Volvo Perkenalkan Truk Listrik Pertamanya di Indonesia Mining Expo 2024

by  in  Berita & Merek Truck & Nasional
Volvo Perkenalkan Truk Listrik Pertamanya di Indonesia Mining Expo 2024
0  komentar

AutonetMagz.com – Volvo Trucks bersama dengan PT Indotruck Utama dan PT Eka Dharma Jaya Sakti memperkenalkan truk listrik pertamanya. Mengambil momen di ajang Indonesia Mining Expo 2024, acara ini menandai tonggak penting dalam upayanya untuk solusi transportasi yang berkelanjutan. Sebagai informasi, ini merupakan pertama kalinya ada truk asal eropa bertenaga listrik diperkenalkan di Indonesia.

Spesifikasi dan Konfigurasi

Adapun Truk Volvo yang dipajang ialah FMX Electric. Truk ini memiliki 2–6 baterai berkapasitas 180–540 kWh dengan 2–3 electric motors. Menurut website, jarak yang bisa ditempuh dalam sekali pengisian adalah 300 km. Pengisian dayanya membutuhkan waktu 9,5 jam bila menggunakan AC charging 43 kW. Sementara jika mengunakan​ DC charging 250 kW membutuhkan waktu 2,5 jam. Menggunakan transmisi I-Shift, truk ini mampu menghasilkan tenaga antara 330–490 kW (450–666 hp).

Truk ini dapat dikonfigurasikan dengan 2 pilihan yaitu tractor head dan rigid dengan plilhan format penggerak 4×2, 6×2, dan 6×4​. Oh ya, untuk versi rigid juga tersedia dalam format penggerak 8×2 dan 8×4. Hebatnya, kesemua konfigurasi tersebut menggunakan air suspension. Selain itu, pilihan kabinnya juga banyak seperti low day cab, day cab, low sleeper cab, sleeper cab, dan Globetrotter cab.

Sudah Ada Yang Pesan!

Mengambil kesempatan yang sama pada Indonesia Mining Expo 2024, Volvo Trucks dan Indomobil Group juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pancaran Darat Trandsort dan PT Artha Satrya Karunia. Kedua perusahaan logistik tersebut akan memulai proses adopsi dan integrasi truk listriik Volvo ke dalam armada mereka. itu berarti, kedua perusahaan tersebut merupakan konsumen pertama truk listrik Volvo di Indonesia.

Read Prev:
Read Next: