Bensin Bocor, Nissan Recall Serena, New X-Trail dan Juke di Jepang

by  in International&Nissan
Bensin Bocor, Nissan Recall Serena, New X-Trail dan Juke di Jepang
0  komentar

Nissan X-trail baru bermasalah di Jepang kena recallJakarta, AutonetMagz – Kabar tidak gembira datang dari Jepang, Nissan Motor Company dikabarkan melakukan recall terhadap 247 ribu unit mobil mereka karena kemungkinan terjadinya kebocoran bahan bakar pada mesin injeksi beberapa mobil mereka dikarenakan dua kesalahan terpisah terhadap sistem suplai bahan bakar.

Kesalahan pertama disebabkan oleh sensor tekanan di fuel rail pada mesin mobil Nissan denan kode MR20DD dan MR16DT yang merupakan salah satu mesin yang populer di Jepang. Sensor tekanan tersebut dapat berpotensi rusak karena getaran mesin yang dapat mengakibatkan dudukan sensor renggang dan menyebabkan kebocoran bensin.

Nissan Serena samping

Recall ini akan menimpa 212 ribu unit termasuk Nissan Serena C26 rakitan 15 November 2010, 10 ribu Nissan X-Trail T32 (generasi terbaru) rakitan 22 November 2013 dan terakhir Nissan Juke dengan mesin 1.6 DIG-T rakitan 28 November 2011. Untungnya untuk pasar Indonesia, Mesin MR20DD hanya hadir di Nissan X-Trail generasi terbaru, sedangkan Nissan Serena terbaru hadir dengan mesin MR20 saja tanpa buntut DD di belakangnya. Sedangkan untuk mesin Nissan Juke, varian Indonesia mendapatkan varian mesin 1.500 cc, bukan mesin 1.6 DIG-T.

Sedangkan kesalahan kedua masih ada pada masalah bensin, namun bukan kebocoran, melainkan masalah fuel pump yang memiliki desain buruk sehingga bisa menyebabkan pompa bensin bertekanan tinggi tersebut membeku di cuaca dingin dan berhenti bekerja. Recall ini khusus terjadi hanya pada Nissan Serena C26 dengan penggerak AWD rakitan 15 November 2010, untungnya di Indonesia tidak ada unit Nissan Serena AWD dan Indonesia bukan negara bersalju.

Wallpaper Nissan Juke 2014

Di Indonesia, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi bahwa Nissan akan melakukan recall terhadap Nissan X-Trail terbaru yang memiliki mesin MR20DD seperti halnya unit yang mendapatkan recall di Jepang.

Sedangkan di negara tetangga, Malaysia, Nissan melakukan recall khusus untuk unit Nissan Serena S-Hybrid terkait sensor tekanan bahan bakar. Semoga saja karena di Indonesia merupakan rakitan lokal, Nissan X-Trail tidak akan terkena recall.

Read Prev:
Read Next:
  • kaskuser

    Belajr dari datsun, nggak mungkin nissan bakalan recall, kecuali sampe pemilik pada demo sama ada kejadian kebakaran

  • tuan kreb

    Huft alhamdulillah gw juga barusan check di brosur serena ternyata MR20 aja, gw kira MR20DD kaya xtrail baru. Sebelumnya sempet panik sama serena dirumah. Thanks autonet infonya!

  • carlovers

    wadaaaw nissan kenapa lagi nih? kok bisa ada kejadian kayak gitu? tapi mendingan cepet-cepet di recall

  • tim

    Setau gw serena C26 pake MR20DD juga, karna menurut channel sebelah xtrail baru pake mesin yg sama persis sama serena C26