Aston Martin Cygnet V8, Iblis Bertampang Polos yang Sesungguhnya!

Aston Martin Cygnet V8, Iblis Bertampang Polos yang Sesungguhnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Aston Martin Cygnet mungkin bisa jadi Aston Martin paling terjangkau, tapi kehadirannya pun menjadi benalu di pohon keluarga Aston Martin. Bayangkan, Aston Martin, merek flamboyan asal Inggris yang jadi andalannya James Bond harus bikin mobil kutu 4 silinder yang sebenarnya adalah Toyota iQ yang dimahalin oleh Aston Martin? Jangankan James Bond, Bond Girl saja mungkin tidak mau melirik mobil ini. Buat apa Aston Martin bikin beginian?

Sebenarnya Aston Martin sendiri bukan bikin Cygnet karena mereka mau, tapi karena mereka harus bikin Cygnet demi lolos dari hukuman pajak emisi pemerintah setempat. Sebenarnya Cygnet sudah lama stop produksi, tapi sekali ini saja Aston Martin ingin membuat Cygnet menjadi Aston Martin seutuhnya hingga ke dalam-dalamnya. Inilah Aston Martin Cygnet V8, mobil kutu bermesin V8 eks Aston Martin Vantage S hasil ciptaan divisi Q by Aston Martin. Gokiilll…

Singkat saja, jadi ini memang Aston Martin Cygnet yang jauh lebih gila daripada city car pada umumnya. Di balik ruang mesinnya, duduk manis mesin 4.700 cc V8 naturally aspirated dengan tenaga 430 hp, tapi karena Cygnet ini jauh lebih kecil dan ringan daripada Vantage S lama, ia malah jauh lebih gahar. Menurut Aston Martin sendiri, 0-100 mobil ini cukup 4,2 detik dan kecepatan maksimumnya 272 km/jam. City car ini larinya seperti setan ya?

Tentunya, memasang mesin V8 eks Vantage S ke Cygnet bukanlah perkara sederhana. Posisi memasangnya saja sudah beda, sebab kalau mesin V8 Vantage S posisinya longitudinal, sementara Toyota iQ… Maaf, maksudnya Cygnet pakai mesin 1.300 cc yang dipasang transversal. Teknisi Aston harus memasang sekat dan saluran transmisi baru untuk memberi ruang bagi mesin yang lebih besar, tetap pakai girboks otomatis 7 percepatan dan memperpendek driveshaft Vantage untuk masuk ke Cygnet.

Mobil ini juga sudah dipasangi roll cage, jok bucket Recaro, dan dashboard berbahan carbon fiber. Suspensi harus dikerjakan ulang dari nol, bodi dirombak habis-habisan dan rem cakram yang lebih besar dipasang untuk menjaga mobil ini supaya tidak gampang menabrak. Ada cakram 380mm di depan dengan kaliper enam piston, dan cakram 330mm dengan empat pot di belakang. Sayangnya mobil ini dibuat buat pameran di Goodwood FOS saja, tapi sungguh pantas buat dipamerkan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: