DHL : Cukup 18 Bulan Untuk Balik Modal Dengan Semi Truck Tesla

by  in International&Tesla
DHL : Cukup 18 Bulan Untuk Balik Modal Dengan Semi Truck Tesla
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Elon Musk merilis Semi Truck Tesla berbarengan dengan Tesla Roadster baru, ia berani bilang kalau Semi Truck buatannya akan menjadi solusi truk masa depan. Karena ini buatan Tesla, sudah pasti pakai tenaga listrik. Menariknya, rupanya sudah banyak pihak –terutama pengusaha – yang mau angkat suara soal apa yang bisa dilakukan Semi Truck buatan Tesla ke kondisi bisnis mereka.

Seorang eksekutif di DHL telah meninjau angka-angka sebelum kedatangan unit Tesla Semi Truck, dan ia yakin bahwa dengan semua truk listrik yang ada, mereka bisa balik modal dalam waktu kurang dari dua tahun. Oh ya, modal yang dimaksud kali ini adalah modal harga beli truk Tesla itu sendiri. “Kami memperkirakan bahwa kita bisa balik modal dalam waktu 18 bulan berdasarkan penggunaan energi dan juga biaya perawatan yang lebih rendah,” kata presiden transportasi DHL, Jim Monkmeyer kepada Reuters.

Penghematan perawatan juga bisa sangat besar, tentu karena mesinnya jauh lebih sederhana dalam hal jumlah suku cadang dan kompleksitas suku cadang,” tambahnya. Tidak salah sih, mengingat mobil listrik tidak punya parts yang rumit dan kompleks macam truk diesel biasa. Meski demikian, bukan berarti semua bakal lancar dengan truk listriknya Tesla. Masih ada masalah lain di luar biaya operasional.

Monkmeyer mengemukakan, masalah terbesar yang ada saat meluncurkan armada truk listrik Tesla adalah transisi dari proses pengisian bahan bakar minyak ke pengisian listrik. “Masalah terbesar adalah bagaimana layanan itu tersedia, dan bagaimana dukungannya dan seberapa cepat kita bisa mendapatkan jaringan pengisian di luar sana untuk digunakan secara nasional, di seluruh Amerika Utara, di seluruh dunia,” katanya.

Tesla sesumbar bahwa truk listrik Tesla bisa 20% lebih hemat biaya tiap 1,6 km berjalan dibandingkan dengan truk diesel, meskipun perkiraan tersebut berpusat pada harga minyak bahan bakar saat ini. Menanggapi laporan DHL, Elon Musk mengisyaratkan bahwa Semi Truck Tesla akan menawarkan keuntungan yang lebih luas lagi daripada truk diesel.

Saya merasa optimis dengan menyediakan spesifikasi Semi Truck Tesla yang lebih baik saat diumumkan pada pembukaan nanti, tentu dengan harga yang sama,” katanya. “Tesla Semi akan menjadi sesuatu yang sangat spesial.” Jujur saja, kami lebih tertarik lihat truk listrik daripada supercar listrik atau SUV listrik, sebab ini bisa jadi medan tes yang bagus untuk membuktikan daya tahan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: