Datsun GO Siap Pasang Mesin 1.000 cc, Yes or No?

by  in Datsun&International
Datsun GO Siap Pasang Mesin 1.000 cc, Yes or No?
0  komentar

AutonetMagz.com – Mayoritas LCGC seperti Datsun GO, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya dan Suzuki Karimun Wagon R rata-rata memakai mesin 1.000 cc hingga 1.200 cc, terlepas berapa pun jumlah silindernya. Untuk sekarang, Datsun GO-lah yang akan kita bahas, dan seperti kita tahu, LCGC ini memakai mesin yang sama dengan Nissan March, 1.200 cc 3 silinder namun minus pengaturan katup variable.

Namun apa yang didapat oleh Autocar India mungkin bisa menjadi suatu pertimbangan untuk Datsun GO spek Indonesia. Menurut mereka, Datsun India sedang punya rencana untuk mengganti mesin GO dengan mesin 1.000 cc 3 silinder yang berasal dari Renault Kwid SCe yang akan meluncur di India tahun ini. Tenaga mesin 1.000 cc ini sekitar 65 hp, atau 3 hp lebih kecil daripada Datsun GO yang sekarang.

Interior Datsun Redi GO Indonesia

Namun catat, ini bukan berarti Datsun GO akan punya versi 1.000 cc dan 1.200 cc, karena ada kemungkinan mereka melakukan itu untuk benar-benar membuang mesin 1.200 cc dan menjadikan GO hanya bermesin 1.000 cc saja. Datsun India punya alasan untuk itu, yakni karena biaya perakitan mesin 1.200 cc di India masih mahal, sementara mesin 1.000 cc sudah diproduksi secara lokal di India.

Selain itu, memakai mesin 1.000 cc berarti bobot total mobil bisa lebih ringan. Karena berat kosong Datsun GO yang sekarang adalah 788 kg, ia bisa lebih ringan lagi jika memakai mesin yang lebih kecil. Bagaimana soal performa? Well, sepertinya tidak akan begitu kedodoran, karena mesin Datsun GO yang sekarang sama sekali tidak ada kesan lelet, jadi dengan mesin 1.000 cc pun harusnya masih cukup meski tenaga pasti sedikit turun.

harga-datsun-go+-panca-t-style

Intisari berikutnya adalah soal harga. Dengan mesin lebih kecil, Datsun GO diharapkan bisa menjaga harga yang kompetitif. Tapi mengganti mesinnya tidak segampang membalikkan telapak tangan, karena mesin 1.000 cc itu dibuat untuk platform CPF-A, jadi harus ada ubahan dudukan di Datsun GO. Apa opinimu, cocokkah Datsun GO pakai mesin 1.000 cc? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio