FedEX Gunakan Van Rakitan China Untuk Armadanya

by  in Berita&International
FedEX Gunakan Van Rakitan China Untuk Armadanya
0  komentar

AutonetMagz.com – Industri ekspedisi jaman now merupakan salah satu bidang yang sangat sentral dalam kehidupan masyarakat sehari – hari. Dan pemilihan mobil ataupun kendaraan lainnya untuk mendukung industri ini memang perlu dilakukan dengan cermat. Faktor durability biasanya menjadi hal yang paling disorot untuk unit kendaraan ekspedisi. Lalu, bagaimana jikalau sebuah perusahaan ekspedisi kenamaan sekelas FedEx malah menggunakan van merk China?

Yap, FedEx yang merupakan perusahaan multinasional telah mengumumkan bahwa pihaknya telah menambah jumlah armada mereka dengan memasukkan 1.000 unit van bertenaga listrik dengan kapasitas medium duty. Yang menarik, Van ini bukan rakitan Daimler, ataupun GM apalagi Ford. Van yang digunakan oleh FedEx merupakan produk dari FDG Electric yang merupakan anak perusahaan dari Changjiang Auto yang khusus menangani kendaraan komersial bertenaga listrik. Unit yang digunakan sendiri adalah Chanje V8100 Electric. Jadi, pihak FedEx akan membeli 100 unit Chanje V8100 untuk operasional mereka, sedangkan 900 unit sisanya bukan dibeli oleh FedEx, melainkan disewa dari Ryder System.

Kesemua unitnya akan bertugas untuk menjadi delivery car FedEx. Langkah yang visioner dengan menggunakan van bertenaga listrik ini sejatinya bukanlah hal baru, karena ternyata FedEx sudah menggunakan kendaraan listrik untuk kendaraan operasionalnya sejak tahun 2009 silam. Nah, sedangkan Chanje V8100 Electric sendiri adalah sebuah van yang cukup bongsor dengan jarak tempuh maksimal di angka 241 km. Tak terlalu tinggi, namun cukupan. Selain itu, Chanje V8100 Electric juga memiliki onboard charger berkapasitas 13,2 kW yang membuat mobil ini mampu terisi 80% baterainya hanya dalam 1 jam saja dengan menggunakan DC Fast Charging. Sedangkan untuk charger reguler membutuhkan waktu semalaman.

Dengan menggunakan van bertenaga listrik, FedEx mengklaim bahwa pihaknya mampu menghemat 7.570 liter bahan bakar per tahunnya. Selain itu, ada 20 ton CO2 yang bisa ditekan karena kendaraan yang mereka gunakan tak menghasilkan emisi. Lalu, bagaimana dengan kapasitas angkut dari Chanje V8100 Electric ini? Secara total, van besar ini memiliki ruang sebesar 19.114 liter, yang mana termasuk sangat luas. Sedangkan untuk beban maksimal yang bisa diangkut oleh van ini mencapai 2,7 ton. Bisa kalian bayangkan, kendaraan sebesar ini, dengan tenaga listrik murni, dan juga merk China, sebuah perpaduan yang agaknya kurang akrab bagi kita. Namun, dengan penggunaan van ini, jelas pihak FedEx bisa menekan seminimal mungkin dampak emisi dari kendaraan mereka.

Read Prev:
Read Next: