Honda Prospect Motor Rayakan HUT ke-20, Brio Mulai Diekspor

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Honda Prospect Motor Rayakan HUT ke-20, Brio Mulai Diekspor
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada 26 Maret 2019, PT. Honda Prospect Motor(HPM) sebagai agen pemegang merek mobil di Indonesia merayakan HUT ke- 20 tahun. Perayaan ini diselenggarakan di pabrik HPM di Karawang, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, Duta Besar Jepang Masafumi Ishii, Chief Officer for Regional Operations(Asia & Oceania) Honda Motor Co.,Ltd juga President and CEO Asian Honda Motor Co.,Ltd Masayuki Igarashi,dan President Director PT. HPM Takehiro Watanabe.

Sedikit membahas sejarah, PT. HPM didirikan pada 1999 sebagai kerjasama antara PT. Prospect Motors dan Honda Motor Co.,Ltd. PT. Prospect Motor merupakan distributor tunggal Honda sejak 1973 yang merupakan tonggak sejarah penjualan Honda di Indonesia. Pada 2003, HPM mulai memproduksi mobil setelah memdirikan pabrik di Karawang. Pada 2012, HPM mendirikan pabrik kedua untuk meningkatkan kapasitas produksi. Saat ini, pabrik HPM memproduksi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda Jazz, Honda HR-V dan Honda CR-V. Dari tahun ke tahun, HPM juga telah meningkatkan kandungan lokal pada produksinya hingga mencapai 89% pada tahun 2019.

Selain memproduksi mobil untuk pasar domestik, HPM juga mengekspor mobil ke beberapa negara. Ekspor komponen mobil pertama kali dilakukan melalui PT Prospect Motor pada tahun 1992 ke berbagai negara meliputi Jepang, Thailand, Malaysia, India, Pakistan, Filipina, Vietnam, Brazil, Argentina, Meksiko dan Taiwan. Ekspor mobil secara utuh mulai dilakukan tahun 2009, dengan Freed sebagai model pertama ke Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. Lalu di 2019 ini, HPM mulai mengekspor All New Honda Brio ke Vietnam dan Filipina ditandai dengan pelepasan produksi pertama yang dilakukan bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-20 HPM. Honda Brio untuk ekspor memiliki perbedaan dengan pasar lokal, yakni setir kiri dan tidak memiliki headunit.

Dalam sambutannya, Masayuki Igarashi mengatakan, “Indonesia adalah pasar yang penting untuk bisnis Honda, dan Indonesia juga telah menjadi kontributor utama dalam penjualan Honda di wilayah Asia dan Oceania. Untuk mewujudkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia, kami telah meningkatkan investasi melalui pembangunan berbagai fasilitas serta memproduksi beberapa model yang dikembangkan khusus untuk konsumen Indonesia.”

Sementara itu, Takehiro Watanabe berharap agar merasa butuh dengan kehadiran HPM di Indonesia dan percaya HPM mampu memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. “Selama 20 tahun, HPM terus berusaha menjadi perusahaan yang diinginkan kehadirannya oleh masyarakat Indonesia. Indonesia adalah salah satu contoh ideal yang menggambarkan kebijakan produksi Honda, yakni ‘melakukan produksi dimana terdapat permintaan, dengan mengoptimalkan sumber daya lokal’. Kami percaya bisnis Honda di Indonesia akan terus membawa kontribusi positif terhadap industri dan masyarakat di negara ini.

Jadi, Bagaimana menurut kalian, kawan? Btw, Happy Anniversary HPM.

Read Prev:
Read Next: