Honda S2000 Muncul Lagi Tahun 2024?

by  in  Berita & Honda & International
Honda S2000 Muncul Lagi Tahun 2024?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah berkali-kali rumor tentang mobil sport Honda datang dan pergi, namun acap kali rumor itu memang sebatas rumor yang ujung-ujungnya hilang bagaikan asap. Kali ini, gosip tentang kelahiran mobil sport Honda hadir lagi dan subjeknya kali ini adalah Honda S2000. Mobil sport atap terbuka Honda ini muncul pertama kali tahun 1999 dan terakhir kali diproduksi tahun 2009, dan setelah itu tidak ada generasi penerusnya.

Warta dari Forbes menyatakan bahwa seorang narasumber yang dekat dengan Honda bilang bahwa tim pemasaran Honda sedang mempertimbangkan secara serius untuk membuat Honda S2000 baru dalam 3 tahun mendatang. Karena sekarang sudah mau tahun 2021, anggaplah mobilnya siap tahun 2024. Kenapa 2024? Ada tebakan bahwa karena di tahun itu Honda akan berulang tahun ke-75, jadi momennya pas untuk membuat mobil spesial.

Terlebih, Honda sempat memamerkan Honda S2000 versi 20th Anniversary Concept di Tokyo Auto Salon awal tahun ini dan ketertarikan terhadap roadster Honda ini kembali tinggi. Honda S2000 baru yang belum ketahuan wujudnya untuk tahun 2024 ini dikabarkan akan berukuran mirip dengan yang lama. Bahan-bahan bakunya akan mempertimbangkan pemakaian aluminium dan carbon fiber supaya bobotnya bisa tetap enteng, dan target Honda adalah tidak lebih dari 1,5 ton.

Urusan mesin, Honda diklaim akan menghindari tren mesin hybrid atau full elektrik untuk Honda S2000. Sebagai gantinya, Honda akan membenamkan mesin 2.000 cc 4 silinder VTEC turbo berkode K20C1 dari Honda Civic Type R yang dimodifikasi. Jika di Civic bisa 320 hp, target Honda di S2000 adalah 350 hp. Meski mesinnya bisa dipakai, transmisi Civic Type R yang berpenggerak FWD tidak bisa dipakai ke S2000 yang RWD karena penempatan mesinnya beda posisi.

Hal ini bakal jadi PR buat Honda, mengingat per saat ini tidak ada satu pun mobil Honda yang pakai penggerak RWD, jadi mau tak mau mereka harus buat transmisi baru. Jika semua angka ini benar dan Honda S2000 baru ini sungguh terwujud, ia akan menemani mobil-mobil sport Jepang lainnya seperti Toyota GR Supra dan Nissan Fairlady 400Z, membuktikan bahwa mobil sport Jepang belum mati. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio