Ford Mustang 2015 Aplikasikan Airbag Baru Berbahan Plastik, Apa Manfaatnya?

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Ford Mustang 2015 Aplikasikan Airbag Baru Berbahan Plastik, Apa Manfaatnya?
0  komentar
ford mustang 2015 airbag

AutonetMagz.com – Salah satu jagoan oval biru di negara asalnya sendiri, yakni Ford Mustang terbaru menampilkan satu inovasi fitur keselamatan yang mungkin bisa membuat kita sedikit bingung. Inovasi tersebut adalah airbag lutut yang terintegrasi dengan pintu penutup glovebox penumpang depan, dan tidak seperti airbag lain yang berbahan fabric, Ford menggunakan bahan plastik yang telah dicetak agar bisa tersimpan baik di antara lapisan luar dan dalam pintu penutup glovebox.

Tentu saja yang digunakan bukan sejenis plastik kiramas, lion star atau lainnya, melainkan plastik dengan elastisitas tinggi agar bisa mengembang sebesar mungkin saat airbag diaktifkan. Airbag berbahan plastik ini bisa menghemat bobot 65 persen dibanding airbag fabric biasa, tapi Ford mengklaim proteksinya tidak kalah dibanding airbag yang sudah-sudah.

ford mustang airbag

Selain itu, desain airbag yang terintegrasi dengan glovebox bisa memberikan ruang lutut lebih bagi penumpang depan, yang pastinya bermanfaat untuk kenyamanan dan keselamatan. “Ini adalah cara berpikir baru dalam menciptakan airbag. Kami kembali ke meja kerja dan melakukan serangkaian tes selama setahun dengan ratusan prototipe agar hasilnya bagus,” kata Sean West mewakili Ford.

Perjuangan kami akhirnya terbayarkan. Kami berhasil memadukan fungsi dari dua bagian terpisah menjadi satu untuk menghemat bobot, ruang dan jumlah komponen, utamanya ruang gerak untuk penumpang akibat komponen yang bisa diletakkan lebih maju. Inilah benefit dari glovebox airbag berbahan plastik buatan kami,” katanya.

Menurut Ford, glovebox airbag ini baru satu dari sekian kejutan lainnya mengenai airbag plastik berdesain baru yang mereka buat. Ya baguslah inovasinya, kami harap airbag baru ini tidak akan bernasib mengenaskan seperti apa yang dialami Takata dengan jutaan airbag buatannya. Yuk, kita simak bagaimana glovebox airbag milik Ford Mustang bekerja, dan jangan lupa sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • farid

    yang penting bahan plastiknya bukan plastik kresek

  • farid

    harusnya bagi atpm walau cuma ngasih dual airbag didepan doang,tapi airbag lutut harus juga ada agar jika terjadi tabrakan, kaki pengemudi/penumpang depan tidak terbentur secara keras ke dashboard yg bisa membuat cedera kaki