Hyundai Kona Facelift : Jadi Lebih Modern & Canggih!

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Kona Facelift : Jadi Lebih Modern & Canggih!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu pihak Hyundai telah menebar teaser dari Hyundai Kona versi facelift. Nah, ternyata tidak perlu waktu lama bagi pabrikan asal Korea Selatan tersebut untuk membuka tabir dari crossoverfunky mereka tersebut. Jadi, pihak Hyundai sudah memperkenalkan Hyundai Kona versi terbaru, yang mana mendapatkan update di beberapa aspek. Mari kita bahas lebih lanjut.

Eksterior Lebih Modern

Nah, ubahan pertama yang langsung kentara pada Hyundai Kona Facelift terlihat pada fascia depannya. Awalnya kami mengira aspek funky di Hyundai Kona Facelift akan berkurang dengan ubahan ini, namun ternyata anggapan kami meleset. Malahan, sisi fungky di mobil ini kini makin modern. Lampu utama Hyundai Kona Facelift masih berformat sama denga versi terdahulu, yaitu 3 tingkat. Sisi teratas adalah LED DRL yang bentuknya sipit, diikuti lampu utama di sisi bawah, dan lampu kabut di sisi terbawah. Bedanya, lampu utamanya kini tidak dibingkai aksen berwarna hitam yang menyambung ke cladding.

Kini lampu utama yang menggunakan LED model reflektor tersebut diletakkan persis di atas cladding hitam yang menyambung ke bumper depannya. Sedangkan lampu kabutnya berukuran lebih mungil. Ada aksen solver di sekitar radiator grille, dan bentuk grille di mobil ini kini lebih sleek dan terlihat mengalir. Ujung atas grille-nya juga dibuat melancip dan terdapat logo Hyundai di area tersebut. Secara umum, fascia depan Hyundai Kona Facelift kini menjadi lebih lancip, sleek, dan modern walaupun kesan Hyundainya jadi sedikit berkurang. Malahan, kami jadi ingat moncong Ford Puma saat melihat mobil ini.

Di sisi samping, shape dari body cladding dan fendernya masih sama persis, dengan side body moulding dan spion yang masih sama, serta pilar A dan atap yang diberi kesan floating roof. Velg Hyundai Kona Facelift kini dibuat lebih atraktif dengan ukuran beragam mulai 16, 17, dan 18 inci. Pindah ke sisi belakang, aspek ubahan di bagian ini juga senada dengan sisi depan. Yang terlihat berubah total adalah lampu belakang di sisi bawah. Formatnya sama seperti sisi depan, area lampu yang dahulu dikelilingi cladding kini diletakkan di atas cladding dengan detail LED yang cukup cantik berkat led bar-nya. Sedangkan lampu di sisi atas bentuknya masih sama namun detail di sisi dalam yaitu led bar-nya diubah.

Bentuk rear spoiler dengan side support-nya juga masih sama saja, pun begitu dengan area plat nomor yang hanya minus ornamen krom saja dibandingkan versi terdahulu. Bumper belakang Hyundai Kona Facelift menggunakan bentuk baru yang menyesuaikan sisi depannya. Ada aksen berwarna silver yang mendominasi sisi tengah bumper belakangnya. Oiya, kalau diperhatikan, knalpot dari Hyundai Kona Facelift ini terlihat ngumpet, persis seperti versi terdahulu. Masih ada wiper belakang dan antena yang kini menggunakan model shark fin.

Interior Lebih Canggih

Untuk interior, sekilas tidak banyak ubahan yang terdeteksi, padahal kalau kita lihat detailnya, ada banyak ubahan di versi ini. Pertama, yang paling mencolok adalah penggunaan sistem infotainment model floating yang kini jauh lebih besar dibandingkan versi terdahulu. Ukurannya mencapai 10,25 inci yang kami rasa cukup besar untuk sebuah crossover. Selain itu, rem parkir mekanikal sudah hilang dan digantikan rem parkir elektronik dengan Auto Hold.

Setir dan kontroler AC masih sama saja, pun begitu dengan bentuk kisi AC yang hanya dibedakan ornamen warna saja. Ubahan lain yang menarik hadir pada panel instrumen mobil ini. Kini Hyundai Kona Facelift menggunakan panel instrumen full digital yang ukurannya sama besarnya dengan sistem infotainmentnya yaitu 10,25 inci. Poin lain yang berubah adalah penambahan ambient light dan juga penggunaan bahan interior dengan warna baru.

Banyak Opsi Mesin & Fitur

Berikutnya kita bahas aspek spesifikasi dimana mesin dan fitur mobil ini ikut mendapatkan ubahan. Untuk mesin, Hyundai Kona Facelift ditawarkan dalam beberapa opsi. Pertama, adalah mesin 1.600cc T-GDI Smartstream bertenaga 194 hp yang dipadukan dengan transmisi 7-Speed DCT dan opsi penggerak 2 dan 4 roda. Selanjutnya ada mesin 1.600cc Smartstream Diesel dengan teknologi mild hybrid 48 volt yang bertenaga 134 ho dan dipadukan dengan transmisi intelligent manual transmission 6-speed dan penggerak 4 roda.

Mesin lain yang ditawarkan adalah mesin 1.000cc T-GDI Smartstream bertenaga 118 hp yang dipadukan dengan teknologi mild hybrid dan transmisi yang sama dengan versi diesel. Nah, varian mesin 1.000cc bensin dan 1.600cc diesel juga ada yang tak menggunakan teknologi mild hybrid, dan keduanya punya 2 opsi transmisi yaitu 7-Speed DCT dan 6-Speed Manual, dengan penggerak 4 roda sebagai opsional. Dan terakhir, tentunya masih ada varian hybrid yang menggunakan mesin 1.600cc GDI dengan motor listrik yang kombinasinya menghasilkan tenagah 138 hp dan dipadukan dengan baterai 1.56 kWh, transmisi 6-speed DCT dan pengegrak roda depan.

Oiya, Hyundia juga memberikan revisi pada suspensi Hyundai Kona Facelift, dimana mereka mengklaim aspek kenyamanan mobil ini meningkat namun tidak menghilangkan karakter sporty-nya. Ini berkat penambahan stabilizer bar di kaki – kakinya. Selain itu, sistem steering juga ikut direvisi. Untuk fitur, Hyundai Kona Facelift juga terbilang komplit. Mobil ini memiliki fitur keselamatan yang tergabung dalam paket Hyundai SmartSense Active Safety Suite (HSASS). Fitur yang ada dalam paket tersebut antara lain adalah lind-Spot Collision-Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, Smart Cruise Control with stop and go, dan Leading Vehicle Departure Alert.

Selain itu, paket HSASS juga memberikan fitur seperti Lane Following Assist, Intelligent Speed Limit Warning, Safe Exit Warning, Rear Seat Alert, dan Forward Collision-Avoidance Assist. Hyundai Kona Facelift sendiri akan mulai dipasarkan di Eropa pada akhir tahun ini. Jadi, bagaimana menurut kalian? Oiya, ada Hyundai Kona N-Line juga yang akan kami bahas di artikel lainnya.

Read Prev:
Read Next: