All New Toyota Mirai Debut December 2020, Makin Besar!

by  in Berita&Merek Mobil&Mobil Baru
All New Toyota Mirai Debut December 2020, Makin Besar!
0  komentar

Autonetmagz.com – Toyota Mirai dikenal sebagai salah satu mobil berteknologi Fuel Cell pertama yang diproduksi secara massal dan setelah enam tahun menunggu generasi keduanya sudah siap debut di Jepang. Toyota mengumumkan tanggal debut generasi kedua Mirai pada website mereka melalui teaser mobilnya, namun pabrikan asal Jepang tersebut belum merilis detail teknis mengenai mobil ini. Jadi sejauh ini apa yang sudah diketahui soal Toyota Mirai generasi kedua? Yuk kita bahas.

Kita mulai dari segi desainnya dulu dimana kalau generasi pertama Toyota Mirai lebih mengincar bahasa desain futuristis dengan lekukan-lekukan tajam, sekarang styling-nya jauh lebih kalem. Generasi kedua Toyota Mirai lebih condong kepada midsize sedan, tapi sekarang ia sudah naik berat badan sedikit dan melebar menjadi Executive sedan. Kok bisa begitu? Well, generasi kedua dari Toyota Mirai bakal menggunakan platform TNGA-N (Toyota New Global Architecture) yang sama dengan Toyota Crown generasi terkini. Jadi, bisa dibilang mereka saudara dekat sekarang. Karena ia menggunakan platform TNGA-N , Toyota Mirai generasi kedua lebih rendah, lebar dan panjang ketimbang model sebelumnya.

Nah, sekarang mari kita bahas soal penampilannya, mulai dari depan bisa dilihat fascia-nya jauh berbeda ketimbang generasi sebelumnya. Kalau generasi pertama mengincar tampilan futuristic urban car, model terbarunya cenderung lebih mewah dengan grille yang besar serta lampu utama LED yang tidak sepipih dulu. Pindah kesamping, silhouette mobil ini sebelas duabelas dengan Toyota Crown generasi terkini, balik lagi karena mereka menggunakan platform yang sama. Kemudian untuk velg ia mendapatkan desain turbofan yang elegan dengan ukuran besar, yang memberikan penampilan mewah. Ke bagian belakang, Toyota memberikan lampu LED yang memanjang dengan logo Toyota ditengah. Secara keseluruhan penampilan mobil ini jauh lebih kalem ketimbang generasi pertamanya.

Masuk kedalam interior, sekarang kabinnya juga memiliki rasa premium dengan hadirnya soundsystem JBL yang memiliki 14 speaker, kaca spion digital serta layar infotainment dan instrument cluster digital besar. Fitur-fitur ini merupakan upgrade yang bagus dari generasi pertama Toyota Mirai dan membuatnya menjadi pilihan sedan premium bagi orang-orang yang menginginkan Toyota Crown bertenaga hidrogen. Toyota pun berencana untuk meningkatkan jarak tempuh Toyota Mirai sebanyak 30 persen. Generasi pertama Toyota Mirai memiliki jarak tempuh 502 km sedangkan kalau Toyota berhasil menaikkan jarak tempuhnya, maka angka tersebut bakal mencapai 653 km dengan satu tangki penuh hidrogen.

Walaupun ini semua terdengar menarik, sayangnya pasar untuk mobil bertenaga hidrogen belum seluas mobil listrik. Peminatan terhadap mobil listrik meningkat setiap tahunnya dan fasilitas-fasilitas untuk mendukung pergerakan ini ditambah setiap harinya. Sayangnya untuk mobil hidrogen, dukungan sebanyak itu harus menunggu waktu yang lumayan lama. Sebagus apapun Toyota Mirai generasi kedua nanti, itu semua akan sia-sia kalau tidak ada infrastruktur yang mendukung.

Bagaimana menurut kalian soal Toyota Mirai generasi kedua ini? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: