7 Perbedaan All new Nissan X-Trail Indonesia dan Thailand

by  in Nasional&Nissan&Serba 7
7 Perbedaan All new Nissan X-Trail Indonesia dan Thailand
0  komentar
Harga Nissan X-trail baru All New 2015

Jakarta, AutonetMagz – Umumnya spesifikasi kendaraan edisi Indonesia memiliki banyak pengurangan spesifikasi untuk mengejar harga jual yang lebih terjangkau dan mengurangi fitur-fitur yang tidak begitu berguna bagi pasar Indonesia. Termasuk salah satunya Nissan X-Trail yang memiliki beberapa perbedaan dengan versi produksi Thailand. Ini dia 7 Perbedaan All New Nissan X-Trail Indonesia dan Thailand.

1. Jumlah Airbag
Di Indonesia, Nissan X-Trail yang tertinggi sekalipun hanya memiliki 2 buah airbags. Untuk pasar Thailand All New Nissan X-Trail justru dibekali dengan 2 airbags tambahan yang terdiri dari dua buah side airbags tanpa airbags tirai. Lucu mengingat biasanya mobil masa kini yang umumnya memiliki 6 buah airbags, Nissan justru memberikan mobil ini 4 buah yang menurut kami sedikit ganjil.

Nissan-X-Trail-Moving-Object-Detection

2. Panoramic Sunroof
Well, sebenarnya Panoramic Sunroof adalah salah satu fitur unggulan Nissan X-Trail baru. Namun ternyata fitur ini dihapus untuk pasar Indonesia, tapi di Thailand fitur ini masih ada di varian tertinggi dari Nissan X-Trail.

3. All Mode 4×4
Di Indonesia tentunya jarang sekali SUV dengan sasis monokok menjual varian penggerak roda AWD, ini disebabkan oleh penetapan pajak yang membebankan kendaraan 4×4 lebih mahal dibandingkan dengan mobil 4×2. Padahal di Thailand Nissan X-Trail dibekali dengan penggerak All Mode 4×4 baik untuk pilihan mesin 2.0 dan 2.5 L.

Nissan-X-Trail-Lane-Departure-Warning

4. Hill Descent Control dan ABLS
Mungkin fitur ini adalah fitur yang jarang sekali kita dengar di Indonesia. Di Indonesia mungkin hanya Kia Sportage yang memiliki Hill Descent Control yang berfungsi membantu pengemudi melakukan pengereman ketika melewati turunan tajam agar mobil tidak kehilangan traksi. Sedangkan ABLS adalah fitur yang berfungsi untuk menghentikan laju ban ketika mobil mendeteksi terjadinya slip di salah satu roda, fitur ini hanya hadir di varian 4×4 yang sebenarnya tidak perlu dicantumkan lagi sebagai fitur teknologi, karena penggerak AWD canggih seharusnya sudah memiliki sistem manajemen seperti ABLS tanpa harus menyebutkan nama teknologi tersebut. Nah, karena di Indonesia All Mode 4×4 ini absen, tentunya saja tidak hadir di Indonesia.

Interior-Nissan-X-Trail-2014

5. Warna Interior
Di Thailand, Nissan X-Trail terbaru memiliki 2 buah warna interior baik warna interior beige dan interior hitam. Di Indonesia kita mendapatkan satu warna interior yaitu interior warna hitam, mungkin ini adalah hal baik mengingat varian tertinggi Nissan X-Trail saja yang mendapatkan interior full black. IMHO, sepertinya warna beige terlihat lebih cocok di Nissan X-Trail terbaru ini. Tapi ini masalah selera sih!

Nissan-Connect-Nissan-X-Trail

6. Head Unit 7 Inchi
Mungkin beberapa orang akan mengeluhkan kecilnya layar All New Nissan X-Trail terbaru yang hanya sebesar 5 inchi saja, namun di Thailand mobil ini memiliki head unit dengan layar 7 inchi touchscreen yang lebih besar dan sangat membantu pengelihatanpengemudi dalam melihat around view monitor yang ada di mobil ini.

7. Nissan Connect
Oh iya, Nissan juga membekali Nissan Connect sebagai fitur infotainment yang dapat mengakses internet dan aplikasi bawaan Nissan dengan nama Nissan Connect. Tapi sayangnya Indonesia fitur ini dipangkas!

Read Prev:
Read Next:
  • doze

    7 fitur dipangkas itu sudah terlalu byk..pdhl ke 7 feature itu sgt bermanfaat bagi pengemudi..lebih baik nissan keluarkan type full option drpd memangkas sana sini..pdhl konsumen di indonesia termasuk loyal utk sebuah kendaraan yg berlimpah fitur..lihat saja toyota fortuner..varian trd sportivo termasuk yg terlaria dr type standard

  • tim

    Mgkn kalo panoramic sunroof gw bilang gpp toh di jakarta kaga bakal kepake juga… cuma yg gw kecewa emg HU nya, layarnya kecil banget hrsnya utk varian 2.5 dikasi layar 7 inci dong, kalo airbag di thailand cuma 4 berarti di down spec juga sama nissan sana karna di jepang xtrail airbagnya 6… kalo HDC mgkn diilangin karna menurut nissan indo udh ada Active Engine Braking, jadi gaperlu lagi… tpi menurut gw ya hrsnya jgn diilangin juga sih, karna klo misak mau bawa ke gunung msh kepake banget itu fitur

  • reader

    No.4 kayaknya captiva AWD dah lama makek tuh.

  • taqie

    Ane heran dgn ATPM yg ada di indo.
    merek tidak memanjakan konsumen nya
    kenapa kalau jual mobil di indo selalu spec down?
    Apa orang indonesia tidak sanggup membeli dengan fullspec?
    Ane lihat di luar negeri kalau mengeluarkan produk pasti fullspec,contoh aja transmisi manual.
    kenapa di indo transmisi manual sudah jarang, kalau pun ada divarian terendah.
    kalau dipikir2 banyakan mobil yg dbeli diindo drpd dluar negeri sklipun.
    jadi gak ada cerita mereka rugi.
    diinggris ane lihat review mobil jepang rata2 pakai manual kok.
    hahahah salam heran

    • wowkeren

      kayaknya di luar negeri pakenya mobil matic deh. dan emang seharusnya gitu, mobil manual harganya lebih marah daripada mobil matic. paling cuman ga se-ngebut manual, tapi kan udah jelas lebih irit, kaki ga capek, & persneling lebih gampang pakenya.

  • HATTA rz

    emang kebangetan ATPM indo.. selalu fitur nya di pangkas, fitur di pangkas harga di pangkas sedikit doang, FITUR2 canggihnya malah di pangkas , alahkah bodoh dan mengecewakanya ATPM Indonesia ini..

  • Albert

    menurut gw si alasan terkuat kenapa mereka pangkas fitur ya karena pajak kendaraan roda 4 di indonesia terlalu tinggi jadi nilai jual kendaraan terlalu tinggi dibandingin daya beli + kompetitor.

  • WongBument

    Menurut ane kesalahan fatal ada di HU nya yang terlalu kecil plus gak ada bluetooth nya, orang bisa ga jadi beli gara2 ini, menurut ane mrk bs sediakan upgrade nya kl ga mau rugi.

    • ryansetiaji

      IMHO, Ga masalah. Beli BU after marketnya saja, bahkan yg dgn ayar 8inch sudah ada, bisa telp, bluetooth, gps, internet dll. Sekitar 6jtan. Bukan promo lho… hehe.
      Harga x trail + modif nya masih lebih murah dibanding SUV lain yg sekelas. Untuk di indo, fitur2 x trail juga lumayan dibanding SUV sekelas.

  • Baruno

    kenapa pajak mobil 4×4 lebih mahal? ini kagak masuk akal, secara teknologi justru mobil 4×4 awd itu lebih aman dikendarai dan faktor keselamatan yg lebih.

    justru mobil yg minim teknologi keselamatan mendapat pajak yg murah. emang heran arah kebijakan pemerintah Indonesia. dengan slogan pelopor keselamatan lalu lintas tapi tidak didukung niatan dari pemerintah

  • dharmawan

    Saya tadinya sudah bermaksud untuk mensubsitusi crv 2011 model lama tetapi berhubung fitur no.2 dan no.4 di tiadakan, MAKA saya putuskan untuk tetap loyal dengan menggunakan All new CRV sebagai mobil kerja
    Singkat kata KUCIWA atas spek dan fitur all new xtrail

  • dito

    kalo menurut gw sih yg paling parah tuh head unitnya… udh kecil, gk touchscreen, gaada gps, gaada blutooth pula…. ckckck

  • thomas

    Bagi saya xtrail baru ini lompatan jauh dari tipe sebelumnya,tentu ada kekurangan dan setiap mobil pasti memilikinya,lagipula pembeli xtrail ada pertimbangan lain terutama kursi 5+2 yang mengincar pasar keluarga muda dengan anak kecil,selain itu faktor kenyamanan juga lebih baik dibanding kompetitornya menurut saya,alangkah sayangnya semua keunggulan tadi harus tersisihkan hanya gara-gara layar HU 5″?

  • phinarwan

    kalo HU xtrail thailand kita pake di xtrail indo bisa ga ya? iya kecewa ama ukuran layar HU aja sih, kalo teman” ada info tempat untuk ganti unit HU xtrail yg OEM bagi info dong

  • Julyus Andreas B

    di thailand harga termahal x trail itu sampai 600 jutaan dan termurahnya aja 459 jutaaan ????

  • Julyus Andreas B

    di thailand harga termahal x trail itu sampai 600 jutaan dan termurahnya aja 459 jutaaan ????