Bos Desain Zeekr : Produk Kami Siap Untuk Pasar Global Karena…

by  in  Berita & Editorial & International
Bos Desain Zeekr : Produk Kami Siap Untuk Pasar Global Karena…
0  komentar

Shanghai, AutonetMagz.com – Melanjutkan oleh-oleh kami dari China beberapa waktu lalu, tim AutonetMagz mendapatkan kesempatan spesial untuk interview bersama dengan Head of Design Zeekr, Javier Garcia-Gallardo. Dalam sesi tersebut, Javier menjabarkan banyak pandangannya terhadap produk Zeekr dan juga visi desain ke depan. Namun, ada sebuah informasi yang kami garis bawahi dan ingin kami ulas kali ini, yaitu kesiapan Zeekr menggarap pasar global.

Tim Global dan R&D di Eropa Jadi Modal Penting

Dalam sesi interview bersama Javier, kami menanyakan mengenai kesiapan Zeekr dalam menggarap pasar global. Seperti yang kita ketahui bersama, Zeekr sendiri merupakan brand luxury asal China yang masih relatif muda walaupun merupakan bagian dari Geely Group. Javier pun menjabarkan bahwa walaupun Zeekr masih berusia muda, namun Zeekr berbeda dengan merk China kebanyakan. “Mobil buatan kami dikerjakan dan didesain oleh tim yang bersifat sangat global. Ada lebih dari 400 desainer dan engineer yang berasal dari 30 negara lebih” ujar Javier. Fakta ini menunjukkan keberagaman yang dimiliki Zeekr sekaligus kemampuan Zeekr untuk menangkap kebutuhan pasar global.

Sejumlah mobil kami memang sedari awal didesain untuk kebutuhan pasar China, namun seperti 7X sedari awal didesain untuk pasar global, dan pengembangannya melibatkan tim global yang tak hanya dari tim desain saja namun juga engineer global” jelasnya. Javier juga mengingatkan kembali bahwa Zeekr memiliki pusat R&D yang lokasinya ada di Gothenburg, Swedia. Dan pusat R&D tersebut juga di Eropa bukannya tanpa sebab, melainkan untuk memenuhi kebutuhan akan spesifikasi mobil-mobil yang akan dipasarkan secara worldwide dari Zeekr. Inilah salah satu kekuatan dari Zeekr yang agaknya tidak dimiliki oleh mayoritas brand China lain, terutama di level luxury.

Zeekr Berbeda Dengan Brand China Lainnya

Menurut saya, dibandingkan brand China lain yang lair di China dan telah mengembangkan sayap di pasar global, Zeekr berbeda. Zeekr justru telah memulai operasional pusat R&D dan Desain sedari awal di luar China (Gothenburg, red)” jelas Javier. Bahkan, fakta menariknya, Zeekr Shanghai Design Center yang kami kunjungi usianya baru sekitar 7 bulan, dimana peresmiannya baru dilakukan di awal tahun 2024 ini. Dan dibentuknya Zeekr Shanghai Design Center sendiri untuk efisiensi waktu dan jarak dengan HQ Zeekr yang ada di China serta untuk lebih mengenal pasar China lebih dekat. “Saya percaya bahwa mobil-mobil buatan Zeekr akan lebih atraktif secara global dari sisi desain (ketimbang brand lain” tambah Javier.

Banyak pabrikan asal China ingin mengembangkan pasar mereka (ke luar China / Global) saat ini, namun mereka hanya memiliki studio desain di sini (China) saja” tutup Javier. Dari penjabaran Javier, kami pun bisa menyimpulkan bahwa Zeekr dalam hal ini memang selangkah di depan kebanyakan brand asal China lainnya. Dengan tim bersifat global dan R&D serta studio desain yang sedari awal sudah diposisikan untuk pasar global, tentunya Zeekr lebih mampu menangkap peluang dan kebutuhan konsumen global akan produk luxury bertenaga listrik. Jadi, kita tunggu saja kiprah ke depan mereka.

Bagaimana menurut kalian, kawan? Kami juga sudah menyampaikan laporan mengenai Zeekr Shanghai Design Center yang bisa kalian lihat di artikel terpisah.

Video Trip Zeekr 2024

Zeekr Shanghai Design Center Tour

Read Prev:
Read Next: