7 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Modifikasi Mobil

by  in Serba 7
7 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Modifikasi Mobil
0  komentar
Modif KIA Sorento terbaru dengan cakar X-Men 2015

Jakarta, AutonetMagz – Agar terlihat lebih ke-kinian, beberapa orang memilih untuk memodifikasi mobil mereka sesuai dengan selera masing-masing. Kali ini AutonetMagz ingin berbagi sedikit tentang tips-tips yang harus kamu lakukan sebelum me-modifikasi mobil kamu.

  1. Tentukan Konsep

Sebelum kita melakukan modifkasi kendaraan, mari kita tentukan dulu konsep apakah yang akan kita bangun pada kendaran kita. Ada berbagai aliran modifikasi mulai dari Elegant, Luxury, Itasha, Classic, Retro, Off roader dan yang lainnya. Setelah kita menemukan konsep yang cocok untuk kendaraan kita, jangan lupa untuk googling contoh-contoh modifikasi dengan aliran yang sesuai dengan yang kita aplikasikan pada kendaraan kita.

Datsun-GO-Panca-Modifikasi
  1. Siapkan Anggaran

Apa yang paling penting pada proses modifikasi kendaraan? Tentu saja “budget” atau anggaran. Jangan pernah sepelekan hal ini ketika kamu membangun mobil kamu, karena kesalahan perencanaan keuangan saat memodifikasi mobil bias menyebabkan hal yang sangat fatal seperti mobil yang tak kunjung jadi, kualitas modifikasi tidak sesuai dengan keinginan atau mencicil part modif selama bertahun-tahun tanpa kita sadar ternyata mobil kita sudah tua dan ada kebutuhan lain yang lebih mendesak. Jika anda ingin memodifikasi mobil dengan budget yang cukup tinggi, tidak ada salahnya untuk mengurangi budget pembelian mobil baru demi menambah anggaran modifikasi mobil kamu. Atau jangan sampai kamu menyesal memodifikasi mobil kamu karena dengan uang yang kamu keluarkan selama modifikasi ternyata justru bias membeli trim atau mobil yang lebih mahal dari yang kamu beli saat ini.

  1. Buat List Parts Modifikasi

Setelah kamu punya konsep dan punya budget, sekarang waktunya kamu untuk survey harga spare part yang kamu butuhkan. Buat list barang apa saja yang kamu butuhkan untuk mengubah penampilan mobil kamu agar modifikasi lebih terencana dan tidak sekedar lapar mata ketika browsing aksesoris atau part di toko modifikasi, karena lapar mata adalah musuh utama bagi kantong anda. Dari part tersebut, jangan lupa untuk memberikan kisaran harga agar sesuai dengan anggaran awal. Jangan lupa juga siapkan juga biaya ongkos pasang pada saat menulis part modifikasi ini, karena tidak semua part modifikasi bisa dipasang sendiri tanpa bantuan abang bengkel.

  1. Survey Harga

Oke, sekarang kamu sudah punya konsep, budget dan list part apa saja yang kamu butuhkan. Nah kini saatnya buat kamu untuk hunting spare part dan harga. Eits, jangan beli dulu, ini masih sebatas survey saja. Kumpulin beberapa merk parts, tipe yang kamu butuhkan dan pastinya cocok buat mobil kamu. Kumpulin rincian harga, survey beberapa toko fisik dan toko online yang ada di deket rumah kamu. Setelah semua terkumpul dan mendapatkan harga yang lebih rendah. Barulah putuskan untuk beli yang mana.

Modifikasi audio KIA Rio
  1. Perhitungkan Waktu Modifikasi

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk modifikasi? Ini juga tidak kalah penting dengan merencakan anggaran. Terutama untuk kamu yang menggunakan mobil untuk kebutuhan sehari-hari, tentunya akan sangat rugi jika mobil kamu harus mampir ke bengkel selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Nah, sesuaikan jadwal kapan kamu pakai kendaraan kamu sehari-hari agar tidak mengganggu. Dan pilih bengkel terpercaya yang bisa mengerjakan hal tersebut secara tepat waktu dengan kualitas pengerjaan yang baik.

  1. Kenali dan Pahami resiko Modifikasi

Tidak jarang saya mendengar keluhan dari kawan akan modifikasi yang telah ia lakukan terhadap mobilnya, misalkan seperti menggganti velg terlampau besar menyebabkan mobil gesrot atau mentok, atau modifikasi kelistrikan yang seringkali membuat mobil rewel. Nah agar hal ini tidak terjadi, pahami batas-batas kewajaran yang anda masih bisa toleransi dalam hal mengemudi dan kenyamanan. Pastikan modifikasi yang kamu lakukan tidak sampai melebihi batas kenyaman kamu dan penumpang, kecuali jika mobil kamu memang jarang terpakai atau memang hanya digunakan untuk kontes, sehingga anda tidak begitu peduli dengan penggunaan sehari-hari.

Mitsubishi Outlander Sport modif
  1. Baca Buku Garansi dan Tanya Mengenai Batasan Modifikasi Kendaraan

Untuk anda yang membeli mobil baru, tidak ada salahnya untuk menanyakan soal garansi sebelum anda memodifikasi mobil anda. Karena banyak beberapa modifikasi yang bisa menggugurkan garansi kendaraan jika sewaktu-waktu anda mengalami masalah. Kecuali memang anda sudah siap untuk menggugurkan garansi ketika melakukan modifikasi mobil.

Nah itulah tips tips dari AutonetMagz sebelum kamu modifikasi mobil, jangan sampai modifikasi karena hanya lapar mata dan menghasilkan mobil modifikasi dengan konsep yang tidak jelas ya! Hehehe….

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • veyvez

    Jangan sampe jadi ricer mas.. Hehehe

    • Ridwan Hanif

      iya, makanya konsep penting, jangan asal laper mata, beli terus pasang… hehehe

  • rizky

    Kebanyakan orang memodifikasi mobilnya dengan cara menyicil barang yang akan di aplikasikan ke mobilnya soalnya berat di kebutuhhan sehari hari sih ya
    Mungkin modif secara langsung sih ga ada
    Kalau ungangnya terkumpul untuk modifikasi mobil secara langsung orang itu akan berfikir mending gua beli mobil mewah atau beli supercar sekalian dari pada uangnya untuk modifikasi sana sini
    Lebih efektif

  • erik

    Kalo yg baca autonetmagz pasti gak bakal jd ricer.

    Btw IG @indoricer d banned ya ?

    • Ridwan Hanif

      hah? masa sih? emang kayanya sekarang nggak pernah ngepost… sayang amat..