Apa Pendapatmu Jika Jalan Raya Dibuat Dari Plastik dan Bukan Aspal?

Apa Pendapatmu Jika Jalan Raya Dibuat Dari Plastik dan Bukan Aspal?
0  komentar
jalanan-dari-bahan-plastik

AutonetMagz.com – Biasanya, jalanan yang kita lintasi dengan kendaraan setiap hari terbuat dari aspal, dan karena sudah lama memakai bahan olahan minyak bumi ini, kita sudah tahu plus-minusnya aspal kalau dipakai untuk melapisi jalanan. Tapi bagaimana kalau suatu pihak menyarankan bahan lain untuk menggantikan aspal? Bukan beton lho, melainkan bahan plastik. Wah, bagaimana maksudnya ini?

Ide ini digagaskan oleh sebuah perusahaan Belanda, yakni VolkerWessels yang berlokasi di Rotterdam. Mereka ingin membangun jalan raya yang terbuat dari bahan plastik yang mudah dibongkar-pasang seperti mainan. Jalanan ini juga didesain dengan rongga di bagian dalamnya untuk memungkinkan instalasi pipa-pipa air dan kabel-kabel juga bisa dipasang dengan baik tanpa gangguan berarti.

Prototipenya belum diuji, tapi secara teori, tenaga dan biaya yang diperlukan untuk merawat jalan tersebut akan jauh lebih sederhana daripada jalanan yang dibuat dengan aspal.

jalan-raya-berbahan-plastik

Akan tetapi, Gizmodo berpendapat kalau jalanan plastik belum 100% layak pakai, karena memang masih disiapkan menuju tahap pengujian. Ide di balik desainnya sebenarnya memiliki bau pemikiran yang futuristik nan pintar tentang jalanan plastik, khususnya kalau memang perawatannya lebih murah dan mudah.

Tentu saja mereka akan pikir-pikir soal kekuatan, keselamatan dan hal lain yang penting soal jalanan baru ini. Bagaimana bayanganmu kalau jalanan di masa depan nanti semuanya terbuat dari bahan plastik? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: