 4, serba minim dan modelnya sederhana (selera sih..), cb etios bs di perbaharui dr segi modelnya,, serta mesin dan transmisi bs gandeng Sirion, jadikan Prod Cost nya tdk terlalu besar ketimbang riset2 lagi.

  • aiueo

    Najis banget ini etios hahaha