Bosch iDisc : Konsep Rem Cakram yang Bersih dan Tahan Lama

by  in Hi-Tech&International
Bosch iDisc : Konsep Rem Cakram yang Bersih dan Tahan Lama
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan rem mobil lumayan menarik untuk diikuti. Mulai dari rem teromol, rem cakram, carbon ceramic dan rem kaliper ganda seperti di 720S, Aventador dan NSX. Urusan merek, kita mengenal produsen rem aftermarket terkenal seperti Brembo, HKS, AP Racing, Project Miu, StopTech dan lain-lain. Bosch ogah ketinggalan mereka, jadi mereka langsung meriset rem cakram baru bernama iDisc (Tidak ada hubungannya dengan Apple).

Bosch mengklaim bahwa iDisc bisa memberikan lebih banyak manfaat dibanding rem cakram besi biasa yang ada di mobil. Soal bahan, setelah cakramnya diproses secara mekanis, termal, dan galvanik, iDisc diberi lapisan bahan tungsten-carbide. Proses khusus ini menjadikan cakram yang lebih tahan lama dan yang menghasilkan debu rem 90 persen lebih sedikit. Debu rem lebih sedikit, berarti lebih minim polusi udara.

Meski belum pasti, Bosch iDisc kira-kira akan dibanderol tiga kali lebih mahal daripada cakram besi standar, tapi ia juga bakal tiga kali lebih murah daripada rem ceramic, jadi ia ada di tengah-tengah. Performa pengereman iDisc pun dijanjikan bagus, sebab brake fade iDisc mirip-mirip dengan rem ceramic dan tingkat keausannya lebih minim dibanding rem lain. iDisc dikatakan akan bertahan dua kali lebih lama dari pada cakram biasa, tergantung seberapa tebal lapisan tungsten-carbide yang ada.

iDisc juga tahan terhadap korosi, yang menawarkan keuntungan besar untuk mobil listrik atau mobil hybrid yang punya sistem pengereman regeneratif untuk mengisi kembali daya baterainya. Sayang tidak ada spek detail, namun Bosch bilang sudah ada satu merek mobil yang mau memakai rem cakram iDisc ini. Menurut MotorAuthority, merek tersebut adalah Porsche dan rem ini akan dipakai di Cayenne 2019, dan nama remnya jadi Porsche Surface Coated Brakes (PSCB).

Campuran tungsten-carbide nantinya akan dibakar ke permukaan dengan menggunakan oksigen berkecepatan tinggi, menciptakan permukaan keras setebal 100 mikron. Meski tipis, ini adalah permukaan yang bakal digunakan oleh rotor rem, dan Porsche mengatakan pemakaiannya bisa lebih lama, sekitar 30 persen hingga 200 persen tergantung gaya mengemudi. Urusan biaya, Porsche mengenakan biaya $3.490 (47 juta Rupiah) untuk rem PSCB-nya.

Lumayan hemat sih kalau dibanding PCCB yang bisa tembus $9.080 (122 juta Rupiah). Memang 47 juta itu masih mahal, tapi Bosch berharap skala ekonomi yang membaik akan membantu iDisc buat jadi pilihan utama para pabrikan mobil. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: