Yangwang & Fang Cheng Bao : Perluasan Merk BYD Untuk Konsumen

by  in  Berita & BYD & Editorial
Yangwang & Fang Cheng Bao : Perluasan Merk BYD Untuk Konsumen
0  komentar

Shenzhen, AutonetMagz.com – Dalam lawatan kami ke China pada akhir 2023 kemarin, awak media yang ditemani oleh BYD Motor Indonesia juga melihat langsung 2 sub brand terbaru dari BYD. Keduanya adalah Yangwang dan Fang Cheng Bao. Kedua brand ini berkecimpung di segmen SUV dan level mid to high. Lantas, apa bedanya Yangwang dan Fang Cheng Bao? Yuk kita kupas lebih jauh satu per satu.

Yangwang : SUV BYD Versi Luxury

Oke, kita mulai dari Yangwang. Brand ini baru diperkenalkan di awal tahun 2023 kemarin, dan langsung melejit karena viral. Kalau kalian pernah melihat video sebuah SUV bongsor (bukan G-Class EV) yang bisa berputar di tempat dengan menggerakkan 4 rodanya, maka mobil tersebut adalah Yangwang U8. Yangwang sendiri berarti “admire”, dan logonya yang unik merupakan karakter China untuk “lightning” atau “electricity“. Yangwang U8 sendiri juga sudah beberapa kali dipamerkan oleh BYD, termasuk di Japan Mobility Show 2023 kemarin. SUV dengan harga 1 juta RMB ini menggunakan teknologi PHEV e4 yang menggunakan 4 motor listrik.

Uniknya, selain menggunakan teknologi PHEV dengan 4 motor listrik, U8 juga menggunakan teknologi DiSus (云辇) Active Suspension yang membuatnya bisa menerjang berbagai medan. Tak hanya U8, Yangwang juga memiliki sebuah supercar bernama Yangwang U9. Dan sedikit bocoran, kami telah melihat langsung unitnya di area R&D, pabrik, dan uji tabrak BYD yang ada di Shenzhen. Dan mobil ini memang lebih enak dipandang langsung ketimbang di foto. Selain itu, Yangwang juga menyiapkan produk baru lain bernama U6 yang bentuknya sedan. Yang jelas, Yangwang adalah brand ultra luxury dari BYD dan jadi flagship mereka.

Fang Cheng Bao : Personalized Offroad

Oke, kita geser ke Fang Cheng Bao. Kalau kalian perhatikan, baik Yangwang maupun Fang Cheng Bao memang menggunakan nama yang so chinese. Namun hal itu wajar karena memang keduanya masih ditujukan untuk pasar China sejauh ini. Fang Cheng Bao punya posisi yang sedikit di bawah Yangwang, namun di atas dynasty dan ocean series milik BYD. Secara spesifik, Fang Cheng Bao menyasar segmen yang lebih personalized dan hobby. Itulah alasan mengapa sosok Fang Cheng Bao 5 bentuknya sangat SUV sekali. Sama seperti Yangwang U8, Fang Cheng Bao 5 menggunakan teknologi PHEV. Namun, teknologi yang dimiliki oleh Fang Cheng Bao 5 diberi nama DMO atau Dual Mode Offroad.

Nah, Fang Cheng Bao 5 menjadi produk pertama dari subbrand ini, dimana SUV ini baru muncul di bulan Agustus 2023 kemarin. Kami pun sempat berkunjung ke diler Fang Cheng Bao dan Yangwang yang lokasinya berdekatan satu sama lain di Shenzhen. Jadi, kedua brand ini menunjukkan bahwa BYD cukup aware dengan perkembangan pasar otomotif di China yang makin segmented dan berorientasi pada LOHAS (Lifestyle of Health and Sustainability). Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: