Hat Trick : Ford Fiesta Sub-compact Car Terlaris di Eropa 3 tahun Berturut-turut

by  in Ford&International
Hat Trick : Ford Fiesta Sub-compact Car Terlaris di Eropa 3 tahun Berturut-turut
0  komentar
Penjualan Ford Fiesta terbaik di Inggris

AutonetMagz – Lain padang, lain ilalang, meskipun di Indonesia penjualan Ford Fiesta tidak se-gemilang kompetitornya yang berasal dari Jepang, namun di Eropa Ford Fiesta mencatatkan rekor baru sebagai sub-compact car terlaris di Eropa selama 3 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2012 hingga 2014.

Sepanjang tahun 2014, Ford Fiesta telah terjual sebanyak 309 ribu unit, meningkat dari tahun 2013 dengan jumlah 293 ribu unit dan di tahun 2012 sebanyak 306 ribu unit pertahun. Angka penjualan ini merupakan angka paling tinggi di tahun-tahun sebelumnya seiring dengan perbaikan ekonomi Eropa.

Kelebihan Ford Fiesta EcoBoostDi peringkat kedua, Renault Clio menjadi pemenang setelah Fiesta dengan angka penjualan 300 ribu unit sepanjang tahun 2014. Di posisi ketiga, Volkswagen Polo yang pernah mendapatkan posisi kedua mengalahkan Renault Clio di tahun 2012 harus puas dengan penjualan 280 ribu unit saja.

Menariknya dari 10 daftar mobil subcompact terlaris di Eropa, hanya 1 produsen mobil Jepang yang masuk ke dalam peringkat penjualan ke-6 tertinggi, yaitu Toyota Yaris versi Eropa/USA yang berbeda dengan penampilan Toyota Yaris di Indonesia. Sedangkan Honda Jazz terbaru yang baru saja mendapatkan major change di awal tahun 2014 silam harus puas dengan posisi ke-18, atau satu peringkat dibawah Mazda 2 di peringkat 19. Bahkan Penjualan Jazz di Eropa masih kalah dibandingkan brand korea seperti Hyundai i20, KIA Rio, atau Suzuki Swift yang sama-sama berasal dari Jepang.

toyota yaris facelift 2015

Lucunya lagi, jika kamu berpikir bahwa masyarakat Eropa memiliki nasionalisme yang sangat tinggi sehingga mobil Jepang tidak mendapatkan posisi penjualan bagus di sana, maka anda salah besar, toh posisi pertama di segmen ini di tempati oleh Ford yang merupakan brand Amerika, bukan Eropa.

Lantas bagaimana dengan penjualan Ford Fiesta di Indonesia? Seperti kalimat pembuka diatas, lain padang-lain ilalang, meskipun Ford Fiesta di Indonesia mendapatkan fitur lengkap dan mesin EcoBoost yang menjadi Engine of The Year selama 3 tahun berturut-turut, ternyata peminatnya masih kalah dibandingkan dengan sub compact hatchback Jepang. Hehehe…

10 mobil sub-compact terlaris di Eropa
1. Ford Fiesta
2. Renault Clio
3. VW Polo
4. Opel/Vauxhall Corsa
5. Peugeot 208
6. Toyota Yaris (EU-US model)
7. Dacia Sandero
8. Citroen C3
9. Skoda Fabia
10. Seat Ibiza

Read Prev:
Read Next:
  • dodol

    bang ridwan kayanya bener2 pecinta ford ya..hahaha..
    pernyataan artikelnya cukup menarik membandingkan produk amerika dan jepang.. LoL

    • dodol

      btw, kalo ford dijual harganya masih laku tinggi saya juga pasti beli ford kok..haha..
      krna ga ada harganya aja kalo di jual jd ga minat beli mobil eropa / amerika.

    • Rafi M.P

      Ford kan produk Amerika…

    • charles

      Kelas, ini tulisannya ada pesan tersembunyi yang mau bilang kalau orang indo kok bisa dikasih mobil bagus malah beli mobil trondolan….

  • ap88

    sayang bgt,mazda 2 gak masuk hatchback terlaris di eropa padahal gue lebih suka 2 daripada Fiesta(kecuali fiesta st dan rs)(Yg gue gak terlalu suka itu fiesta ecoboost)

  • Momo Fonseca

    Mungkin kelemahan ford di indonesia itu krn dia “desain global” ga cocok sama medan dan kondisi geographis indonesia pada umumya.. dari kontur jalanan, macetnya,, DLL. Dan pengalaman temen ku pake ford focus 2008, dipake mudik mogok dipantura bengkel kaga ada yg bisa, harus specialis mobil eropa dan itu MINIM banget buat indonesia.. mungkin dari jaman STM prakteknya dah dicekokin mesin jepang kali ya… heheeeee

  • GTR

    Mnrt gw, sebag cukup besar konsumen mobil RI itu msh ‘susah’ bro. Ya susah ttg pemahaman yg bener ttg mobil, susah info/pengetahuan ttg komparasi mobil2, jg susah pikiran bro krn kalo beli mobil blm dipake aja udh mikir brp nilainya kalo dijual lagi..sejalan dg itu, pemahaman ttg kegunaan mobil jg susah, krn selalu dianggap investasi, maunya kalo bisa habis dipake 5th nominalnya naik atau turun dikiittt bgt. Lah masa kan dihitung ya, misalkan dibandingin kl rental mobil aja udh brp/bulan.Brp/th.Jg dg pake mobil itu udh bs menghasilkan uang brp utk pemakainya (bukan disewain maksudnya, tp kontribusi mobil itu pd produktivitasnya). Nah kl mnrt gw, makanya ya wajarlah ada depresiasi yg ckp besarpun. Kalo mau investasi ya beli saham, emas, atau usaha. Kalo mau investasi mobil ya beli aja di lelangan Bonhams, atau Sotheby’s hehe. Lah mobil beli di showroom aja ya utk dipake, hrs sesuai dg kebutuhan, kemampuan, value for money yg optimal, selera dan jg kesenangan pribadi. Nah di Eropa/neg2 maju kyk gitu kira2 bro hehe.

  • ap88

    kalo saya sih gak masalah kalo soal nilai jualnya tapi yg masalah itu durability dan jaringan service,jadi meski mobilnya canggih tapi kalo jaringan service dan durabilitynya nggak bagus mah sia sia,bayangkan kalo mudik lewat pantura ato berlibur ke puncak pake ecosport ato focus tiba tiba mogok nyari bengkel yg bisa menanganinya susah banget dan bengkel resminya jauh dari jangkauan kan nggak lucu,jadi yg harus yg dibenahi ford dan brand diluar jepang lainnya adalah banyakin edukasi teknologi ke pemakai dan bengkel umum serta tambah jaringan servisnya

  • taoeviq

    yaa.. ford tuh punya produk bagus2. curcol dikit nih, dulu sempet punya ford tx 2.0 bisa ngasepin accord 2.4 yg 1-2 tahun lebih muda (kejadian tahun 2001-2002).. bawanya juga enak, fitur dah banyak. tp mayan boros sih 😛
    eh sekali tabrakan radiator bocor, dibenerin tp kumat kumat lg. mesin selalu overheat klo kena macet. nyari sparepart rada susah klo adapun harganya selangit

    sebenarnya sependapat sih sama komen2 diatas.. ford harus bener2 investasi gede2an di indonesia klo mau nyaingin brand jepang / duo europe (merc/bm*) banyakin dealer dan bengkel resmi dan beli gudang untuk nyetok sparepart (kyk mazda), kualitas after sales service ditambah dan kontribusikan edukasi / sumbangan ke STM dan kampus2 yg ada teknik mesinnya menurut gw itu langkah yang sangat baik

    • dodol

      sang penulis artikel cuma ngeliat dari sisi teknologi dan kualitas aja sih bos.. kaga bisa liat dari sudut pandang lain seperti ente..haha

  • rizki

    Ford menurut sejarah sudah dianggap sebagai “merk lokal” di Eropa, mungkin karena produk yang berbeda dengan Ford di Amerika (lebih kecil bentuk dan kapasitas mesinnya), tempat perakitan yang di juga Eropa (Jerman) sejak sebelum Perang Dunia II sehingga lebih bisa diterima, ketimbang merk Amerika lainnya seperti Chevy atau Chrysler.

  • Ganjar

    That’s why merk T dan H di indonesia masih jadi brand paling laris

    • Rizki adhitiya saputra

      Toyota dan hyundai

  • ojon

    Klo yg di jakarta sih bs bilang mobil eropa/usa lebih bagus, cb jalan2 kedaerah seperti sumatera kalimantan sulawesi ato papua, pasti sulit utk di benerin, dan sparepart yg gk ada. Cb klo mobil jepang, bengkel kecil aja punya spareepart nya.

  • wowkeren

    Bukannya ga optimis ngeliat penjualan fiesta di eropa. Tapi sayang banget jaringan servis ford di sini kurang luas. Padahal mobil ini termasuk HB terbaik di indonesia (selain mazda 2).

  • Firmansyah

    Sependapat soal aftersales & jaringan service. Di Indonesia yang negara tropis, kondisi geografi, kondisi infrastruktur jalanan & kultur budaya mudik hehehe…jaringan service & sparepart jadi KUNCI…ini yang belum digarap serius sama brand lain selain T, D dan mungkin H, makanya salah satunya sempat berani kasih tag line.. “Mengerti kebutuhan keluarga Indonesia”…But kembali lagi..Semua ada segmen kelas dan selera sich, juga tiap brand punya filosofi masing-masing soal produknya…cmiiw..

  • aigo

    mungkin juga kembali ke soal selera. org eropa lebih suka sama hatchback yang sub compact car, nggak terlalu gede. sedangkan di indo org lebih suka hatchback yg gedenya hampir sama kyk MPV. liat aja yaris model yg eropa punya beda sama yg di indo.