6 Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin!

by  in Tips
6 Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin!
0  komentar

Autonetmagz.com – Sistem pendingin AC kini sepertinya sudah menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap mobil. Tentu dengan adanya AC didalam mobil membuat kita merasa adem dan lebih nyaman ketika berkendara sehari-hari, apalagi kondisi cuaca di negara tropis seperti Indonesia yang cukup panas dan lembab serta belum lagi ditambah kondisi lalu-lintas khususnya Jakarta yang selalu macet membuat kehadiran AC menjadi sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Belum lagi ketika hujan kehadiran AC akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan kabut di kaca depan mobil.

Tak jarang karena terlalu seringnya dipakai setiap saat membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal. Mungkin banyak diantara kamu yang pernah mengalami AC nya bermasalah seperti tidak dingin. Masalah tersebut tentunya akan cukup mengganggu kamu dalam berkendara sehari-hari. Nah, untuk itu yuk mari kita sedikit mengenal penyebab AC mobil tidak dingin serta 6 tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin.

Mungkin sebagian dari kamu kadang beranggapan bahwa jika AC tidak dingin “ahh paling freonnya doang yang habis atau kurang, tinggal tambah freon aja”. Nah, perlu kamu ketahui bahwa freon pada AC mobil tidak akan habis untuk jangka waktu yang lama, itu artinya jika freon pada AC mobil kamu sering cepat berkurang atau bahkan habis, mungkin terdapat kebocoran pada sistem pendingin AC mobil kamu.

Untuk itu telitilah dahulu sebelum menambah freon serta kenalilah penyebab-penyebab AC mobil yang tidak dingin berikut ini:

1. Perhatikan Kebocoran Pada Selang atau Pipa AC

Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia pemakaian part. Kebocoran pada selang atau pipa AC dapat membuat freon akan selalu berkurang melalui lubang-lubang kebocoran tersebut

2. Cek Kondisi Evaporator dan Kondensor

Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia pemakaian part, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil.

3. Cek Kondisi Kompresor

Kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC. Pastikan juga putaran pada kompresor berputar dengan kencang.

Jadi sebaiknya kamu jangan langsung mengambil keputusan untuk menambah freon AC sebelum memastikan apakah ada kebocoran atau kerusakan pada sistem AC tersebut atau tidak. Jangan sampai kamu harus mengisi freon berkali-kali karena AC tidak dingin juga.

Selain itu, simak juga yuk 6 tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin berikut ini:

1. Jaga Kebersihan Pada Kabin Mobil

Pastikan kabin mobil kamu selalu bersih dari kotoran dan debu, kabin yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil.

2. Hindari Membuka Lebar Kaca Saat AC Menyala

Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.

3. Hindari Merokok Dalam Kondisi AC Mobil Menyala.

Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

4. Bersihkan Kondensor AC Mobil

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC, bersihkan juga kondensor saat kamu mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

5. Bersihkan Filter Kabin

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Lakukan perawatan dengan cara saat melakukan servis di tukang servis AC mobil. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala.

6. Lakukan Selalu Servis Berkala Pada AC Mobil

Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan dan teratur dalam pergantian parts pada sistem pendingin AC mobil kamu.

Nah itu tadi sedikit penjelasan dari saya mengenai beberapa penyebab AC mobil tidak dingin serta 6 tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin. Sebenarnya, cara yang paling mudah dan dapat kamu lakukan setiap saat untuk menjaga AC mobil agar tetap dingin dan tidak berbau apek yaitu dengan selalu menjaga kebersihan pada kabin mobil. Kabin yang bersih dan tidak berdebu akan membantu merawat AC mobil kamu menjadi tetap dingin dan tidak berbau apek. Nah, menurut kamu seberapa penting sih kondisi AC yang dingin dalam kenyamanan kita berkendara sehari-hari? Yuk, berikan komentarmu dibawah ini.

Read Prev:
Read Next: