BMW Luncurkan M5 dengan Powertrain V8 PHEV! Kok Lebih Pelan?

by  in  Berita & BMW & International
BMW Luncurkan M5 dengan Powertrain V8 PHEV! Kok Lebih Pelan?
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah BMW Seri-5 generasi G60 meluncur pada pertengahan tahun lalu, tentunya BMW menjanjikan varian high peformance besutan M. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, M5 generasi ke enam kini dilengkapi dengan powertrain V8 PHEV, yang juga digunakan BMW XM. Sayangnya, meskipun M5 dengan kode bodi G90 ini memiliki tenaga yang lebih besar dari pendahulunya, ternyata mobil ini tidak lebih cepat daripada F90 yang digantikannya. Kok bisa?

Detail Teknis

BMW M5 G90 dibekali mesin V8 twin-turbo 4,4 liter bertenaga 591 hp dan torsi 750 Nm. Sementara motor listriknya bertenaga 194 hp dan torsi 280 Nm dengan baterai lithium-ion berkapasitas 22,1 kWh. Setup tersebut dipadukan dengan transmisi 8-speed M Steptronic dengan Drivelogic serta sistem gerak 4 roda M xDrive. Jarak tempuh pada mode EV berkisar antara 67 – 69 km dan dapat diisi melalui input AC maksimum 7,4 kW (pengisian penuh membutuhkan waktu 3 jam 15 menit). Dalam mode EV, top speed dibatasi di 140 km/jam dan dapat menikmati suara IconicSounds Electric.

Meskipun ia memiliki tenaga yang lebih besar dari pendahulunya, BMW M5 G90 ternyata tidak lebih cepat dari F90 yang digantikannya. F90 M5 non-PHEV membutuhkan waktu 3,4 detik untuk melaju dari 0-100 km/jam, sementara varian Competition membutuhkan waktu 3,3 detik. Nah, generasi ini membutuhkan waktu 3,5 detik untuk figur yang sama. Hal ini karena adanya penambahan berat akibat powertrain PHEV, dimana bobot keseluruhannya menjadi 2,445 kg (versi sebelumnya 1,971 kg).

Eksterior dan Interior

Dari segi desain, M5 dilengkapi wheel arches yang melebar dan side skirt yang membuatnya lebih lebar 75 mm di depan dan 48 mm di belakang. Apron depan mirip Seri 5 G60 biasa dengan gril kidney yang sebagian tertutup. Bedanya, gril diberi lapisan hitam gloss dan emblem M5. Sektor kaki-kakinya sendiri dibikin belang, dimana ban depan berukuran 285/40 ZR20 dan belakangnya 295/35 ZR21. Beralih belakang, terdapat duck tail, diffuser yang terbelah menjadi dua bagian, dan knalpot Black Chrome.

Di bagian dalam, M5 mempertahankan layout dasbor layaknya Seri 5 biasa. Interiornya dihiasi banyak printilan khas M, seperti setir dengan red centre marker dan tombol M untuk mode berkendara yang dipersonalisasi. Curved display dengan kluster instrumen digital 12,3 inci dan layar sentuh tengah 14,9 inci juga mendapat sentuhan khusus khas M, begitu pula dengan Interaction Bar ambient lighting yang diperluas dan head-up display.

Bakal Ada versi Touring!

Kabarnya, BMW G90 M5 akan melaksanakan debut perdana dunianya di Goodwood Festival of Speed ​​yang akan dilaksanakan pada Juli tahun ini. Sementara produksinya akan dimulai pada bulan yang sama di Pabrik BMW Group di Dingolfing, Jerman. Peluncuran untuk pasar global dimulai pada November 2024, dan menariknya versi Touring juga akan diperkenalkan akhir tahun ini. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: