VReMT : Intip Canggihnya Pabrik Baterai & Motor Listrik Untuk Zeekr

by  in  AutonetTrip & Berita & Editorial
VReMT : Intip Canggihnya Pabrik Baterai & Motor Listrik Untuk Zeekr
0  komentar

Hangzhou, AutonetMagz.com – Setelah puas menjelajahi Zeekr Shanghai Design Center dan melakukan interview bersama dengan Javier Garcia-Gallardo selaku bos desain Zeekr, kami pun bergeser ke Hangzhou Bay. Perjalanan membelah lautan lewat jembatan yang panjang ini kami tempuh untuk bertandang ke pabrik dari VReMT. Apa itu VReMT? Apa yang diproduksi oleh VReMT di pabrik mereka? Dan apa kaitannya dengan Zeekr? Yuk kita bedah lebih lanjut.

Kenali Dulu VReMT

Oke, kita mulai bahasan kali ini dengan mengenal apa itu VReMT sendiri. VReMT merupakan singkatan dari Viridi E-Mobility Technology yang merupakan perusahaan afiliasi Geely Group. Secara struktur organisasi, VReMT berada dalam naungan Zeekr Intelligent Technology bersama dengan brand Zeekr sendiri. VReMT sudah didirikan di tahun 2013 silam dan berkantor pusat di Ningbo, Zhejiang. VReMT memiliki spesialisasi dalam riset dan pengembangan, manufaktur, penjualan, dan layanan purna jual dari baterai, motor listrik, sistem charger, dan sistem penyimpanan energi. Pabrik yang kami datangi ini berdiri di atas lahan seluas 37 ribu meter persegi dan memiliki sejumlah fasilitas perakitan dan lab.

VReMT sendiri memiliki 1.233 hak paten dalam teknologi riset dan pengembangan, desain, proses manufaktur. Termasuk didalamnya adalah 697 paten dalam sel bateria, modul, paket baterai, BMS (Battery Management System), motor electronic control, dan produk penyimpanan energi. Nah, dalam perjalanan kali ini, sayangnya kami tidak diperkenankan untuk mendokumentasikan segala hal di dalam lingkup pabrik. Namun, kami akan ceritakan seperti apa kunjungan kami di pabrik VReMT ini. Ada 2 lokasi yang kami kunjungi selama di dalam pabrik VReMT. Yang pertama adalah fasilitas perakitan baterai dan yang kedua adalah fasilitas perakitan EDS atau Electric Driving System.

Baterai Buatan VReMT Untuk BEV, PHEV Bahkan HEV

Oke, kita mulai terlebih dahulu di bagian fasilitas perakitan baterai. Kami dijelaskan bahwa pihak VReMT memproduksi 2 jenis baterai di pabrik mereka ini. Baterai pertama adalah baterai untuk mobil listrik murni sedangkan jenis kedua adalah baterai untuk kendaraan hybrid. Untuk mobil listrik, ada 3 model baterai yang dipasarkan mulai dari BE12 yang kami lihat langsung, ada juga BE13 dan BE16. FYI, BE12 digunakan oleh Zeekr 001 dengan opsi kapasitas 102 kWh dan 88 kWh. Sedangkan BE13 digunakan oleh Zeekr X dengan opsi kapasitas 51 dan 69 kWh. Baterai-baterai buatan VReMT ini juga memiliki sejumlah keunggulan, seperti SOC 10-80% dalam 30 menit saja.

Produk kedua yang ditunjukkan ke kami adalah baterai untuk kendaraan PHEV dengan kode BP14. Produk ini digunakan sejumlah mobil Volvo dan Lynk&Co. Berbeda dengan baterai untuk BEV, model baterai BP14 ini adalah stacking secara vertikal, bukan horisontal. Total ada 3 modul baterai yang disusun vertikal untuk meminimalisir penggunaan ruang di dalam rangka mobil. Baterai ini memiliki kapasitas 18,83 kWh dan sudah terstandarisasi global. Oiya, salah satu teknologi utama di baterai ini adalah double liquid cooling yang bisa menjaga suhu baterai dengan lebih optimal. Oiya, sejatinya VReMT juga memproduksi baterai NH-3 untuk HEV, namun kami tak melihat proses produksinya selama di sana.

Intip Perakitan Electric Drive System Alias Motor Listrik

Bergeser ke lokasi ke dua, kami pun melanjutkan dengan melihat produksi dari EDS atau Electric Drive System. Untuk kalian yang masih awam dengan istilah EDS, mungkin kalian akan lebih familiar jika kami menyebutnya sebagai ‘Motor Listrik’. Yap, EDS adalah sepaket powertrain untuk mobil listrik yang komponennya antara lain adalah rotor, stator, hingga single reduction gear. Nah, di pabrik ini, VReMT memproduksi 2 model EDS, yaitu EDS 1 dan EDS 2. Tentunya, penggunaan masing-masing berbeda, dimana EDS 1 digunakan di seluruh produk milik Zeekr, termasuk juga Zeekr 001 FR yang tenaganya mencapai 1.265 PS.

EDS 1 bisa memiliki output tenaga dan torsi yang sangat fleksibel dan mengikuti kebutuhan dari jenis kendaraan. Sedangkan EDS 2 digunakan oleh brand Smart yang notabene merupakan anak perusahaan dari Mercedes-Benz dan kini berada di bawah kendali Geely Holding Group. Salah satu keunggulan EDS milik VReMT adalah Hair-pin flat wire winding technology. Teknologi ini diklaim memiliki kepadatan tenaga lebih tinggi 20% ketimbang motor pada umumnya. VReMT juga mengklaim bahwa EDS milik mereka memiliki system peak efficiency di angka 95%, operating efficiency di atas 91% dan penambahan range berkendara di angka 46%.

Tingginya Otomasi di Pabrik VReMT

Secara umum, kami melihat bahwa hadirnya VReMT bagi Zeekr menjadi poin yang krusial. Sebagai brand yang spesifik memasarkan mobil listrik, tentunya baterai dan motor listrik atau EDS jadi hal yang penting bagi Zeekr. Kapasitas produksi VReMT pun sudah sangat menjanjikan yaitu 1,35 juta unit EDS per tahun dan 1,04 juta Unit baterai per tahun. Otomasi yang tinggi dengan penggunaan robot membuat produksi bisa makin efektif dan efisien, tanpa meninggalkan human touch untuk tetap memastikan segala sesuatu berjalan sesuai SOP. Oiya, yang unik, VReMT juga menggunakan AI lho, salah satunya dalam mengecek pack baterai lewat kamera.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Video Trip Zeekr 2024

Baca Juga Sejumlah Bahasan Tentang Zeekr di Trip China

Read Prev:
Read Next: