All-Wheel Drive Challenge Subaru, Test Drive yang Unik, Beda dan Menantang! [with Video]

by  in Event&IIMS 2014&Subaru
All-Wheel Drive Challenge Subaru, Test Drive yang Unik, Beda dan Menantang! [with Video]
0  komentar

Test drive Subaru XV medan extreme ekstrimAutonetMagz.comTest drive saat ini seolah menjadi ritual wajib setiap orang sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru. Masing-masing APM pun berlomba-lomba membuat acara test drive semenarik mungkin, mulai dengan iming-iming hadiah dan sebagainya. Namun ada yang beda dengan PT Motor Image Indonesia selaku APM Subaru di tanah air.

Biasanya, rute test drive hanya berkisar di jalanan yang itu-itu saja, seperti area parkiran, perumahan, dan jalan protokol lainnya, Subaru justru ingin menunjukan bahwa mobilnya mempunyai kemampuan yang lebih, sehingga calon konsumen yang gereget karena hasratnya tidak terpenuhi dalam mengeksplor mobil yang diujinya tidak terjadi pada test drive Subaru.

Subaru siap melayani hasrat terpendam anda melalui rangkaian tantangan test drive yang tidak biasa anda jumpai di event test drive manapun. Bertajuk Subaru All-Wheel Drive Challenge di IIMS kemarin, Subaru ingin menunjukkan ke semua orang bahwa mobil mereka memang berbeda dari kompetitornya, terutama dalam hal kecanggihan rancang bangun sebuah mobil dan teknologi pendukung kestabilan.

Harga Subaru XV dan harga Subaru Forester

Dengan menyediakan unit test Subaru XV dan Subaru Forester, sejumlah rintangan sudah disiapkan untuk membuktikan kehandalan dua SUV ini. Apa sajakah rintangan yang disuguhkan oleh Subaru?

Rintangan pertama adalah Side Ramps, dimana kita ditantang untuk mengemudikan mobil melalui sebuah ramp yang memiliki kemiringan yang ekstrim dan akan membuat salah satu ban mobil terangkat hingga tidak menyentuh aspal. Takut mobil ini akan terbalik? Tenang saja, lewati saja ramp ini seperti biasa dan kita akan baik-baik saja. Inilah keuntungan dari mesin boxer Subaru yang membuat bagian kiri dan kanan mobil memiliki distribusi berat seimbang, sebab bila menggunakan mesin inline seperti mobil-mobil lainnya, biasanya bobot akan lebih berat di salah satu sisi dan kemungkinan mobil terbalik menjadi lebih besar.

Kelebihan test drive mobil SUV Subaru Forester IndonesiaRintangan Side Ramps

Sesudah Side Ramps, berikutnya adalah Shell Pits. Shell Pits adalah ilustrasi kondisi jalanan yang tidak rata alias bumpy, seperti jalanan off road, jalanan di pedalaman atau pedesaan dan lain sebagainya. Di sini, Subaru masih bisa melaju dengan lurus tanpa adanya gejala kehilangan kendali seperti mobil lain. Enaknya lagi, di sini Subaru menunjukkan kombinasi suspensinya yang pas antara kestabilan mobil dan kenyamanan penumpang.

Berlanjut ke Cross Rollers, dimana mobil akan kembali melintasi ramp yang tidak rata antara bagian kanan dan kiri. Test Driver akan diminta untuk berhenti sejenak dan menyadari bahwa ternyata mobil ini berhenti dengan satu atau dua ban menggantung dan tidak menapak di tanah, namun sasis mobil ini masih lurus seperti saat keempat ban menapak sempurna. Buktinya, semua pintu masih bisa dibuka dan ditutup dengan mudah berkat sasisnya yang rigid. Kalau menggunakan mobil lain, sasisnya pasti akan melintir dan pintu pun jadi sulit untuk dibuka dan ditutup seperti biasa.

Kelebihan Symmetrical All Wheel Drive AWD SubaruRintangan Cross Rollers

Sudah puas dengan Cross Roller, saatnya mencoba Roller Pits. Ini adalah ramp yang dilengkapi dengan sejumlah roller yang bisa membuat ban kehilangan traksi dan susah untuk lolos dari rintangan ini, apalagi bila kita memakai mobil biasa yang notabene hanya berpenggerak roda depan atau belakang saja. Di sinilah sistem Symmetrical All-Wheel Drive Subaru menunjukkan kemampuannya, karena saat roda depan atau belakang atau bahkan keempat roda terjebak di rintangan roller dan kehilangan traksi, sistem akan mengatur distribusi tenaga ke setiap roda sehingga mobil dapat melalui rintangan dengan mudah dan cepat. Ini sangat memudahkan ketika kita harus melalui jalanan yang licin, berlumpur dan berlubang.

Tantangan pamungkasnya adalah X-Mode yang terdiri dari sebuah tanjakan dan diakhiri dengan turunan. Tapi tunggu dulu, tanjakan yang dimaksud bukanlah tanjakan biasa, namun tanjakan yang telah dilengkapi sejumlah roller dan bisa membuat ban selip akibat kehilangan traksi. Pada kasus ini, tiga ban mobil akan mengalami selip, sehingga mau tak mau, hanya satu ban saja yang akan digunakan mobil untuk menanjak. Terdengar mustahil? Mungkin bagi mobil-mobil lain memang begitu, tapi ketika kita memakai Subaru, hal tersebut tidak masalah sama sekali. Penyaluran tenaga dari mesin ke ban sangat halus dan efektif, sehingga mobil mampu menanjak seperti biasa tanpa harus takut kehilangan kendali akibat tiga ban yang selip tadi.

Bagaimana setelah menyaksikan video test drive Subaru XV di atas, kelihatan sangat mengasyikkan dan menantang bukan? Bila jalanan ekstrim seperti ini saja bukan masalah bagi mobil-mobil Subaru, apalagi jalanan biasa yang kita lewati sehari-hari. Kami sudah membuktikan kehandalan Subaru lewat tantangan ini dan lewat First Impression & Test Drive Subaru XV yang pernah kami coba sebelumnya, bagaimana dengan anda?

Yuk, test drive mobil Subaru sekarang, kunjungi dealer Subaru atau tunggu event test drive Subaru lainnya, seperti All-Wheel Drive Challenge yang pernah digelar bulan Juni lalu di Mall Central Park Jakarta Barat. Kami jamin anda ketagihan! Kami pun demikian 😀

Read Prev:
Read Next:
  • Maryanto

    oo gini toh kegunaan sistem AWD
    baru tau,,thank autonetmagz

  • rizki

    Untuk XV tipe AWD apakah juga dirakit di Malaysia?

    • Hillarius Satrio

      ya, semua XV yang dijual di Indonesia adalah unit rakitan Malaysia

  • Jetho

    Subaru memang beda. Harganya mahal dan harga jual kembali jatuh itu yang ngga nguatin

  • Andy

    Setahu saya, sistem AWD Subaru lebih advance dari AWD biasa. Pada mobil-mobil AWD lain yang tidak dilengkapi Traction Control, pada saat 1 roda terangkat dan tidak kontak dengan permukaan jalan, maka seluruh torsi mesin akan pergi ke roda tersebut. Hal ini mengakibatkan mobil tidak dapat bergerak. Hal berbeda pada Subaru dengan istilah Symmetrical AWDnya, sistem ini akan membagi torsi pada semua roda pada saat gejala wheelspin terdeteksi. CMIIW.

  • Andy

    Kalau soal kegunaan, mobil AWD akan lebih stabil pada kecepatan tinggi dari mobil 2WD, karna mereka mendapatkan grip dari keempat rodanya, bandingkan dengan mobil 2WD yang mendapatkannya dari 2 roda.
    Pada saat menikung, grip akan ada di roda terluar depan dan/atau belakang. Bandingkan dengan mobil 2WD, grip hanya akan ada di 1 roda terluar, depan jika FWD dan belakang jika RWD. CMIIW.

  • Fachri

    jdi inget dulu kakek punya Subaru Leone, taun 80an aja tuh mobil di bandung udah gaya sendiri, pintu frameless! mesinnya mah gatau, gw nubie,,,hihihiii

  • Huda

    Subaru adalah divisi mobil dari Fuji Heavy Industries Japan, perusahaan manufaktur supply komponen pesawat Boeing dan Airbus. Subaru amat sangat terkenal di negara maju karena keawetan, performa, dan AWD. Bayangkan di luar negeri masih banyak mobil Subaru tahun 1980-1990 yang masih berjalan tanpa ada masalah. Ya karena Subaru juga produksi komponen pesawat terbang yang bisa bertahan sangat lama (umur pesawat 50 tahun lebih). Dan itu diturunkan ke mobil2-nya.