Zeekr Golden Battery : Charging Tercepat di Dunia, Cuma 10,5 Menit!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Zeekr Golden Battery : Charging Tercepat di Dunia, Cuma 10,5 Menit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara mobil listrik, maka tak isa dipungkiri bahwa teknologi baterai menjadi salah satu faktor kunci yang sangat dipertimbangkan. Dan setiap brand nampak bersaing untuk saling unjuk gigi teknologi baterai mereka. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah Zeekr, anak perusahaan dari Geely. Zeekr menggunakan Golden Battery generasi ke 2 pada Zeekr 007 2025 dan membuatnya jadi baterai dengan kemampuan charging tercepat yang ada di dunia saat ini.

10-80% Cuma 10,5 Menit Saja

Jadi, Zeekr baru-baru ini memperkenalkan versi 2025 untuk Zeekr 007 di Evolution New Generation press conference. Dan di model terbaru ini, Zeekr 007 telah menggunakan teknologi Golden Brick Battery generasi kedua. FYI, Golden Battery sejatinya adalah baterai LFP yang dikembangkan sendiri oleh Zeekr. Nah, kemampuan charging dari Golden Battery sendiri meningkat dari 4,5C menjadi 5,5C pada generasi kedua ini. Artinya, untuk SOC 10% hingga 80% bisa ditempuh selama 10,5 menit saja. Lebih kencang 4,5 menit ketimbang Golden Battery generasi pertama. Dan Zeekr mengklaim bahwa baterai mereka adalah baterai dengan kemampuan charging tercepat yang diproduksi massal.

Zeekr memecahkan rekornya sendiri dimana saat Zeekr 007 diperkenalkan, sedan bongsor tersebut juga diklaim titel yang sama lewat Golden Battery generasi 1. Lantas, dengan teknologi charging yang ngebut, bagaimana tingkat safety di Golden Battery? Zeekr mengklaim bahwa safety Golden Battery telah diperhitungkan betul. Salah satu tes yang dilakukan adalah melempar baterai pada api dengan suhu 1000 derajat celsius, lalu diambil dan dipasang kembali di mobil Zeekr. Sebuah test yang ekstrim, namun nampaknya memang perlu mengingat banyak yang insecure dengan safety sebuah baterai.

Opsi Golden Battery di Zeekr 007

Zeekr 007 sendiri dijual di China dengan 4 opsi yang terdiri dari RWD dan 4WD, lalu versi long range dan performance. Harga Zeekr 007 dipatok mulai 209.900 Yuan atau setara 460 jutaan Rupiah untuk tipe terendah dan 299.900 Yuan atau setara 657 jutaan Rupiah untuk tipe tertinggi. Uniknya, tak semua tipe menggunakan Zeekr Golden Battery. Varian 75 kWh menggunakan Golden Battery Zeekr, sedangkan varian 100 kWh menggunakan baterai Qilin buatan CATL. Yang menarik, 66% dari konsumen Zeekr 007 ternyata lebih memilih opsi 75 kWh Golden Battery ketimbang CATL Qilin Battery 100 kWh.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: