Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Matik Torque Converter, CVT dan Dual Clutch!

by  in Berita&Hi-Tech&Komparasi
Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Matik Torque Converter, CVT dan Dual Clutch!
0  komentar
Komparasi-Transmisi-Otomatis

AutonetMagz.com – Seiring dengan majunya teknologi otomotif, kini konsumen yang ingin mengendarai mobil transmisi otomatis pun punya banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan karakter dan kebutuhannya. Kalau dulu kita hanya mengenal transmisi matik dengan torque converter, kini ada versi CVT dan dual clutch yang kian menjamur sebagai pilihan yang menawarkan keunikan tersendiri.

Terus, memangnya apa sih bedanya ketiga jenis transmisi tanpa pedal kopling ini? Ternyata mereka sangat berbeda satu sama lain meski sama-sama punya huruf P,R,N dan D di transmisi. Apa saja bedanya? Yuk kita bahas bersama-sama!

Transmisi otomatis torque converter

Kita mulai dengan yang paling konvensional. Transmisi matik dengan torque converter punya komponen utama berupa planetary gear unit (gir planet), hydraulic control unit dan tentu saja torque converter. Umumnya, transmisi otomatis versi ini menggunakan wet clutch alias kopling basah, lalu dioperasikan oleh torque converter untuk memperbesar momen mesin. Saat sudah mencapai putaran tertentu dan waktunya untuk pindah gigi, komputer akan menyuruh torque converter untuk bekerja melakukan perpindahan gigi.

Transmisi-Mazda-2-SkyActiv

Umumnya, komputer transmisi otomatis bisa membaca situasi berkendara dari cara kita menginjak gas. Contohnya, saat berkendara rileks kita akan sadar kalau di rpm 3.000-an gigi sudah berpindah, namun saat berkendara agresif atau melakukan kickdown, komputer akan memilih gigi yang lebih rendah agar tenaga yang besar dan putaran mesin yang tinggi bisa kita dapatkan. Dengan hadirnya mode manual di transmisi otomatis modern, masalah engine braking pun bisa dieliminasi.

Kelebihan transmisi jenis ini adalah perawatannya cenderung lebih mudah daripada CVT ataupun dual clutch. Khusus bagi pengemudi antusias, transmisi otomatis umumnya masih memiliki entakan saat kita melakukan kickdown sehingga feeling dan performa saat berkendara lebih terasa.

Mazda-MX5-Front-White-Background

Sementara kekurangannya, karena masih adanya entakan saat pindah gigi, transmisi otomatis pada umumnya tak senyaman dan sehalus CVT. Urusan bobot komponen, ia lebih ringan dari dual clutch tapi masih lebih berat daripada CVT. Transmisi ini juga lebih boros BBM daripada CVT atau dual clutch dalam kondisi macet, karena torque converter terus berputar namun mobil kita rem agar tidak maju. Itulah kenapa sebaiknya jika memungkinkan, sempatkan pindahkan gigi ke posisi N untuk mencegah BBM lebih banyak terbuang.

Contoh mobil-mobil yang menggunakan transmisi matik torque converter adalah : Toyota Yaris, Honda Jazz GE8 (generasi kedua), Suzuki Ertiga, Mazda 2, Chevrolet Spin, Daihatsu Sirion dan masih banyak lagi.

CVT (Continously Variable Transmission)

Berikutnya mari kita mengenal CVT. CVT adalah jenis transmisi yang terkenal sangat halus dan lembut saat diajak berkendara dibandingkan transmisi matik biasa yang umumnya masih memiliki entakan, sementara CVT sangat halus, tak mengentak dan umumnya lebih irit BBM jika mobil dalam kondisi sehat. Mengapa bisa begitu?

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Transmisi-Automatic

Rahasianya adalah, karena CVT tak punya roda gigi sama sekali. Tak ada sekumpulan gir yang bersemayam di ruang transmisinya. Sebagai gantinya, ada dua puli yang dihubungkan oleh sebuah sabuk, di mana puli yang satu mendapat tenaga dari mesin sementara puli yang lain akan bekerja memutar roda. Diameter kedua puli ini dapat membesar dan mengecil tergantung kebutuhan pengendara.

Karena tak punya roda gigi, jumlah gear ratio di CVT bisa dibilang tak terbatas. Maka dari itu saat ingin disematkan mode manual, produsen bisa memasukkan berapa pun jumlah gigi yang mereka mau secara virtual. Contohnya, jika di Mitsubishi Delica CVT-nya punya 6 pecepatan, di Honda Jazz generasi pertama CVT-nya punya 7 percepatan. Layaknya transmisi otomatis biasa, CVT juga punya mode sport untuk karakter lebih galak seperti pada Nissan Grand Livina baru.

Harga New Nissan Grand Livina Wallpaper

Kelebihan penggunaan CVT pada mobil adalah lebih halus dan nyaman karena tak memiliki entakan sebagai akibat dari perpindahan gigi seperti transmisi otomatis lainnya. Secara bobot, CVT adalah yang paling ringan karena jumlah komponennya tak sebanyak torque converter ataupun dual clutch. Ongkos produksi CVT juga adalah yang termurah. Kendaraan ber-CVT juga biasanya irit BBM karena punya kemampuan untuk menjaga agar mesin tak melulu bermain di putaran tinggi.

Kekurangan CVT adalah akselerasi yang tak sespontan dan segalak transmisi otomatis biasa. Tenaga dari mesin mungkin tidak bisa sepenuhnya tersalurkan ke roda, yang umumnya diakibatkan oleh slippage alias gesekan dari belt dan puli CVT. Karena kekurangan inilah, hampir tidak ada mobil balap atau supercar yang pakai CVT untuk transmisinya, karena power lost-nya lumayan tinggi.

Wallpaper-Subaru-Forester-STI

CVT juga terkenal rentan untuk mesin bertenaga besar, maka dari itu beberapa tahun lalu jarang kita temui mobil 2.000 cc memakai transmisi CVT. Kini setelah teknologi sabuk baja CVT makin baik, terutama dalam hal durabilitas, sudah banyak pabrikan yang menggunakannya di mesin lebih dari 2.000 cc, misalnya Subaru Forester STI dan Nissan X-Trail.

CVT bisa ditemui di hampir semua motor matik di Indonesia, sementara untuk mobil, kita bisa menemukannya di Subaru XV, Mitsubishi Outlander Sport, Honda City generasi pertama dan ketiga, Honda Jazz generasi pertama dan ketiga, Nissan X-Trail, Toyota Alphard dan Vellfire, Suzuki Swift Sport dan lain-lain. Oh ya, pemegang sebagian besar hak paten teknologi CVT adalah Subaru.

Transmisi kopling ganda/dual clutch

Ini dia teknologi transmisi otomatis yang paling baru. Seperti namanya, transmisi ini punya dua buah kopling yang siap beroperasi untuk membantu mesin menggerakan roda. Sebut saja kopling A dan kopling B di transmisi kopling ganda 6 percepatan, kopling A disiapkan untuk melayani gigi 1,3,5 dan mundur, maka kopling B dirancang untuk bekerja di gigi 2,4 dan 6.

Transmisi Steptronic BMW X4 2014

Ketika misalnya kopling A sedang bekerja di gigi 1, kopling B sudah siap bersama dengan gigi 2 hingga komputer memerintahkan untuk ganti gigi. Ada dua jenis penggunaan tipe kopling di transmisi dual clutch, ada kopling basah (wet clutch) dan kopling kering (dry clutch). Keduanya punya kebutuhan dan tujuan yang berbeda, namun transmisi dengan kopling kering lebih simpel dan murah dibanding kopling basah.

Kelebihan transmisi dual clutch adalah bisa melakukan perpindahan gigi dengan sangat cepat dan halus, contohnya Ferrari F430 Scuderia yang bisa pindah gigi dalam waktu hanya 55 milidetik. Selain itu, performa transmisi ini juga dinilai paling responsif dibanding torque converter atau bahkan CVT. Inilah alasannya kenapa mobil sport atau supercar banyak yang pakai dual clutch.

Nissan GTR Midnight Purple

Sementara kekurangannya, transmisi ini konstruksinya sangat rumit karena jumlah komponennya sangat banyak. Bobotnya pun adalah yang terberat dibanding CVT ataupun matik biasa. Selain itu, untuk beberapa kasus, biaya perbaikan transmisi dual clutch lumayan mahal dan lama. Di lain kondisi, transmisi kopling ganda bertipe dry clutch punya karakteristik judder alias ndut-ndutan saat dipakai dalam kondisi macet dan mudah panas. Namun kekurangan ini sirna di tipe transmisi kopling ganda dengan wet clutch.

Contoh mobil yang menggunakan transmisi dual clutch adalah Ford Fiesta, Ford EcoSport, Mitsubishi Lancer Evoluton X, Nissan GT-R, Porsche 911, Lamborghini Huracan, BMW M series, VW Golf GTi dan lain-lain. Pemegang mayoritas hak paten atas teknologi transmisi kopling ganda adalah Volkswagen dari Jerman.

Mitsubishi-Lancer-Evolution-X

Demikianlah kelebihan dan kekurangan transmisi torque converter, CVT dan kopling ganda. Manakah yang terbaik? Jawabannya adalah : semuanya baik. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal disesuaikan dengan budget, tujuan pemakaian mobil dan penilaian anda saat mencoba ketiganya.

Sampaikan juga komentar dan pendapat anda tentang ketiga transmisi ini!

Read Prev:
Read Next:
  • Saix

    nah ini artikel yg gue tunggu tunggu 😀
    Torque Converter pertama
    Dual cluch kedua
    cvt ketiga 😀

    • Hillarius Satrio

      sip, matur nuhun

  • Shark Owner

    Fiesta DSGnya pake yg wet clutch ato dry clutch, mengingat sering denger DSG Fiesta sering trouble

    • Hillarius Satrio

      Fiesta pake dry clutch, EcoSport juga sama

      • Dicky

        kalo MT ecosprt ga pake DCT ya?

        • cahpekok

          namanya juga MT alias MANUAL, yaa ngga pake Dual Clutch dong bos. DCT = Automatic

  • wisnuprayogo

    Ini baru informasi yg amat sangat berguna untuk pembaca seperti saya 😀
    Great job autonetmagz

    • Hillarius Satrio

      siap, terima kasih banyak ya

  • tim

    Kalo transmisi SkyActiv-Drive itu yg disempurnakan apa ya? Walopun tergolongnya torque conventer (konvensional), tapi bisa sama irit atw bahkan lebih irit dibanding CVT. Cnth kasus di CX-5 vs Xtrail T32

    • Claudius Wijaya

      nambahin kali yah, kalo skyactiv Drive tuh, optimasi di torque converter yang lebih kecil en efisien, plus yang paling revolusioner tuh rasio lock up di tiap gigi yang naik, jadi kalo gigi transmisi sudah lock up, sama aja kaya punya transmisi manual, soalnya torque converter ud gak berfungsi lagi. Nah Mazda tuh ngoptimalin microcontrolernya si transmisi, jadi lock up bisa lebih sering, en akurat, otomatis jadi gak banyak loses di torque converter yang berujung pada fuel efficiency yang lebih baik, plus transmisi juga jadi lebih responsif. CMIIW

      • alfian

        nice info gan

  • joe

    Nah inii niiihhh…. Makin kebuka nih kepala sama yg namanya transmisi “matik”… 🙂
    Jadi makin paham deh…
    Great Info Guys!!

    • Hillarius Satrio

      ya, terima kasih banyak

  • mickey

    Satu satunya point yang bikin galau minang ecosport
    Ndut ndutan pas macetnya itu eui, tapi denger denger tcm fiesta sama eco garansinya ditambah jadi 10 tahun

    Kalo freed pake yang mana ya ?

    • han

      Freed pake nya cvt.

      • yuds

        setahu saya freed pakai torque converter, klo mobilio n jazz gk8 yang pake cvt

        • Rafi M.P

          Kalo Freed Jepang baru pake CVT

      • Hillarius Satrio

        freed pake torque converter, sama kayak Jazz GE8

    • Amar Akira

      Klo mau yg DSG-nya enak punya VW

  • AERO

    Info yg sngat brguna skali! Good job, Autonetmagz! Perbanyakin artikel yg kyk gni yah

    • Hillarius Satrio

      okeee.. tengkyu

  • setyo

    alhamdulillah gak salah ambil new yaris biar transmisi konvensional tapi masih worthed, win2 solution buat kondisi disini, emang mau dipake lama sih

  • Rizal

    Buat kondisi macet lalu lintas Jakarta, walaupun bensin agak boros, menurut saya torque converter masih lebih enak dibawa dari CVT. Torque converter ada terasa efek engine brake yang bisa ngebantu untuk rem yg lebih smooth kalau mobil depan rem mendadak

    • Airlangga Vitradi

      bener bgt agan ini. sya lebih enak denga torque converter drpd CVT pas buat kondisi apaaan aja (misal dadakan suruh ngebut atau jalan santai) serena c24 sy torque converter lbh enak larinya ga lemot drpd serena c26 yg CVT.

  • 86driver

    Kalo ane lebih suka CVT.. tapi CVT perlu banget fitur kaya triptonic & paddle shif.. supaya bisa diajak akselerasi juga, kalau dilihat dari costnya yg lebih murah kedepan semakin banyak yg pakai cvt sepertinya..

    • Blackjack

      Kalo.gak salah setiap cvt ada mode responsif.. Biasanya main d putaran tinggi ato buat nyalip contohny mode S pada mobilio.. Cmiiw

  • Krisna

    Karena punya ketiga tipe (Jazz RS GE8/Ford Fiesta 1.5 AT/Mobilio RS AT) jadi bisa merasakan perbedaannya. Kalau menurut saya pribadi saya pilih Torque lalu CVT dan terakhir Dualcluth.

  • Lee

    Vote for CVT
    karena yg saya cari kenyamanan, Kebetulan ane pake Juke , kalo mo ngirit/nyantai tinggal pilih mode eco, kalo mo galak/kenceng pilih Mode Sport Booster

  • accel

    vote for manual transmission. lha wong sanggupnya cuman beli yang itu…hehehe…

    p.s M/T kalo aki tekor, tinggal dorong aja…eh…nyala deh tuh mesin. wakakaka..:)

    • ひるぜん

      lebih irit & responsif, engine brake nya pas juga koplingnya ringan

      vote Manual Transmission!

      • Ngiler555

        Setuju!!! 3 pedal tetap juaranya.. huihihii

    • tim

      Walopun ane penyuka manual dan skrg masih pakai manual, tapi lama” gatahan juga sama macetnya jakarta… pilihan paling masuk akal di jkt skrg adlh matic, aplagi skrg matic udh irit + performa hampir menyamai manual… skrg ane pake Xtrail manual, lagi mau ganti ngincernya CX5, kaga ada manualnya sama sekali, ya mau gamau matic lah… Xtrail baru emg ada manualnya, cuma fiturnya disunat semua.. jadi skrg kalo mau beli mobik spec teratas + palibg rasional utk pemakaian di dalkot adlh matic… kecuali ke lukot, ane masih lebih suka pake manual, selain bisa lebih terkontrol, jadinya kaga ngantuk jg karena hrs jaga kopling mulu hehe

  • eye of tiger

    kalo buat di jakarta mah CVT aja ya… gapake “jeglog” or whatever. gabisa ngebut? so what. mau ngebut dimana lagian juga. dan poin yang paling gue suka… irit bbm. kalo ada mobil diesel pake cvt, mungkin ok juga. tapi kalo dibilang CVT itu rentan buat mobil mesin gede, itu kan dulu.

    • Hillarius Satrio

      memang kita bilang “dulu” kok. kita juga sebutin kalo makin kesini durabilitas CVT makin baik, makannya Subaru Forester STI, Suzuki Swift Sport dan Nissan X-Trail sekarang mau pake CVT

  • m15a

    Nice info, bagus banget ini buat yang masih awam soal mobil matic..

    Transmisi AMT kok gak dibahas ya?

    Satu lg deh, kalo single gear fixed auto yg biasa dipake di mobil listrik masuknya CVT apa torque converter?

    • Hillarius Satrio

      kalo AMT, simpelnya dia kayak transmisi manual yang diotomatisin via bantuan komputer, tapi karena literaturnya belom banyak, jadi kita ga berani bahas dulu

      • AD1

        AMT ya manual yg pedal koplingnya di hilangin teknologi yg akhir2 ini muncul lagi di KWR proton savvy jg pakai tapi gk seheboh KWR padahal tahun 2000 kebawah banyak yg nawarin merubah MT ke AT kirain ganti gerabox tenyata pakai sistem ini he.he.he.he….

  • wowkeren

    Kalo transmisi shiftronic kayak duo korea itu apa kelebihan kekurangannya??

    • Hillarius Satrio

      shiftronic masuk ke kategori torque converter

  • alfa kucing

    Karakter jalanan indonesia paling bagus saya rasa CVT
    Info yang sangat membuka mata saya, terimakasih autonetmagz

    • Hillarius Satrio

      yak, sama-sama

  • Kenny W

    Nah akhirnya dibahas juga..
    Jadi tolong yang tiap kali ada mobil baru keluar trus nanya “uda cvt blom?” ato “maticnya payah blom cvt”, sadar kalo cvt itu banyak kekurangannya, tergantung preferensi orang

    Memang ada orang yang suka sama kehalusan cvt, tapi ada juga orang yg ga tahan sama kelemotannya. Jadi matic cvt jelas bukan yang terbaik. Masing2 ada plus minusnya

  • joni gudel

    mak Jleebbb…keren banget neeh infonya…..top lah buat autonetmagz…gak ragu milih TC..biar jadul tp masih lumayan OK…

  • evjth

    Thx autonetmagz buat infonya, membantu bgd hehe…
    Menurut gw semua ada plus minusnya
    Kalo gw suka yg torque converter, soalnya gw demennya mobil yg sigap hehe

  • ucok

    Real man use 3 pedals. Manual tetap the best lah asalkan koplingnya enteng seperti All New Corolla Altis G manual uenteng tenan boss, 6 speed, irit & tarikan makyuss

    • ap88

      bung ucok pake all new corolla altis yg manual yah?rasanya gimana yah?handling,kenyamanan dan konsumsi bbm nya gimana yah? soalnya saya lagi pertimbangin beli nih mobil dan mudah2an bisa beli pas iims/giias?

    • tim

      Cuma toyota keterlaluan bos, masa altis yg manual fiturnya minus banget? Auto A/C, auto lamp, auto wiper, DRL, HID headlamps, leather steering wheel, electric seat, touchscreen audio, rear armrest, rear sunshade ilang semua? Mana yg manual rem blkgnya masih pake tromol lagi, belum cakram.. altis yg tipe G menurut ane bener” kaga worth to buy, tipe V jauhhh lebih worth meskipun performanya kurang… ane dulu jg pengguna altis J manual keluaran 2001 bos, emg bener juauhhh lebih enak drpd maticnya, cuma kalo jaman skrg varian manual didiskriminasi karena kaga prnh dpt fitur lengkap..

      • ap88

        kalo altis 1.8v vs city 1.5e bagusan mana bung tim

        • tim

          Ya beda kelas lah gan… Altis kelasnya mid-sedan,kalo city small-sedan.. Jadi kalo tanya bagusan mana jelas altis jauh diatas city… City menang di cruise control doang, lainnya mash jauh dibawah altis.. Dan kalo ditanya lebih worth to buy mana, jelas altis jauh lebih worth drpd city.. Hrg 300 jt masa mash dpt mobil sekelas vios?

          • ap88

            thanks banget penjelasannya bung

      • AD1

        pabrikan udah males bikin manual,tapi di eropa justru manual trend lagi,kalo di US mobil manual identik dgn mobil2 balap kaya mustang,camaro spesial gitu kesannya.

  • ugyz

    kalau avanza matik pakai yg mana ya? kok akselerasinya lambat banget dan ketika nginjak gas ada ngedennya? di tanjakan juga lemot..

    • Tamba

      Veloz matic saya ngacir kok om, bisa dapet 170 km, cipularang enteng aja asal bisa manfaatin low gear aja. Punya om mungkin bermasalah tuh.

      • dreamer

        Wah, om tamba pemberani dan tangguh. Naik veloz yang mana adalah sebuah avanza tapi berani 170 km/jam. Saya naik city e a/t di cipularang begitu lihat spidometer udah 140 km/jam langsung ciut nyali dan kendorin gas. Ngeri ga bias ngontrol kendaraan kalo ada kondisi darurat.

        Salam satu aspal. hehe..

        • Tamba

          Cuma mau test top speed doank kok om, bawanya juga subuh di tolnya, setelah tau top speednya langsung dipelanin, ngeri juga haha

        • gux

          Emang bawaan nya tuh kembar panas. ane dulu bawa xenia gitu. gak abis gas gak puas. sekarang pake mobilio, CVT mantab asyik walau kena speed limit. worthed lah.

          CVT gak bisa responsive ngebut, kayaknya salah baca . perfect lah buat ane

      • ugyz

        ya mkalau di tol avanza G matik saya juga ngacir,, masalah terjadi ketika ingin melumat tanjakan dgn menyalip mobil2 lainnya… berat banget akselerasinya…

        • AE86

          kickdown om.

      • AD1

        Veloz mah spidometernya setengah ngaco kecepetan orang bilang he.he.he.he…

    • AD1

      Avanza pakai matik jaman purba alias jadul TC avanza mana nih 1.3 apa 1.5
      jelas beda tarikannya walaupun sama2 matik gearboxnya pun sama.

  • ap88

    manual transmission and torque converter with paddle shift is the best transmission menurut saya

  • rizki

    sangat informatif, trims

  • ap88

    kalo altis 1.8v vs city 1.5e bagusan mana bung tim?

  • cicak

    dual clutch mekanisme nya sama gk sama semless shift gearbox moto gp? soal nya waktu pindah gear,sama sama ga ada jeda

    • dimaz_13

      totally different!
      SSG di motoGP menggunakan mekanisme kopling multiple wet yg sama dgn kopling motor pada umumnya, yg beda di konstruksi roda giginya.
      sedangkan dual clutch menggunakan 2 buah kopling yg masing-masing terhubung ke poros gir berbeda.

  • ririn

    Baguss…bgt infonya…cm mau nanya knp ya jazz generasi kedua ganti ke konvensional…

    • Hillarius Satrio

      pengubahan karakter. Honda mau bikin Jazz GE lebih berperforma daripada Jazz GD

      • riri

        Yahh mungkin sj lebih ferforma ya mas…cm kgk enak bawanya, nggak sehalus yang 2005. .make 7 speed itu lho…yang 2010 itu terasa bgt entakannya waktu shifftingnya kali.. ganti ma fiesta s 2012 kyknya lebih halus…cm mesinnya nggak se “sweet” tampilannya, kalo pas lg agak bejek tuh pedal gas…ngacir bgt tuh mobil.. cm emang shifftingnya enak bgt… hampir mirip jazz gen 1…. cm sering kepancing aj buat kencenggg… smothhh seh….

  • er satria

    artikel kyk gini nih yg bikin kebuka mata kita…..jd gak sok tau ahahahahahahah
    Bravo atas infonya!!

  • cris

    kalo saya sih seneng yang dual cluch gan kalo pemakaiannya bener awet banget nih….dan minim perawatan ini sih pengalaman pribadi yg tentunya beda dengan brother lainnya…..salam otomotif..

  • cendiqiagrputrasuci

    kalo AGS pada suzuki karimun wagon r terbaru, termasuk sistem otomatis yg mana ya?

    • AD1

      Manual yg pedal koplingnnya di hilangin he.he.he.he.he

  • cendiqiagrputrasuci

    kalo AGS pada suzuki karimun wagon r terbaru, termasuk sistem otomatis yg mana ya?

  • Leo Kristianto

    udah gak ngerti lagi sama teknologi matik jaman sekarang…pokoknya taunya cuman N itu netral, D itu jalan, P itu parkir dan R itu mundur. tapi tetep aja Real Man Use Three Pedals 😛 *sambil mijet2 betis*

  • Airlangga Vitradi

    mau tanya kalo nissan serena type c24 itu torque converter ya?

  • Indra Nurhidayah

    Setiap nonton review autonetmagz selalu di jelasin mobil ini pake transmisi matic ini itu, ternyata di websitenya ada penjelasannya. Jadi makin demen nonton reviewnya dah kalo udah ngerti istilah istilahnya. Thanks autonetmagz

  • Dio Abdala

    Kalo cvt sama dual clutch hematan mana?

  • Fajar Shodiq

    Kalo transmisi DCT masih layak dibeli nggak?

  • Airlangga Vitradi

    saya sudah pernah nyoba transmisi antara TC n CVT DC malah belompernah sama sekali, tapi dibanding TC n CVT jelas enakan TC rasanya lebih nendang kaya mobil manual, diajak ngebut respon bagus, diajak santai juga enak, ya kekurangannya itu hentakan masih terasa tapi bagi sy pribadi hentakan ky gt enak krn bisa tau posisi gigi di mana. walaupun belom pernah head to head sesama jenis mobil misa serena c24 dengan yang c26 saya bandingin ma altis 2013 n city 2007 dan livina 2014 yang make CVT dengan serena yang make TC sy lbh enak serena yg make TC. walau ga bisa dipersamakan wong jenis n cc nya beda tp yg saya gariskan disini adalah tarikannya.