Ini 7 Teknik Berkendara Eco Driving Mitsubishi Mirage ECO Fun Drive II

by  in Mitsubishi&Nasional&Serba 7
Ini 7 Teknik Berkendara Eco Driving Mitsubishi Mirage ECO Fun Drive II
0  komentar

Tips teknik nyetir berkendara hemat BBM ala Mitsubishi Mirage ECO Fun DrivePalembang, AutonetMagz – Selain kendaraan yang hemat bahan bakar, tentunya pengemudi juga harus dibekali dengan teknik mengemudi yang baik agar mengurangi konsumsi bahan bakar saat mengemudi, karena kedua hal tersebut adalah hal yang tidak bisa dipisahkan untuk mendapatkan hasil konsumsi BBM yang baik.

Sebelum mengikuti Mitsubishi Mirage Eco Fun Drive II di Palembang, peserta mendapatkan materi cara mengemudi Eco Driving agar mereka yang mengikuti kompetisi tersebut memiliki pengetahuan yang sama dan sama-sama berpeluang untuk menjadi juara dalam Eco Fun Drive ini. Nah yuk kita simak bagaimana cara menyetir Eco Driving di dalam kota ala Mitsubishi.

Pencatatan perolehan adu irit BBM Mitsubishi Mirage1. Kondisi Mental
Sebelum kita berkendara ala Eco Driving, kita harus dapat mengendalikan emosi kita terlebih dahulu, mengemudilah dengan emosi yang stabil, karena emosi dapat mempengaruhi sikap mengemudi anda.

Saat menyetir usahakan tidak dalam keadaan terlalu gembira, sedih atau marah. Usahaan untuk mendengarkan musik yang memiliki irama tenang, menghindari rute yang macet dengan mengambil jalan lain dan tidak mudah terpancing dengan keadaan lalu lintas, jika terpancing segera pikirkanlah resikonya.

2. Teknik Berakselerasi
Dalam melakukan akselerasi dengan menekan pedal gas, usahakan untuk selalu menekan pedal gas secara halus, jangan menyentak atau menginjak gas terlalu cepat dan dalam. Sesuaikan gigi transmisi dengan kecepatan kendaraan dan melajulah secara konstan.

Jika dari keadaan diam, start perlahan lahan dengan target 5 detik hingga 20 Km/jam untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika anda ingin menyusul kendaraan, injak pedal gas 505 lebih cepat dan segera lepaskan ketika mobil lain sudah tersusul dan jaga kecepatan mobil kembali normal dengan pemilihan gigi yang tepat.

Mitsubishi Mirage Eco Fun Drive Palembang

3. Teknik Memindahkan Gigi
Karena Mitsubishi Mirage memiliki mesin 3 silinder yang memiliki torsi besar di putaran bawah, maka di mobil ini kita bisa melakukan perpindahan gigi di rentang putaran mesin 1.500 hingga 2.000 tanpa harus merasa mobil underpowered. Seperti halnya berakselerasi, lakukanlah perpindahan gigi dengan halus mulai dari menginjak dan melepas pedal kopling dan memindahkan gigi dengan cepat. untuk pengendara mobil manual, jangan pernah menggantungkan kaki kiri di pedal kopling selama mengemudi.

4.Teknik Pengereman
Ternyata teknik pengereman juga sangat berpengaruh dalam konsumsi bahan bakar kendaraan, usahakan untuk melakukan pengereman selembut mungkin dan lakukanlah Progressive Braking, yaitu mengerem dari jauh dengan perlahan seperti hendak mengurangi kecepatan kendaraan. Selalu hindari kemungkinan terjadinya pengereman mendadak.

Lomba adu irit BBM Mitsubishi Mirage EcoFun Drive II Palembang5. Teknik Menjaga Kecepatan
Dalam mengemudi Eco Driving, kita dituntut untuk mengemudi dengan kecepatan konstan, usahakan untuk menggunakan gigi tertinggi yang dapat dimungkinkan dengan kecepatan mobil anda. Semakin rendah RPm dan semakin tinggi kecepatan anda maka semakin baik pula hasil konsumsi BBM yang bisa anda dapatkan. Sering-seringlah melepas pedal gas di jalan lurus dan menurun agar putaran mesin berkurang, injak pedal gas perlahan untuk menjaga kecepatan konstan.

6.Teknik Menanjak
Jalan menanjak adalah salah satu musuh dari Eco Driving selain kemacetan, namun karena Mitsubishi Mirage yang sangat baik di putaran rendah, kita masih dapat menggunakan mobil ini untuk menanjak dengan hemat bahan bakar. Sebelum menanjak usahakan anda dapat memperkirakan sudut kemiringan tanjakan dan menyesuaikan posisi gigi transmisi dengan tanjakan yang sudah anda perkirakan. Usahakan putaran mesin tidak lebih dari 2.500 Rpm, jika RPm semakin rendah, pindahkan ke gigi yang lebih rendah lagi.

Untuk varian transmisi Automatic CVT, kita dapat memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi S agar mobil melakukan perpindahan gigi di RPm yang lebih tinggi. Setelah keluar dari medan tanjakan, segeralah kembalikan ke posisi D.

Head unit Mitsubishi Mirage 20147. Sesuaikan suhu AC
Penggunaan AC juga mempengaruhi beban kinerja mesin yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih boros, usahakan untuk tidak mengatur suhu kabin terlalu rendah karena akan menambah beban kompresor AC. Gunakan fitur AC Auto yang terdapat di Mitsubishi Mirage agar kinerja AC dapat disesuaikan dengan temperatur ideal yang anda pilih.

Nah itulah teknik Eco Driving Mitsubishi Mirage di Eco Fun Drive II, tidak heran kan smart city car ini bisa meraih konsumsi bahan bakar hingga 23 kilometer per liter di dalam kota jika pengemudinya juga smart?

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • ひるぜん

    Excellent Technique!

  • Soleh OCB

    Jika tehnik tersebut Sudah dicoba tetapi masih dirasa masih kurang irit alias sedikit boros, apakah Hal tersebut terjadi karena mobilnya yg memang boros?

  • dazumba

    itu dalem kota ya, gimana kalau model ngetesnya kaya pabrikan sebelah ya yang cuma dari tol ke tol yang tinggal lurus lurus doang

  • morn

    sy rasa smua mobil dg merk apapun.. dan tahun pembuatan berapapun asal mobil terawat.. dan cara mengemudi dengan kaki kanan yang disekolahkan.. psti bisa irit bbm.. minus polusi.. krn sy sdh ckup membuktikan.. mobil yang berteknologi update maupun mobil yg dg teknologi out of date.. cuma 10-11.. beda di penampilan aj.. my car is my soul..