Wacana Smart Membuat Crossover Kembali Mencuat, Setujukah?

by  in International&Smart
Wacana Smart Membuat Crossover Kembali Mencuat, Setujukah?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai produsen otomotif dan anak buah Mercedes-Benz yang menjadi spesialis pembuat mobil kecil, sebenarnya saya agak sulit membayangkan Smart membuat Crossover. Namun dahulu pernah dipertontonkan oleh Smart saat Paris Motor Show 2012 dengan nama Smart ForMore Concept dan ForStars Concept. Model ini menggunakan mekanisme mesin Smart Brabus EV dan sayangnya waktu itu tidak terealisasikan.

Bahkan bila ditarik mundur ke 11 tahun yang lalu, Smart memang sudah memikirkan rencana ini dan ingin menjadi trendsetter di kelasnya, lagi lagi gagasan ini tetap tidak direalisasikan. Bahkan Smart pun sudah membuat versi studi pasar dengan ForMore dan ForStars namun tetap tidak ada sinyal positif. Anehnya wacana Smart membuat Crossover kembali mencuat lagi pada saat ini.

Smart-ForStars-Concept-rear

Nampaknya hal itu disebabkan oleh banyak faktor, pertama ketergantungan beberapa konsumen oleh mobil kompa kian meningkat. Selain itu seperti biasa, pasar Crossover masih ramai dan meriah saat ini. Sehingga menjadi wajar jika Smart harus ‘pintar’ menyusun strategi kedepan mengikuti pasar yang semakin berkembang. Seperti yang disampaikan Katharina Beck, Daimler’s Product Manager, pada AutoExpress saat merilis varian terbaru Smart Brabus.

“Tidak pernah kita katakan tidak. Mari kita lihat kebutuhan pasar di masa depan,” jawab Ms. Katharina ketika disinggung model crossover Smart. “Filosofi kami adalah untuk menyuguhkan gaya hidup perkotaan yang dinamis dan nyaman di dalam kota. Hal tersebut memberikan ruang untuk sudut pandang yang berbeda. Tentu saja, hal yang terpenting adalah radius putar yang kecil (salah satu kunci kelincahan dalam kota). Namun juka ada beberapa solusi beda dan tuntutan berbeda dari pengendara urban, tentu kita terbuka akan hal baru itu.”

Smart-ForStars-Concept-interior

Apabila benda ini jadi untuk direalisasikan maka versi SUV dari Smart ini akan menggunakan sasis dengan penggerak roda belakang seperti biasanya. Konsep ini sudah dipergunakan di ForTwo maupun ForFour dan juga digunakan pada kembar Perancisnya Renault Twingo. Berbeda dengan Nissan Juke, model ini akan menekankan kepraktisan urban dan ruang yang lapang. Selain itu mesin yang ditawarkan kemungkinan berkutat di 3-silinder ataupun mesin listrik. Bagaimana menurut anda? Tertarikkah konsep seperti ini?

Read Prev:
Read Next: