BBS dan Recaro Terancam Bangkrut! Bakal Jadi Barang Langka?

by  in  Aftermarket & Berita & International
BBS dan Recaro Terancam Bangkrut! Bakal Jadi Barang Langka?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kali ini, ada berita duka untuk para petrolhead. Karena menutup bulan Juli sekaligus membuka bulan Agustus ini, ada dua produsen parts aftermarket kesohor yang terancam bangkrut. kedua produsen itu ialah Recaro, pemasok jok asal Jerman dan BBS yang merupakan pemasok pelek dengan desain yang khas. Tetapi, kebangkrutan tersebut hanya terjadi di anak perusahaannya yang berada di Jerman. Bagaimana detailnya, mari kita bahas lebih lanjut!

Ada Apa Dengan Recaro?

Menurut Recaro, kebangkrutan mereka disebabkan oleh kesulitan finansial yang signifikan akibat kenaikan harga yang ekstrem dalam beberapa tahun terakhir. Kenaikan harga tersebut mengakibatkan krisis pada Recaro dan hilangnya kontrak besar. Selain itu, dampak dari legacy produk dan operasi bisnis berdampak pada pengembangan produk baru selama menurunnya angka penjualan kendaraan di tingkat regional.

Penting untuk diketahui bahwa proses kepailitan hanya terbatas pada Recaro Automotive GmbH (Jerman) dan tidak memengaruhi grup Recaro lainnya. Termasuk legal entities seperti Recaro Automotive Jepang dan Recaro Automotive Amerika Utara. Grup lainnya akan terus mengembangkan, memproduksi, dan menjual jok Recaro. Recaro juga memiliki beberapa bidang bisnis selain otomotif, termasuk kursi pesawat, gaming seat, child safety seating, railing jok, dan aplikasi khusus.

Bagaimana dengan BBS?

BBS juga telah mengajukan proses kepailitan di pengadilan lokal Rottweil, Jerman. Perusahaan tersebut dilaporkan telah berhenti membayar gaji sejak Mei. Masalah keuangan pada BBS mungkin tidak terlalu mengejutkan, karena sebelumnya BBS juga pernah ‘bangkrut’ pada tahun 2007, 2010, 2020 dan 2023 (ini adalah kelima kalinya!). Berdasarkan pernyataan dari BBS Jepang dari ‘kebangkrutan’ sebelumnya, dikatakan bahwa tidak ada hubungan ekuitas antara BBS Automotive GmbH (Jerman) dan BBS Jepang.

BBS Jerman memproduksi casting wheels sementara BBS Jepang memproduksi dan menjual forged wheels. BBS Jepang tidak pernah mengimpor atau menjual casting wheels dari Jerman. BBS Jepang juga mengklarifikasi bahwa BBS Motorsports adalah anak perusahaan yang 100% dimiliki oleh BBS Jepang dan merupakan perusahaan yang terpisah dari BBS Automotive GmbH. BBS Jepang memiliki trademark BBS untuk velg forged dan dampak kebangkrutan BBS Automotive GmbH dianggap ‘kecil’.

Nah, bagi kalian yang memiliki parts BBS atau Recaro asal Jerman, tolong dijaga baik-baik ya. Siapa tau bisa menjadi ‘investasi’ yang menarik di masa depan. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan di kolom koemntar!

Read Prev:
Read Next: