Apa Pendapatmu Jika Jalan Raya Dibuat Dari Plastik dan Bukan Aspal?

Apa Pendapatmu Jika Jalan Raya Dibuat Dari Plastik dan Bukan Aspal?
0  komentar
jalanan-dari-bahan-plastik

AutonetMagz.com – Biasanya, jalanan yang kita lintasi dengan kendaraan setiap hari terbuat dari aspal, dan karena sudah lama memakai bahan olahan minyak bumi ini, kita sudah tahu plus-minusnya aspal kalau dipakai untuk melapisi jalanan. Tapi bagaimana kalau suatu pihak menyarankan bahan lain untuk menggantikan aspal? Bukan beton lho, melainkan bahan plastik. Wah, bagaimana maksudnya ini?

Ide ini digagaskan oleh sebuah perusahaan Belanda, yakni VolkerWessels yang berlokasi di Rotterdam. Mereka ingin membangun jalan raya yang terbuat dari bahan plastik yang mudah dibongkar-pasang seperti mainan. Jalanan ini juga didesain dengan rongga di bagian dalamnya untuk memungkinkan instalasi pipa-pipa air dan kabel-kabel juga bisa dipasang dengan baik tanpa gangguan berarti.

Prototipenya belum diuji, tapi secara teori, tenaga dan biaya yang diperlukan untuk merawat jalan tersebut akan jauh lebih sederhana daripada jalanan yang dibuat dengan aspal.

jalan-raya-berbahan-plastik

Akan tetapi, Gizmodo berpendapat kalau jalanan plastik belum 100% layak pakai, karena memang masih disiapkan menuju tahap pengujian. Ide di balik desainnya sebenarnya memiliki bau pemikiran yang futuristik nan pintar tentang jalanan plastik, khususnya kalau memang perawatannya lebih murah dan mudah.

Tentu saja mereka akan pikir-pikir soal kekuatan, keselamatan dan hal lain yang penting soal jalanan baru ini. Bagaimana bayanganmu kalau jalanan di masa depan nanti semuanya terbuat dari bahan plastik? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Raynald

    Selagi bisa jalan dan aman ane terima aja udah hahaha

  • Ardhie Yoodha

    Yang penting bisa di lintasi + aman & irit biaya..!!

    Ak lebih suka jalan beton sih..

  • yb

    Wah enak kalo banjir bisa mengapung sendiri bisa utk tempat mengungsi..tp mgkn cepat hbs di colong tukang loakan wkwkwkwk..

  • rs

    Kalau terlalu berat bebannya bakal retak nggak ya??

    • Hillarius Satrio

      pastinya itu masuk salah satu aspek pengujian

  • deathstalker

    Jalanan juga ngga mau kalah, ikutan tren oplas

    • Hillarius Satrio

      plastic surgery everywhere

  • Hoam Assegaf

    Bagus, kalau ada anak2 jatoh gak lecet/luka.

  • kabe kabe

    Yang beton aja bisa retak sampe kroak. Apa lagi plastik.

  • jason

    waktu ini beras plastik skrg ada lagi jalanan plastik hadehh

    • Hillarius Satrio

      mungkin besok mobil dari plastik.. eh, itu sih udah banyak ya

  • azom

    Mungkim nanti ada tulisan lion star ato mungkin made in china seperti di mainan plastik yg biasa kt beli…

    • Hillarius Satrio

      wakakakakaka.. atau ga kiramas, cintai produk dalam negeri

  • farid

    yang saya bingung adalah apakah ban kendaraan bisa dapat grip yg baik di jalan plastik, atau plastiknya dibuat dgn bahan khusus yg bisa dilewati kendaraan,dan tahan dgn panas

    • qoqo

      Nah, kalo engga mobil2 drifting dimana2…

  • farid

    nggak kebayang jika melakukan aksi burnout di jalan plastik kaya gini

    • qoqo

      bau ban kebakar+plastik kebakar, yeks

  • Dhikaz

    selama gak di bakar
    sama bebannya bisa nahan yang berat berat rasanya gak ada masalah.

  • Fredi

    Di Belanda=Pasti Oke !!! aturannya jelass
    Di Indonesia ? eit..nanti dulu..selama jembatan timbang tidak meloloskan truk yang melebihi tonase pasti fine-fine ajah

  • dewok

    Kurang cocok untuk negara tropis, butuh uji tahan panas, takut berubah strukturnya. Klo buat jalan gang bisa dicoba, hihihi

  • NAistheBest

    Concept keren nih, tapi di Indonesia juga udah banyak kok aspal yang dilapisi plastik (plastik mineral gelas, plastik kresek, dsb alias sampah), wohooo Indonesia One step ahead!

  • Azhar Lazuardi

    plastik? kaya lego nih jalanannnya heemm…

  • Azhar Lazuardi

    plastik? kaya lego nih jalanannnya heemm…