Hat Trick : Ford Fiesta Sub-compact Car Terlaris di Eropa 3 tahun Berturut-turut

by  in Ford&International
Hat Trick : Ford Fiesta Sub-compact Car Terlaris di Eropa 3 tahun Berturut-turut
0  komentar
Penjualan Ford Fiesta terbaik di Inggris

AutonetMagz – Lain padang, lain ilalang, meskipun di Indonesia penjualan Ford Fiesta tidak se-gemilang kompetitornya yang berasal dari Jepang, namun di Eropa Ford Fiesta mencatatkan rekor baru sebagai sub-compact car terlaris di Eropa selama 3 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2012 hingga 2014.

Sepanjang tahun 2014, Ford Fiesta telah terjual sebanyak 309 ribu unit, meningkat dari tahun 2013 dengan jumlah 293 ribu unit dan di tahun 2012 sebanyak 306 ribu unit pertahun. Angka penjualan ini merupakan angka paling tinggi di tahun-tahun sebelumnya seiring dengan perbaikan ekonomi Eropa.

Kelebihan Ford Fiesta EcoBoostDi peringkat kedua, Renault Clio menjadi pemenang setelah Fiesta dengan angka penjualan 300 ribu unit sepanjang tahun 2014. Di posisi ketiga, Volkswagen Polo yang pernah mendapatkan posisi kedua mengalahkan Renault Clio di tahun 2012 harus puas dengan penjualan 280 ribu unit saja.

Menariknya dari 10 daftar mobil subcompact terlaris di Eropa, hanya 1 produsen mobil Jepang yang masuk ke dalam peringkat penjualan ke-6 tertinggi, yaitu Toyota Yaris versi Eropa/USA yang berbeda dengan penampilan Toyota Yaris di Indonesia. Sedangkan Honda Jazz terbaru yang baru saja mendapatkan major change di awal tahun 2014 silam harus puas dengan posisi ke-18, atau satu peringkat dibawah Mazda 2 di peringkat 19. Bahkan Penjualan Jazz di Eropa masih kalah dibandingkan brand korea seperti Hyundai i20, KIA Rio, atau Suzuki Swift yang sama-sama berasal dari Jepang.

toyota yaris facelift 2015

Lucunya lagi, jika kamu berpikir bahwa masyarakat Eropa memiliki nasionalisme yang sangat tinggi sehingga mobil Jepang tidak mendapatkan posisi penjualan bagus di sana, maka anda salah besar, toh posisi pertama di segmen ini di tempati oleh Ford yang merupakan brand Amerika, bukan Eropa.

Lantas bagaimana dengan penjualan Ford Fiesta di Indonesia? Seperti kalimat pembuka diatas, lain padang-lain ilalang, meskipun Ford Fiesta di Indonesia mendapatkan fitur lengkap dan mesin EcoBoost yang menjadi Engine of The Year selama 3 tahun berturut-turut, ternyata peminatnya masih kalah dibandingkan dengan sub compact hatchback Jepang. Hehehe…

10 mobil sub-compact terlaris di Eropa
1. Ford Fiesta
2. Renault Clio
3. VW Polo
4. Opel/Vauxhall Corsa
5. Peugeot 208
6. Toyota Yaris (EU-US model)
7. Dacia Sandero
8. Citroen C3
9. Skoda Fabia
10. Seat Ibiza

Read Prev:
Read Next: